14 Wirausahawan Sukses Termuda di Indonesia Versi Majalah Forbes

Wirausahawan Sukses

Wirausahawan sukses – Mampu meraih kesuksesan di usia muda tentu menjadi dambaan bagi semua orang. Tak terkecuali dengan 14 pemuda asal Indonesia yang telah didaulat sebagai pengusaha muda dengan usia di bawah 30 tahun tersukses versi majalah Forbes.

Siapa saja mereka?

Temukan jawaban lengkapnya pada ulasan berikut ini.

Joey Alexander Sila

Musisi Jazz Muda Joey Alexander Sila
www.grammy.com

Beberapa orang menganggap usia 14 tahun adalah usia anak-anak yang sudah sewajarnya dihabiskan dengan bermain dan belajar. Kalaupun ingin mencoba usaha untuk belajar mandiri, beberapa mencoba untuk menjual mainan bekas ataupun buku bekasnya.

Tetapi tidak dengan Joey Alexander Sila, walau masih berusia 14 tahun dirinya sudah berhasil menjadi musisi termuda dengan angka penjualan album tertinggi. Bahkan albumnya menduduki tangga lagu di Billboard Jazz yang mana menjadi suatu impian dari para musisi Jazz seluruh dunia.

Joey sendiri sudah bergelut di dunia musik sejak usia 7 tahun. Semua ini berawal dari hobi bermusiknya yang mana kala itu dimulai dengan mempelajari piano. Sejak saat itu Joey terus mengasah minat bakatnya hingga akhirnya pada tahun 2016 ia berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia di Grammy Awards sebagai penampil sekaligus pianis termuda.

Peggy Hartanto

Wirausahawan Sukses Peggy Hartanto
youtube.com

Peggy Hartanto, wanita yang lahir di Surabaya pada 19 April 1988 telah berhasil menjadi salah satu wirausahawan sukses dari Indonesia yang juga diakui oleh dunia. Memiliki minat di bidang fashion sejak SMA, membuat Peggy terus menggeluti bidang tersebut hingga akhirnya kuliah di Raffles College of Design and Commerce, Australia.

Setelah lulus kuliah, Peggy memulai karir sebagai desainer fashion di Australia. Setelah memperdalam ilmu dan menambah pengalaman, akhirnya pada tahun 2011 Peggy kembali ke Indonesia dan merintis label busananya sendiri yang diberi nama Peggy Hartanto.

Busana hasil karya Peggy telah digunakan oleh beberapa seleb mancanegara, diantaranya seperti Judy Reyes, Anne Heche, dan Guiliana Rancic. Dan hal ini pula yang membuat Peggy juga dinobatkan sebagai orang dengan usia dibawah 30 tahun yang berpengaruh dalam bidang seni di dunia.

Helga Angelina Tjahjadi

Helga Angelina Tjahjadi Wirausahawan Sukses Bidang Makanan Sehat
hitsss.com

Kesadaran tinggi akan kesehatan dan ide kreatif yang gemilang dalam mengembangkan bisnis kuliner sehat mampu membuat Helga menjadi “30 under 30” versi Forbes. Namanya pertama kali mulai dikenal sejak ia membuka usaha katering bernama Burgreens. Kuliner dengan tema menu sehat berbahan nabati dan organik ini menjadi primadona bagi masyarakat urban yang ingin menerapkan pola hidup sehat.

Ide ini mulanya berawal dari keresahan Helga yang telah mengidap penyakit bawaan sejak kecil, seperti asma, sinus, dan eksim. Dengan seiring berjalannya waktu, Helga merasa enggan mengkonsumsi obat-obatan kimia dan mulai beralih pada penerapan pola hidup sehat. Dari situlah ide untuk membangun usaha kuliner dengan menu sehat dimulai. Hingga akhirnya sekarang Helga telah berhasil menjadi salah satu wirausahawan sukses di bidang makanan sehat.

Carline Darjanto

Carline Darjanto CEO Cotton Ink
jadimandiri.org

Carline merupakan seorang wirausahawan Tanah Air yang bergerak di bidang fashion. Pada tahun 2008 dirinya telah mendirikan brand busana Cotton Ink. Usaha tersebut dirintis bersama kawannya dan diawali dengan menjual syal dan baju. Cara pemasarannya pun sangat sederhana, yaitu memanfaatkan sosial media Facebook.

Hingga pada tahun 2011 Cotton Ink mengeluarkan platform situs jual beli online sendiri dan cukup berhasil melambungkan namanya. Lalu 4 tahun kemudian, Carline memutuskan untuk membuka toko fisik Cotton ink di Jakarta. Saat ini pun produksi busana dari Cotton Ink sudah mendunia. Pasarnya mencapai Singapur, Malaysia, hingga benua Eropa.

Yasa Paramita Singgih

Entrepreneur Bidang Fashion Yasa Paramita Singgih
entrepreneurhub.id

Bagi para pria, tentu sudah tidak asing lagi dengan brand Men’s Republic. Brand fashion yang terkenal dengan koleksi sepatu terbaiknya ini didirikan oleh Yasa Paramita Singgih saat dirinya masih berusia 16 tahun. Di usia yang masih sangat muda tersebut dirinya memulai usaha dengan modal 700 ribu rupiah untuk menjual beberapa pasang kaos dengan desain yang diciptakannya sendiri.

Walau awalnya tak laku, Yasa tidak berputus asa dan terus belajar seputar wirausaha di bidang fashion ini. Hingga akhirnya dia menggunakan nama Men’s Republic dan mulai fokus untuk menjual sepatu untuk para remaja pria. Dan sekarang, produk milik Yasa sudah sangat beragam, mulai dari sepatu, jaket, t-shirt, hingga sandal.

Merrie Elizabeth

Wirausahawan Sukses di Indonesia Merrie Elizabeth
happyfitdiary.com

Berbicara tentang wirausahawan sukses di Indonesia maka tak lengkap jika nama Merrie Elizabeth tidak disinggung. Wanita inspiratif alumni Universitas Surabaya ini berhasil dengan usaha salon kecantikan miliknya. Salon tersebut kini kita kenal dengan nama Salon Blobar.

Cikal bakal salon ini dimulai saat Merrie merasa bahwa selama ini dirinya hanya bekerja kantoran biasa dan belum mendapat pencapaian yang spesial. Dirinya pun berpikiran untuk menjalankan sebuah usaha yang bisa meningkatkan kualitas hidupnya. Hingga akhirnya memilih usaha salon kecantikan dan diresmikan pada tahun 2014 dengan nama salon Blobar.

Ferry Unardi

Ferry Unardi Pendiri Traveloka
matanaga.com

Di era sekarang semua orang seolah tak perlu bingung lagi ketika hendak membeli sesuatu. Bahkan membeli tiket pesawat pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini berkat Ferry Unardi, sang pendiri Traveloka yang kini menjadi salah satu platform e-ticketing maskapai terbesar di Indonesia.

Keberhasilan itu pula yang membuat Ferry Unardi masuk dalam daftar ’30 before 30’ dari majalah Forbes. Bahkan sekarang nilai perusahaan Traveloka sudah mencapai 1 miliar dollar Amerika dengan jumlah karyawan lebih dari 1.200 orang. Tentu hal ini menjadi rekor dan pencapaian tersendiri bagi sosok Ferry Unardi

Abraham Viktor

Abraham Viktor CEO Taralite
money.id

Muda dan berbakat, itulah kata yang pantas disematkan untuk Abraham Viktor. Pria muda berusia 23 tahun ini berhasil menjadi cofounder sekaligus CEO dari Taralite. Startup yang satu ini bergerak di bidang pinjaman online untuk merchant tanpa agunan. Hal ini menjadi terobosan baru karena Abraham hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin memulai usahanya.

Karena usaha Abraham Viktor mampu berdampak bagi banyak orang, maka tak heran jika dirinya didaulat sebagai sosok ’30 before 30’ yang berpengaruh bagi banyak orang.

Moses Lo

Moses Lo Founder Xendit
youtube.com

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna ponsel yang sangat besar. Bahkan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Sehingga tak heran jika banyak wirausahawan yang menjalankan usahanya di bidang start up online yang bersinggungan dengan ponsel. Seperti halnya Moses Lo yang menghadirkan start up bernama Xendit sebagai aplikasi di bidang pengolahan uang, seperti transfer uang, pembayaran barang secara online, dan lain sebagainya.

Sejak pertama kali meluncur pada tahun 2015, Xendit dan Moses Lo telah mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat. Bahkan Xendit telah berhasil memudahkan banyak orang dalam urusan transaksi elektronik.

Abraham Ranardo

Abraham Ranardo
www.abrahamranardo.com

Tak perlu diragukan lagi jika di Indonesia ada banyak anak muda berbakat dengan segudang prestasinya. Seperti halnya Abraham Ranardo, alumni Institut Teknologi Bandung yang kini menjadi Cofounder Mailbird.

Mailbird sendiri merupakan suatu aplikasi manajemen yang mampu menghubungkan sebuah email dengan kalender, daftar pekerjaan, dan beberapa aplikasi lainnya. Dengan karya Mailbird ini, Abraham Rando telah berhasil mencatatkan namanya di majalah Forbes sebagai wirausahawan muda sukses asal Indonesia.

Kevin Aluwi

Kevin Aluwi
dailysocial.id

Jika berbicara tentang Go-Jek, mungkin nama Nadiem makarim adalah yang pertama kali muncul. Namun perlu diketahui bahwa ada Kevin Aluwi yang juga seorang suksesor Go-Jek dan menjabat sebagai Co Founder & CIO. Bisa dibilang jika Kevin Aluwi juga sangat berperan besar dalam suksesnya Go-Jek hingga jadi seperti sekarang ini.

Merintis Go-Jek sejak tahun 2010 bersama Nadiem, kini Kevin telah merasakan hasil jeriih payahnya. Namun walau demikian, dirinya juga mengatakan bahwa kesuksesan ini berbanding lurus dengan tujuan hidupnya yang mana untuk terus menjaga perusahaan agar tetap jaya. Karena baginya perusahaan sekarang ini telah menjadi tempat bagi ribuan karyawan dan jutaan mitra yang menggantungkan hidupnya. Tak heran jika sosok inspiratif dan berjiwa besar seperti Kevin Aluwi berhasil masuk ke dalam daftar ’30 berfore 30’ majalah Forbes.

Benny Fajarai

Benny Fajarai
kitamuda.id

Benny Fajarai, sosok yang satu ini telah berhasil tampil di halaman pertama Majalah Forbes. Hal ini berkat kegigihannya dalam menjadi pendiri Kreavi.com dan CEO qlapa.com. Semua ini berawal pada masa kuliah Benny yang dulu mengenyam pendidikan IT di Binus Jakarta.

Barulah sejak lulus kuliah itu Benny membangun web Kreavi.com, yaitu situs jejaring sosial yang dikhusukan bagi seluruh desainer di Indonesia. Dalam situs ini para desainer akan berkumpul untuk memamerkan karya mereka.

Hingga akhirnya di tahun 2015 Benny menjual Kreavi.com dan mulai menggeluti qlapa.com hingga sekarang. Website qlapa.com ini yang juga berperan banyak dalam mengantarkan Benny untuk lebih dikenal oleh orang luar negeri berkat karyanya di dunia kerajinan tangan tradisional Indonesia.

Muhammad Alfatih Timur

Muhammad Alfatih Timur
maxmanroe.com

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mengenal Kitabisa.com. Sebuah website yang menghubungkan antara donatur dengan orang-orang yang membutuhkan. Di website ini Anda bisa menjadi donatur bagi siapapun yang membutuhkan dan telah terdaftar data dirinya di pihak Kitabisa.com.

Gebrakan start up ini benar-benar fresh dan mampu membawa nama Alfatih Timur sebagai salah satu wirausahawan asal Indonesia yang paling sukses. Dan kesuksesan yang diraih juga tentu saja tidak hanya seputar uang dan materi, tetapi juga saling membantu untuk sesama dan meringankan beban orang-orang yang membutuhkan.

Leonika Sari Njoto Boedioetomo

Leonika Sari Njoto Boedioetomo
twitter.com/leonikasari

Wirausahawan sukses terakhir yang akan kita bahas adalah sosok wanita inspiratif Indonesia, Leonika Sari Njoto Boedioetomo. Di usianya yang masih 22 tahun, dirinya telah menjadi CEO Reblood, sebuah startup yang fokus untuk mendorong orang-orang untuk mau mendonorkan darahnya.

Hal ini berawal dari kegelisahan Leonika dan kawan-kawannya yang menyadari bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk donor darah masih sangat sedikit. Terlebih dengan adanya fakta bahwa Palang Merah Indonesia masih kekurangan kantung darah setiap tahunnya. Dari situlah Leonika fokus untuk membangun Reblood dan telah berhasil menjadi sosok ’30 before 30’ versi majalah Forbes.

Nah, demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan seputar sosok wirausahawan sukses versi majalah Forbes yang mendapat predikat ’30 before 30’. Semoga beberapa sosok inspiratif di atas mampu menjadi motivasi bagi kita semua utuk terus berusaha dan melakukan yang terbaik untuk semua orang.

Leave a Comment