13 Usaha Makanan Unik dan Kreatif dengan Modal Kecil

Usaha Makanan Unik dan Kreatif

Usaha makanan unik dan kreatif – Di era yang serba modern ini, kita dituntut untuk bisa kreatif dalam berbagai hal agar mampu tampil beda. Hal ini juga berlaku bagi para wirausahawan yang ingin merintis usaha kulinernya.

Dengan mengkombinasikan ide kreatif, maka dapat terlahir sebuah jenis kuliner yang berbeda dan unik sehingga orang cenderung lebih tertarik.

Dan jika Anda juga ingin merintis usaha kuliner, maka informasi pada ulasan ini bisa dijadikan inspirasi dan tambahan referensi untuk menghasilkan usaha makanan unik dan kreatif. Supaya tidak penasaran, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Surabi Imut

Apakah Anda pernah ke Malang? Jika iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan kedai Surabi Imut yang terletak di jalan Trunojoyo No.26, Malang.

Nah, jenis kuliner yang satu ini sangat bisa dijadikan inspirasi bagi Anda yang ingin memulai usaha.

Kekuatan dari Surabi Imut adalah sisi unik sebuah jajanan tradisional yang bisa dikemas modern. Sekarang kedai ini telah menjual surabi dengan 44 varian rasa atau topping.

Hal seperti inilah yang membuat konsumen akhirnya tertarik dan bahkan rela datang dari jauh hanya untuk mencicipi keunikan dan kelezatan surabi di kedai ini.

Jika Anda berminat membuat usaha kuliner semacam ini, maka Anda cukup membuat surabi seperti biasa hanya saja dengan varian rasa dan topping yang lebih berbeda dan unik.

Jika Anda berkunjung ke Malang, sempatkanlah untuk berkunjung mencicipi Surabi Imut ini yang jelas akan membuat Anda selalu ketagihan.

Bakpao Buah

Ingin makan bakpao tapi bentuknya seperti buah? Itulah sebuah terbosoan baru yang bisa Anda modifikasi untuk menjadi bahan usaha kuliner di rumah.

Bakpao buah adalah salah satu makanan paling laris saat ini sebenarnya memiliki cita rasa khas bakpao pada umumnya. Hanya saja, ide kreatif ini mampu membuat bakpao buah memiliki tampilan yang beragam, mulai dari bentuk stroberi, apel, jeruk, dan lain sebagainya.

Dan bentuk dari bakpao tersebut akan mewakili rasa didalamnya. Sehingga konsumen tidak hanya sekedar mengkonsumsi bakpao untuk mengganjal rasa lapar, tetapi juga untuk menikmati bentuk uniknya.

Bahkan salah satu kedai bakpao buah yang ada di Bandung bisa meraih omzet yang sangat besar hanya dengan membuka usaha makanan unik dan kreatif ini.

Sempol – Kuliner Juara di Kota Malang

Makanan Kreatif dan Inovatif
Sumber: www.dream.co.id

Apakah Anda pernah mengkonsumsi Sempol? Makanan ini adalah camilan paling juara di kota Malang. Sempol sendiri memiliki rasa khas seperti bakso ayam. Hanya saja pengemasannya dikemas dengan bentuk lonjong memanjang dan ditusuk dengan bambu yang sudah ditipiskan.

Dengan harga hanya 500 rupiah per tusuk, membuat Sempol begitu diminati oleh seluruh kalangan. Baik anak-anak, mahasiswa, hingga orangtua, semuanya tertarik dengan makanan unik dan kreatif yang satu ini.

Sempol sendiri merupakan nama yang diambil dari sebuah desa di Malang. Nama desa tersebut adalah Desa Sempol dan dari tempat itulah jajanan khas ini berasal.

Jadi, bagi Anda yang ingin merintis usaha kuliner bisa menjadikan Sempol sebagai inspirasi. Cukup dengan sedikit modifikasi dan sentuhan kreatifitas, maka Anda sudah mampu membuat Sempol yang lebih enak, lezat, dan pastinya lebih unik.

Belalang

Bagi beberapa orang mungkin mengkonsumsi belalang adalah hal yang tidak lumrah. Tetapi tahukah Anda jika hewan yang satu ini mampu menarik banyak minat konsumen untuk penasaran dan kemudian mencicipinya? Ya, seperti belalang crispy yang banyak dijual di daerah Jawa Barat dan telah memiliki basis konsumennya sendiri.

Pada dasarnya hewan yang satu ini memang tidak kotor dan memungkinkan untuk dikonsumsi. Apalagi dengan tambahan rempah-rempah yang pas membuat rasa belalang crispy semakin nikmat.

Di beberapa daerah, belalang crispy dijual dengan harga 33 ribu rupiah untuk ukuran 250 gram. Sedangkan untuk modalnya pun tergolong minim karena tidak memerlukan banyak bahan baku yang ribet.

Chocodot – Coklat Dodol Garut

Usaha makanan unik dengan modal kecil yang selanjutnya adalah Chocodot. Nama Chocodot yang unik ini merupakan singkatan dari Coklat Dodol Garut.

Pencetus jenis kuliner yang satu ini memang sangat kreatif karena mampu mempertahankan jajanan tradisional khas Garut yang dikombinasikan dengan makanan modern seperti coklat.

Dan yang membuat makanan ini semakin unik adalah penamaan rasa yang berbeda dan tidak seperti pada umumnya.

Chocodot diproduksi dengan beberapa varian, diantaranya rasa Coklat Anti Galau, Coklat Tolak Miskin, dan Coklat Enteng Jodoh. Dan apabila Anda cukup kreatif untuk menghasilkan coklat yang berbeda, maka bukan tidak mungkin jika usaha kuliner ini mampu membawa Anda dalam taraf kesuksesan.

Wagashi – Kuliner Tradisional Khas Jepang

Makanan Unik Wagashi dari Jepang
Sumber: commons.wikimedia.org

Ide usaha makanan unik dan kreatif ini berasal dari negeri matahari terbit. Bagi para pecinta budaya Jepang, pastinya nama ‘Wagashi’ sudah tidak asing lagi. Ini merupakan kue tradisional khas Jepang yang sekarang sudah mulai masuk ke Indonesia dan dikemas dengan bentuk yang tak kalah unik.

Camilan dengan bentuk yang mirip permen ini memiliki rasa manis yang biasanya dihidangkan dengan teh hangat saat pagi hari.

Teh yang dihidangkan umumnya juga tanpa gula sehingga rasa manis saat mengkonsumsi Wagashi tidak terganggu. Dan di Indonesia, sudah ada beberapa kafe modern yang memasukkan Wagashi di dalam daftar menunya.

Jika Anda ingin memulai usaha ini, maka Anda bisa belajar membuat Wagashi agar semakin unik dan dikenal sebagai brand tersendiri.

Walau umumnya bahan baku Wagashi selalu sama, yaitu beras, kedelai, gandum, dan tepung, namun Anda bisa membuat yang lebih berbeda.

Seperti misalnya menengok pada terobosan bakpao buah, Anda juga bisa membuat Wagashi dengan berbagai bentuk agar semakin unik.

Rempeyek Jangkrik

Jika berkunjung ke jawa timur, maka rempeyek adalah salah satu makanan khas yang wajib dicoba. Rempeyek umumnya terdiri dari tepung dan kacang yang digoreng. Namun ada yang berbeda dari rempeyek kebanyakan, yaitu Rempeyek Jangkrik.

Di Surabaya, camilan ini sudah sangat terkenal karena jangkrik memang hewan yang masih memungkinkan untuk dikonsumsi manusia. Dan lagi khasiat jangkrik yang juga tinggi untuk mengatasi berbagai penyakit.

Untuk itu jika Anda ingin merintis usaha kuliner yang unik dan murah, Anda bisa menjadikan rempeyek jangkrik sebagai salah satu bentuk kreatifitas dalam berwirausaha.

Es Semangka

Sejauh ini mungkin kita mengenal semangka sebagai buah yang semakin nikmat dikonsumsi apabila dalam kondisi dingin. Namun apa jadinya jika dinginnya semangka tersebut membuat buah itu menjadi beku? Tentu saja akan menghasilkan tampilan dan cita rasa yang unik.

Untuk membuat makanan yang satu ini juga terbilang mudah, yaitu dengan cara memotong-motong semangka tanpa biji lalu memasukkan ke dalam kulkas dan menunggunya hingga beku. Setelah itu serut semangka hingga berbentuk seperti es serut.

Bagi Anda yang ingin menjualnya dengan rasa original bisa langsung menawarkannya begitu saja. Namun Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan beberapa topping agar lebih menarik.

Rambut Nenek

Apa yang pertama kali terngiang di benak Anda ketika mendengar makanan ‘rambut nenek’? Pastinya banyak kenangan masa lalu yang tiba-tiba hadir bernostalgia. Ya, rambut nenek adalah jajanan tradisional yang sudah ada sejak lama.

Bahkan makanan ini dulunya sangat populer, khususnya di kalangan pelajar yang sering membeli jajanan ini karena murah dan rasanya yang manis.

Rambut Nenek sekarang lebih dikenal dengan istilah Arum Manis. Namun jika Anda berniat menjual makanan ini, maka nama ‘Rambut Nenek’ lebih menarik untuk dijadikan nama brand.

Jika Anda berencana membuka usaha makanan unik dan kreatif rambut nenek, saat ini sudah ada franchise makanan untuk camilan tradisional ini. Misalnya snazzyboom.com.

Mie Lidi

Mie Lidi Osyin

Saat kecil dulu, bisa dipastikan jika kebanyakan dari kita pasti pernah mengkonsumsi mie lidi. Jajanan yang satu ini memang sangat populer di kalangan pelajar kala itu. Namun kini, Mie Lidi telah memiliki banyak penggemar yang bahkan sudah bukan lagi anak-anak.

Semakin banyak orang dewasa yang mengaku bahwa rindu dengan masa-masa kecil. Dan hadirnya Mie Lidie sebagai jajanan tradisional sekaligus membawa kenangan yang tentunya mampu membuat usaha Anda semakin lancar dan diminati oleh para konsumen.

Martabak Manis Mini

Ketika ingin mencicipi martabak, namun terhalang dengan harga yang mahal dan porsi yang terlalu banyak tentu kita akan berpikir dua kali untuk membelinya. Dan hal itu yang bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda.

Saat ini sudah ada cukup banyak orang yang mulai merintis usaha makanan unik dan kreatif ini. Dan sejauh ini respon dari masyarakat pun sangat baik dan telah menyambut kedatangan kuliner yang satu ini.

Proses pembuatannya pun tergolong mudah sehingga siapa saja akan siap untuk segera menikmatinya.

Es Krim Nitrogen

Siapa sangka jika ternyata nitrogen mampu menjadi sebuah senyawa kimia yang berperan dalam membantu proses pembekuan es krim? Itulah fakta yang kini membuat es krim nitrogen semakin digemari oleh para konsumen.

Es krim yang satu ini secara tampilan memang tidak jauh berbeda dengan es krim kebanyakan. Hanya saja dari segi tekstur lebih lembut dan rasanya juga lebih nikmat.

Jika Anda berminat, bisa mencoba usaha kuliner ini karena tergolong sangat kreatif dan mampu mendatangkan massa yang banyak.

Dadih

Usaha makanan unik dan kreatif yang terakhir ini berasal dari Nusantara. Pernahkah Anda mendengar istilah Dadih? Dadih adalah nama lain dari Yoghurt Kerbau.

Ya, sangat unik memang karena kebanyakan kita mengenal yoghurt dari susu sapi yang difermentasi. Tapi sebenarnya Dadih juga sudah sejak lama diproduksi di Indonesia.

Yang pertama kali mempopulerkannya adalah orang-orang di daratan Minangkabau.

Dari situlah Dadih atau yoghurt kerbau ini semakin dikenal secara luas dan telah menjadi menu utama di beberapa kafe. Dan walau Dadih ini sudah cukup terkenal, tapi belum terlambat bagi Anda jika ingin memodifikasi menu ini.

Anda bisa menambahkan beraneka ragam topping karena pada dasarnya rasa Dadih yang manis, asam, dan gurih ini sangat cocok untuk dikombinasikan dengan apapun.

Dan jika Anda berminat, maka segera pelajari bagaimana cara membuat Dadih yang lezat dan pastinya mampu memasarkan sesuai target. Jika Anda sudah memperhitungkan dengan matang, maka tak ada alasan lagi untuk tidak segera mencobanya.

Nah, demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan seputar usaha makanan unik dan kreatif. Semoga ulasan ini tidak hanya sekedar membuat kita mengetahui jenis usaha kuliner yang unik saja, melainkan juga turut menumbuhkan rasa kreatif dan semangat untuk terus berinovasi.