Inilah 8 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Jika anda sedang mencari referensi usaha makanan unik dengan modal kecil, maka anda datang ke tempat yang tepat. Seperti anda ketahui, usaha makanan atau kuliner memang salah satu usaha yang tidak pernah sepi pangsa pasarnya.

Dalam setiap terobosan atau inovasi yang dibuat dapat berupa makanan unik untuk usaha, Selalu saja ada pasar tersendiri yang bisa dibangunnya. Ada banyak contoh makanan ringan unik dan kreatif yang bisa anda jumpai di pasaran saat ini. Unik yang dimaksud adalah produk kuliner yang benar-benar baru dan belum pernah dipasarkan secara komersial sebelumnya.

Tentu saja ada alasan dibalik para pengusaha kuliner memiliki usaha makanan unik dan kreatif tersebut. Selain sedikitnya persaingan pasar, makanan unik juga menyajikan sensasi rasa baru bagi para penikmatnya. Namun jangan salah, tidak selamanya makanan unik membutuhkan modal besar untuk memulainya. Di bawah ini adalah daftar usaha makanan unik dengan modal kecil yang bisa anda coba jalankan.

1. Sosis Kue Gulung Mumi

Anda pasti belum pernah mendengar jenis kuliner yang satu ini bukan? Benar sekali. Sosis kue gulung mumi merupakan makanan yang unik dan belum banyak dijual secara umum saat ini.

Pada dasarnya, makanan ini merupakan sosis yang dililit adonan kue untuk kemudian di oven pada suhu tertentu. Adonan kue yang dibuat melilit perlu diiris panjang-panjang supaya bisa menutupi semua permukaan sosis. Jangan lupa untuk menyisakan sedikit bagian atas sosis supaya nama “mumi” benar-benar tergambarkan.

Anda bisa menjual sosis kue gulung mumi dengan berbagai macam saus seperti saus tomat, saus keju, dan lain-lain. Tentu saja jika menghitung bahan dasarnya, usaha sosis kue gulung mumi termasuk usaha makanan yang unik dan mudah dibuat selain memerlukan modal yang sedikit pula.

Sosis Kue Gulung Mumi
Sumber: blog.elevenia.co.id

2. Es Krim Pisang

Usaha makanan unik dengan modal kecil berikutnya adalah es krim pisang. Mungkin saat ini anda sudah mendapati banyak sekali olahan es krim berbagai rasa. Namun pernahkah anda memikirkan untuk membuat es krim pisang?

Es krim pisang adalah terobosan baru yang muncul karena melihat melimpahnya stok pisang di tanah air. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir lagi dengan melonjaknya bahan dasar karena harga pisang cenderung stabil setiap saat.

Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan satu buah pisang, tusuk es krim, pendingin, dan cokelat batangan. Langkahnya, pertama, potonglah pisang menjadi dua bagian. Selanjutnya, tusuk pisang dengan tusuk es krim yang sebelumnya sudah disiapkan. Masukkan pisang tersebut ke dalam lemari pendingin hingga membeku. Sambil menunggu pisang dalam pendingin, anda bisa melelehkan cokelat batang yang sudah disiapkan sebelumnya.

Terakhir, keluarkan pisang dari pendingin dan celupkan ke dalam cokelat batang yang sudah mencair tadi. Anda bisa menambahkan aneka toping untuk membuat es krim pisang anda semakin menarik.

3. Steak Tempe

Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata steak? Pasti anda membayangkan daging sapi yang dipanggang kering di atas bara api lalu disajikan dengan piring datar nan mewah. Benar sekali, steak tempe tidak jubah berbeda dengan steak aslinya.

Ide kuliner steak tempe hadir sebagai jawaban bagi steak sapi yang cenderung mengandung banyak kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan. Selain unik, steak tempe tentu saja tidak membutuhkan modal yang besar. Dan bisa mendapatkan banyak pasokan tempur dari lingkungan sekitar anda dengan mudah dan dengan harga yang murah. Inilah mengapa steak tempe termasuk salah satu usaha makanan unik dengan modal kecil.

Steak Tempe
Sumber: www.grid.id

4. Lumpia Bom

Usaha makanan unik selanjutnya adalah lumpia bom. Sesuai namanya yang, lumpia ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari lumpia kebanyakan. Berasal dari arah Semarang, lumpia biasanya diisi oleh rebung yang sudah dimasak sedemikian rupa hingga menimbulkan rasa mania, pedas, dan gurih di lidah.

Anda hanya perlu membuat ukuran lumpia menjadi lebih besar dan mematok harga sesuai dengan modal yang dikeluarkan untuk setiap buahnya. Dengan membuat ukuran yang lebih besar, anda tentu juga bisa berkreasi dengan macam-macam isi yang bisa dimasukkan di dalamnya.

5. Kentang Tornado

Dari namanya sudah terdengar unik, itulah kentang tornado. Mengilhami bentuk tornado, kentang goreng yang satu ini disajikan dengan bentuk spiral atau ulir dengan tusuk di tengahnya. Sebenarnya ketika menyoal rasa, kentang tornado ini tidak jauh berbeda dengan kentang goreng pada umumnya. Yang membedakan ya hanya cara penyajiannya itu tadi.

Jika anda tertarik untuk mencoba usaha makanan unik dengan modal kecil yang satu ini, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut. Iris kentang tipis secara spiral dari bagian atas ke bagian bawah. Usahakan jangan sampai membuat putus alur irisannya. Lalu tusukkan tusuk sate menembus dari ujung bawah kentang hingga ke atas. Renggangkan kentang hingga bentuk spiralnya kelihatan. Bumbui kentang dengan bumbu yang sudah disiapkan lalu goreng. Hidangkan kentang dengan taburan bumbu bubuk untuk menambah penampilan kentang tornado anda.

Kentang Tornado
Sumber: pixabay.com

6. Keripik Buah

Bukan lagi terbuat dari kentang atau ketela, keripik yang satu ini terbuat dari aneka buah-buahan. Buah-buahan yang sering dijadikan sebagai keripik antara lain adalah keripik pisang, keripik salak, keripik nangka, hingga durian. Keripik selalu menjadi camilan yang pas bagi keluarga terlepas dari apa keripik tersebut dibuat. Anda juga bisa berinovasi dengan mencoba berbagai macam buah yang sekiranya bisa dibuat menjadi keripik supaya koleksi keripik buah anda yang unik semakin banyak.

7. Klepon Warna-warni

Usaha makanan unik dengan modal kecil selanjutnya adalah klepon warna-warni. Klepon merupakan jajanan tradisional yang bisa didapati di pasar sebagai jajanan pasar. Teksturnya kenyal dan lembut dengan isian gula yang manis membuat klepon masih di gemari hingga sekarang. Warna asli yang dibawa klepon adalah hijau. Namun anda bisa mencoba variasi warnanya supaya klepon tidak lagi monoton seperti sebelum-sebelumnya. Anda bisa memberikan warna merah, kuning, hingga ungu dengan isian yang bervariasi pula seperi kacang hijau dan lain-lain.

Klepon Warna-warni
Sumber: cookpad.com

8. Burger Mi

Dikenal sebagai makanan kelas atas, burger sering kali susah untuk dinikmati masyarakat dengan ekonomi kelas menengah ke bawah. Berangkat dari fakta ini, hadirlah menu burger mi sebagai jawaban atas malah tersebut. Burger mi berbentuk seperti burger, dengan roti di bagian atas dan bawahnya lengkap dengan sayur-mayurnya. Bagian yang membedakan adalah isian utamanya.

Jika burger pada umumnya terbuat dari daging sapi, maka burger mi berisi mi yang sudah dibentuk membundar layaknya isian burger. Rasanya? Tentu saja tidak kalah enak. Dengan begitu, anda juga bisa menghemat modal anda dan menjadikan burger salah satu makanan unik dengan modal kecil.

Demikianlah daftar usaha makanan unik dengan modal kecil yang bisa anda jadikan referensi. Masih banyak menu makanan lain yang unik yang bisa anda kreasikan sendiri. Selamat mencoba.

Leave a Comment