Bukan Bualan! Inilah Daftar Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan

Usaha Modal 5 Juta

Usaha modal 5 juta, memangnya ada? Seperti itulah kira-kira pertanyaan yang akan menghampiri anda jika anda sedang berencana membuka sebuah usaha namun terbentur minimnya modal yang dimiliki. Untuk ukuran sekarang, uang 5 juta bukanlah jumlah yang banyak. Anda bisa menghabiskan 5 juta dalam hitungan jam, bahkan menit. Namun bagi anda yang memiliki jiwa bisnis, dengan uang 5 juta anda bisa membangun usaha anda sendiri dan tentunya menghasilkan banyak untung.

Usaha modal 5 juta 2018 sudah banyak jenisnya. Baik usaha produk ataupun jasa. Namun seperti bisnis pada umumnya, anda perlu menentukan jenis usaha mana yang sekiranya cocok dengan modal yang anda miliki. Jangan sampai karena salah perhitungan dan minimnya modal, anda malah mendapat rugi dan bukan untung. Nah, dibawah ini adalah daftar contoh bisnis modal 5 juta yang mungkin bisa anda jadikan referensi rencana usaha anda ke depannya.

Usaha Warung Sembako

Modal 5 juta mau buka warung sembako? Memangnya bisa? Jawabannya sangat bisa. Jangan anda bayangkan dulu toko-toko sembako besar yang ada di daerah perkotaan. Anda hanya perlu membangun sebuah warung kecil sederhana yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari.

Untuk langkah awal, anda bisa menggunakan ruang kosong di rumah anda untuk meminimalisir pengeluaran awal. Yang terpenting adalah warung sembako anda bisa dijangkau oleh konsumen di sekitar lingkungan anda dengan mudah. Usahakan untuk mengisi warung dengan barang-barang yang lengkap, yaitu barang-barang yang sering dicari konsumen meskipun anda harus membelinya secara ecer. Konsumen cenderung lebih suka membeli di warung yang persediaan barangnya komplit.

Meskipun terlihat remeh dan sederhana, namun usaha warung sembako ini bisa sangat menguntungkan bagi anda. Semuanya tergantung kepada keahlian anda mengatur sirkulasi keuangan warung anda sendiri. Selain itu, anda juga perlu mawas terhadap harga yang ditentukan untuk dagangan anda. jangan sampai warung anda sepi gara-gara anda menjual barang yang terlalu mahal.

Yang terakhir, terapkan prinsip “untung sedikit asal banyak pelanggan” untuk tetap membuat warung sembako anda ramai dan bisa maju meski perlahan.

Usaha Warung Sembako
Sumber: economy.okezone.com

Usaha Konter Pulsa

Usaha modal 5 juta yang selanjutnya adalah usaha konter pulsa. Benar sekali, usaha yang satu ini seperti tidak ada matinya, bahkan cenderung meningkat daripada tahun-tahun sebelumnya. Kebutuhan masyarakat akan pulsa dan kuota internet membuat usaha konter pulsa menjadi usaha yang sangat ranum.

Jika anda sedang mencari usaha modal 5 juta di desa, maka usaha konter pulsa sepertinya menjadi usaha yang menjanjikan karena jika di desa, maka anda belum memiliki banyak saingan dan orang-orang sekitar cenderung mendatangi konter anda nantinya. Namun jika anda tinggal di sekitaran tempat yang semi-kota, ada baiknya anda menyewa tempat di samping jalan yang benar-benar ramai supaya konsumen bisa melihat kehadiran konter anda nantinya.

Anda bisa mulai berbelanja kebutuhan konter dengan membeli sebuah etalase utama yang nantinya akan menjadi tempat di mana kartu perdana atau voucher internet anda di pajang. Jangan lupa untuk memilih agen pulsa yang terpercaya dan tentunya murah, supaya anda juga bisa menjual ke konsumen dengan harga miring. Ingat, konsumen selalu mencari yang paling murah di antar konter-konter saingan anda.

Usaha Konter Pulsa
Sumber: www.carabisnis-pulsa.com

Usaha Katering Rumahan

Untuk mendirikan sebuah usaha katering rumahan, anda harus memiliki keahlian memasak yang benar-benar diakui. Karena bagaimanapun, kualitas rasa masakan anda akan menjadi modal utama dalam mengarungi bisnis yang satu ini.

Anda diharuskan lihai dalam membuat berbagai macam jenis masakan yang mungkin saja bakal menjadi pesanan konsumen. Namun jika anda belum terlalu lihai dalam memasak dan masih ingin tetap bergelut di usaha ini, ada beberapa situs di internet yang menyediakan berbagai resep masakan yang bisa ada pelajar seperti www.cookpad.com dan lainnya.

Sebagai langkah awal, anda bisa mendapatkan konsumen dari acara-acara hajatan kecil teman atau tetangga anda seperti acara ulang tahun, khitanan, aqiqah, dan lain-lain. Lakukan semua pelayanan kepada klien sebagai langkah promosi usaha katering rumahan anda. Anda juga bisa mempromosikan usaha katering anda ke teman-teman kantor untuk membuat katering anda semakin dikenal luas.

Prospek usaha katering ini cukup menjanjikan. Sebagai contoh, jika anda mendapatkan pesanan 100 nasi kotak dengan masing-masing harga Rp. 20.000 yang mana anda sudah mengambil untung Rp. 5000 per kotaknya, maka anda akan mendapatkan hasil bersih sekitar Rp. 500.000. Itu adalah hasil bersih anda dalam satu kali order. Bayangkan jika dalam sebulan ada 3 sampai 4 order yang masuk. Tentu saja usaha modal 5 juta ini akan membuat anda semakin kaya.

Usaha Katering Rumahan
Sumber: bisnisto.com

Usaha Makanan Ringan

Usaha selanjutnya masih berhubungan dengan kuliner, yaitu usaha makanan ringan. Ada banyak jenis produk makanan camilan yang bisa dijadikan lini produksi dalam bisnis makanan ringan yang menjanjikan, seperti keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, dan lain-lain.

Anda bisa memanfaatkan bahan dasar yang sekiranya berlimpah dan mudah ditemukan di daerah sekitar anda untuk menekan biaya produksi. Anda juga bisa mulai memberikan merek pada produk makanan ringan anda supaya lebih mudah dikenali oleh para konsumen nantinya.

Untuk cara pemasarannya, anda bisa mulai dengan menitipkan barang dagangan anda di warung-warung terdekat, toko kelontong, atau bahkan ke pasar tradisional. Jangan lupa untuk terus memperhatikan pasar dan produk-produk sejenis supaya anda tidak terjebak dalam persaingan produk tanpa mendapat untung yang diinginkan.

Usaha Makanan Ringan
Sumber: sahabatpegadaian.com

Usaha Laundry

Nah, bisnis yang satu ini sepertinya sedang marak-maraknya tumbuh saat ini. Usaha laundry menyasar orang-orang dengan rutinitas tinggi sehingga tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri. Meskipun persaingan pasar dalam usaha laundry ini sangat ketat, namun anda tidak perlu khawatir karena kebutuhan masyarakat akan laundry juga terus berkembang.

Yang paling penting dari menjalani usaha laundry adalah tempat yang dipilih. Anda bisa menyewa tempat di dekat kampus, perkantoran, ataupun tempat-tempat lain yang sekiranya potensial.
Lalu apakah benar 5 juta bisa mencukupi untuk membuka laundry? Berikut adalah simulasi kebutuhan membuka usaha laundry.

  1. Mesin cuci + pengering: Rp. 3.000.000
  2. Setrika 2 buah @ Rp. 250.000: Rp. 500.000
  3. Deterjen + Pewangi: Rp. 400.000
  4. Barang Pendukung: Rp. 300.000

Hanya dibutuhkan sekitar Rp. 4.200.000 untuk membuka usaha laundry pertama anda. sedangkan untuk pendapatan, anda bisa menghitungnya berdasarkan harga laundry per kilo yang anda tetapkan dikalikan dengan estimasi pemasukan jumlah laundry setiap harinya. Jangan lupa untuk menambahkan ongkos pegawai, ongkos listrik, dan ongkos lainnya yang harus anda bayar setiap bulannya.

Demikianlah beberapa usaha modal 5 juta yang bisa anda jadikan referensi. Yang perlu diingat, modal bukan melulu soal seberapa banyak modal yang dimiliki, namun seberapa tangguh mengolah modal yang ada tersebut menjadi untung yang berlimpah.

Leave a Comment