9 Peluang Usaha Pertanian yang Menguntungkan 2019

Saat ini, memiliki usaha dari rumah merupakan salah satu pilihan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Salah satu usaha favorit yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat adalah usaha pertanian.

Kondisi dan kekayaan alam Indonesia sangat mendukung usaha pertanian ini.

Menjalankan usaha rumahan bidang pertanian memiliki potensi keuntungan yang besar.

Selain itu waktu juga menjadi lebih fleksibel. Bisa diatur jadwalnya sesuai kebutuhan. Sehingga tidak heran jika usaha ini semakin banyak ditekuni oleh masyarakat.

Pelaku usaha ini datang dari berbagai kalangan. Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, masyarakat biasa hingga para pengusaha kaya.

Macam-macam Usaha Pertanian yang Menjanjikan

Berikut ini rekomendasi peluang usaha pertanian yang diyakini mampu memberikan keuntungan berlipat.

1. Tanaman Hias

bisnis pertanian modal kecil

Terdapat berbagai macam tanaman hias yang bisa dipasarkan kepada masyarakat contohnya anggrek. Namun ada baiknya jika membudidayakan tanaman hias pada satu jenis saja yang banyak digemari masyarakat.

Merawat berbagai tanaman hias dapat menyebabkan kualitas tanaman tidak maksimal. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengikuti tren pasar yang seringkali berubah-ubah.

Lakukan survei lebih dulu tentang tanaman hias yang sedang digemari. Kenali juga apakah tanaman tersebut cocok di daerah sekitar Anda.

2. Jual Beli Bibit Tanaman

Peluang usaha pertanian lainnya adalah jual beli bibit. Usaha ini mungkin akan sulit dijalankan bagi pemula yang baru terjun ke bidang ini.

Namun bukan hal yang tidak mungkin jika nantinya apa yang dihasilkan mampu bersaing dengan pengusaha yang telah lama berkecimpung di dunia ini.

Peluang usaha ini masih sangat luas, karena para petani saat ini masih membutuhkan bibit yang berkualitas.

Hal ini yang menjadi salah satu dasar pencetus usaha ini. Dalam menggapai sukses, sebaiknya pahami tentang teknik menghasilkan bibit yag berkualitas sehingga nantinya konsumen puas dan akan kembali membeli bibit dari Anda.

Selain itu, pemasaran menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan.

Bibit ini bisa dijual di pasar bibit atau lewat berbagai media online seperti instagram, facebook dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan supaya bibit yang dijual dikenal masyarakat.

3. Budidaya Tanaman Obat

peluang usaha pertanian di desa

Peluang usaha yang menjanjikan berikutnya adalah budidaya tanaman obat. Alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan obat alami.

Peluang usaha ini cocok dilakukan di desa maupun di kota.

Sifat tanaman obat yang alami menjadikan tanaman ini lebih aman daripada obat yang dibuat oleh pabrik.

Jenis tanaman obat yang cocok dijadikan usaha diantaranya jahe merah, bunga rosela, lidah buaya, temulawak dan kunyit.

Disamping menjanjikan keuntungan yang berlipat, usaha ini dapat dengan mudah dijalankan.

Jika tidak mempunyai lahan yang cukup untuk menanam, maka Anda bisa menanamnya di karung.

4. Tanaman Rempah-rempah

Bangsa Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil rempah terbaik oleh bangsa asing. Hampir semua daerah di Indonesia cocok untuk ditanami rempah-rempah.

Beberapa jenis rempah yang dapat dijadikan peluang usaha antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit dan temulawak.

5. Budidaya Buah

budidaya buah

Dalam memulai budidaya buah, cobalah membeli bibit yang mudah dan murah. Berbagai jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai sumber usaha adalah kedondong, pisang raja, jeruk manis, buah naga dan juga durian.

Durian merupakan salah satu buah yang memiliki nilai jual tinggi. Buah ini terdiri dari berbagai jenis dan memiliki buah yang tebal, besar dan rasanya manis legit.

Pilihlah satu jenis buah saja untuk fokus memulai usaha. Lakukan survei buah mana yang paling cocok untuk ditanam karena setiap daerah memiliki lingkungan tanah dan cuaca yang berbeda.

Peluang usaha dari budidaya buah adalah menjadi supplier buah-buahan yang bertugas memasok buah ke para pedagang buah.

Selain itu, buah juga dapat di kembangkan menjadi makanan olahan seperti keripik, manisan atau snack. Makanan olahan memiliki nilai jual lebih tinggi.

6. Budidaya Jamur

Jamur dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain itu, rasanya juga lezat.

Saat ini, jamur tiram menjadi salah satu jenis jamur yang sedang digemari masyarakat. Pengusaha jamur dapat memasok jamur ke berbagai rumah makan, restoran vegetarian dan lain sebagainya.

Jamur diolah menjadi berbagai jenis masakan yang enak sehingga banyak yang menyukai bahan makanan ini.

Tidak hanya memasok ke restoran saja, namun jamur juga dapat di inovasi menjadi makanan olahan seperti nugget, pudding, keripik, dan lain sebagainya. Mengolah jamur menjadi sesuatu yang baru dapat dihargai lebih tinggi.

7. Tanaman Terrarium

Tanaman Terrarium

Terrarium hampir sama dengan hidroponik, bedanya terrarium dapat diletakkan di dalam wadah kaca. Terrarium biasanya digunakan untuk hiasan meja sehingga ukurannya tidak besar. Tujuan dari usaha ini adalah untuk mempercantik ruangan kantor dan lain sebagainya.

8. Tanaman Hidrogel

Di daerah perkotaan, orang menginginkan untuk bercocok tanam namun tidak ada lahan yang bisa dipakai. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah tanaman hidrogel.

Tanaman hidrogel merupakan salah satu jenis usaha pertanian dengan modal kecil. Media tanam ini berwarna-warni sehingga membuatnya unik. Bentuknya pun dingin seperti gel.

Sayangnya, tanaman ini hanya cocok digunakan di dalam ruangan. Tanaman ini juga tidak boleh tergenang air karena bisa membuat akarnya busuk.

Tidak semua tanaman bisa ditanam dengan hidrogel. Diantaraya kuping gajah, bambu cina, sirih belanda, rumput paying, hanjuang dan bambu rejeki.

9. Menjual Mesin Pertanian

Menjual mesin pertanian merupakan salah satu peluang usaha pertanian yang masih potensial di tahun 2019. Pasar yang dibidik adalah para petani atau peternak. Usaha ini tidak membutuhkan biaya yang besar.

Caranya adalah dengan menjadi reseller mesin pertanian. Pasarkan produk di berbagai toko atau media online. Sebelum mulai memasarkan, lakukan survei untuk memastikan mesin tersebut benar-benar berkualitas.