Tips Memulai Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Angka pengangguran kian meningkat saja. Dengan demikian, mencari peluang usaha menjadi satu- satunya solusi terbaik saat ini. Namun, bisnis apa yang cocok untuk dicoba? Salah satu yang bisa kalian jajal adalah usaha makanan ringan serba 2000.

Peluang bisnis makanan ringan tergolong tinggi karena peminatnya yang cukup banyak. Selain itu, jenis usaha ini juga termasuk bisnis yang sangat prospektif untuk kedepannya. Penikmat makanan ringan di Indonesia terus bertambah karena memang cocok untuk menjadikan jajanan ringan sebagai cemilan. Oleh karena itu, bisnis makanan ringan serba 2000 merupakan usaha yang layak untuk dicoba.

Teknik apa saja yang harus dilakukan dalam memulai usaha yang satu ini? Tentu saja usaha makanan ringan murah ini membutuhkan teknik dan tips penjualan tersendiri agar dapat sukses dan meraup untung yang maksimal. Berikut ini ulasan mengenai tips yang harus diperhatikan untuk memulai usaha makanan ringan yang unik dan kreatif.

Langkah Awal Memulai Usaha Makanan Ringan Unik dan Kreatif

1. Mencari Calon Supplier Tetap

Makanan ringan merupakan jenis jajanan yang tidak bisa diproduksi oleh individual melainkan oleh pihak besar lainnya seperti pabrik makanan ringan atau supplier snack. Oleh karena itu, sebagai pengusaha yang cerdas dan kreatif, carilah supplier yang terpercaya untuk bisnis makanan ringan kalian.

Pilihlah produsen yang dapat dipercaya kualitasnya untuk jangka panjang kedepan. Usahakan untuk membentuk suatu ikatan yang era tantara kalian dengan para supplier kalian. Dengan demikian, maka bisnis kalian akan lancar dan mendapat dukungan yang kuat dari supplier tersebut.

Selain itu, keuntungan dari menciptakan suatu kepercayaan di kedua belah pihak yakni seperti, pihak supplier akan menyediakan barang pesanan kalian secara rutin dan menjaga kualitasnya tanpa harus diminta.

Disamping itu, carilah supplier yang memikili harga pasaran barang yang mampu bersaing dengan lainnya. Dengan modal yang sedikit, gunakanlah sebaik- baiknya untuk meraup untung yag sebanyak- banyaknya. Memang jarang, namun pasti ada. Ketika kalian menemukan supplier yang seperti itu, jagalah hubungan bisnis kalian agar terus terjalin dan saling mensupport satu sama lain.

2. Cari Supplier Dengan Harga Minim

Hal ini bersangkutan dengan langkah di atas. Dengan bisnis usaha makanan ringan serba 2000 milik kalian, ungkapkan secara terbuka mengenai proyek usaha kepada supplier terpilih kalian. Cobalah untuk merundingkan harga diskon barang sebagai bonus kontrak jangka panjang yang akan kalian jalani. Yakinkan bahwa kalian adalah pengusaha yang bertanggung jawab dan serius untuk berbisnis dengan supplier kalian.

3. Utamakan Kualitas Produk

Hal ini perlu kalian perhatikan untuk menjamin kepuasan konsumen kalian. Carilah produk jajanan yang bermutu dan disukai banyak orang. Mengutamakan kualitas produk adalah langkah yang penting untuk menghindari keluhan dari konsumen. Dengan begitu, maka kalian akan menciptakan konsumen tetap di setiap harinya.

4. Carilah Lokasi Penjualan yang Strategis

Selain beberapa langkah di atas, hal ini merupakan tindakan penting yang harus kalian lakukan, yakni mencari lokasi yang bagus. Mencari lokasi yang strategis menjadi faktor penentu banyak atau tidaknya konsumen kalian nanti. Carilah lokasi penjualan yang padat penduduk, sedikit pesaing, dan utamakan di tempat yang banyak anak kecil seperti sekolah, kampus, tempat umum, tempat pelayanan publik dan lain- lain.

5. Modal Bisnis Usaha Makanan Jajanan Ringan

Untuk masalah modal, kalian tidak perlu bingung. Bisnis usaha makanan ringan yang menguntungkan ini hanya memerlukan modal sedikit menyuplai pasokan jajan setiap harinya. Misalnya apabila kalian berencana menjual 200pcs perhari, dengan harga misalnya 1.500 dari supplier, maka modal yang harus kalian siapkan hari ini adalah 200 x 1.500 = 300.000 Rupiah. Selain itu, jika kalian menggunakan rumah sendiri sebagai lahan usahanya, maka pengeluaran berupa sewa tempat akan nihil.

6. Lakukan Pemasaran yang Kreatif

Hal ini dapat kalian lakukan sesuai teknik dan strategi pribadi, Kalian bisa memberikan diskon kecil- kecilan, memberikan bonus pembelian, memberikan sampel makanan secara gratis untuk menggait pembeli. Hal simpel seperti itu akan sangat berpengaruh kedepannya. Oleh karena itu, janganlah bosan- bosan untuk terus melakukan inovasi dalam hal promosi. Jajanan ringan harga 2000 tentunya sangat diminati oleh anak- anak, maka carilah cara untuk menarik anak- anak agar mau berkunjung ke toko kalian.

Disamping itu, ada teknik jual yang dinamakan konsiyasi yakni menitipkan barang dagangan ke warung kecil. Dengan cara ini, maka kalian dapat melakukan usaha makanan ringan tanpa perlu capek mengurusinya dirumah atau di toko pribadi kalian. Titipkanlah makanan ringan tersebut di pihak ketiga yang memiliki banyak konsumen penikmat jajanan ringan seperti kantin sekolah, kampus, kantor, kantin umum, dan sebagainya.

Usaha Makanan Ringan Unik
Sumber: cookpad.com

Jenis Makanan Ringan Serba 2000 yang Menguntungkan

1. Bakso Goreng

Cemilan ini lebih sering disebut sebagai basreng. Sudah tidak asing lagi nama jajanan basreng ini bukan? Ya karena makanan ini sudah terkenal di kalangan jajanan ringan harga 2000an. Cemilan ini sangat menarik dengan ciri khasnya berupa kering dan telah tercampur bumbu pedas. Usaha makanan ringan unik ini akan sangat recommended untuk kalian yang mengejar banyak para calon konsumen dengan cepat.

Selain itu, kalian dapat memodifikasi basreng ini menjadi makanan ringan spesial ciptaan kalian seperti memberikan citarasa yang baru dan penambahan resep unik lainnya seperti basreng keju, basreng jagung, basreng bakar, atau sebagainya agar menarik rasa ingin tahu para pelanggan.

2. Seblak Kering

Siapa yang tidak tau seblak? Seblak merupakan jajanan ringan khas Bandung yang populer di kalangan penikmat cemilan. Namun bagaimana jika seblak tersebut berupa makanan kering atau yang lebih dikenal sebagai seblak kering? Seblak yang satu ini tengah naik daun di kalangan jajanan ringan harga 2000 di Indonesia. Dengan versi terbaru dari seblak basah yang biasa dijual di pasaran, seblak kering akan lebih menarik perhatian para penikmat cemilan kering karean rasanya yang unik.

Disamping itu, kalian dapat menambahkan cita rasa baru ke dalam seblak kering jualan kalian. Carilah inovasi yang akan menarik minat orang seperti menambahkan rasa baru, cara penyajian baru, teknik penjualan baru, dan sebagainya.

3. Kuaci

Nah jajanan legenda ini ternyata masih populer di masa sekarang lho. Jajanan kuaci berasal dari biji bunga matahari yang diproses dan dikemas sedemikian rupa. Makanan ini jarang sekali di buat dengan cita rasa lainnya, mungkin karena memang rasa kuaci asin sedap itu adalah yang terbaik. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan apabila kalian ingin mencoba bereksperimen untuk memberikan warna baru pada jajanan kering harga 2000an ini.

4. Keripik Singkong

Keripik singkong adalah makanan ringan yang terus berinovasi hingga saat ini. Singkong keju, singkong pedas, singkong bakar, dan lainnya. Dengan beberapa contoh di atas, keripik singkong ini tergolong sebagai makanan yang fleksibel dan dapat di olah sesuai keinginan dan semenarik ide kalian. Jadi, jangan ragu untuk memberikan rasa baru di jajanan lezat ini.

5. Mi Lidi

Mi lidi masih sering kita jumpai di warung- warung kecil dekat rumah. Hal ini mengartikan bahwa makanan ringan ini masih digemari oleh masyarakat kita. Carilah supplier makanan ini yang terpercaya dan memiliki harga miring untuk mampu bersaing dengan lawan kalian.

6. Makaroni

Ketika berbicara tentang makanan ringan, tentu saja makaroni haruslah ikut dalam daftar tersebut. Makanan yang biasanya memiliki rasa pedas ini masih digemari oleh kalangan muda hingga dewasa untuk cemilan di rumah. Selain itu, makaroni juga tergolong sebagai jajanan ringan yang mudah untuk diberikan inovasi dan cita rasa tambahan sesuai keinginan kalian. Berilah warna baru dalam rasa makaroni untuk menarik pelanggan agar penasaran dengan produk dagangan kalian. Bahkan, telah ada yang berhasil mengolah makaroni menjadi jajanan seblak basah. Lakukanlah observasi untuk menjual varian rasa yang dapat sediakan di toko kalian. Kemudian, apabila kalian menemukan varian rasa makaroni yang kurang digemari, maka hapus saja varian makaroni tersebut dari daftar barang dagangan kalian.

Bisnis Makanan Ringan yang Menguntungkan
Sumber: bacaterus.net

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Snack Serba 2000

Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Maka sebelum memilih bisnis yang akan dijalankan, kenali dulu hal apa saja yang menjadi kelebihan dari bisnis jajanan ringan ini sehingga nantinya bisa menjadi tambahan tenaga ketika kalian menjalankan usaha.

  • Usaha Milik Sendiri – Usaha makanan ringan ini akan memberikan kepuasan tersendiri kepada kalian karena tidak ada yang akan memerintah bisnis kalian sendiri. Bahkan kalian dapat memberikan lapangan kerja kepada orang lain sebagai karyawan dari toko makanan ringan kalian. Selain itu, dengan status sebagai bos dari bisnis usaha kalian sendiri, kalian dapat bebas melakukan inovasi untuk kemajuan produk dagang. Oleh karena itu, bisnis usaha ini haruslah kalian coba.
  • Modal Kecil – Usaha jajanan kering serba 2000 tidak memerlukan modal yang besar untuk memulainya. Dengan produk yang tidak perlu kalian buat sendiri, kalian hanya perlu mendapatkannya di supplier kepercayaan kalian. Modal dari usaha ini yang paling besar hanyalah dari membeli peralatan awal seperti menyediakan tempat penjualannya, namun kalian dapat mengakalinya dengan menggunakan sebagaian ruangan rumah kalian untuk bisnis ini. Selain mudah diurus, menggunakan sebagian ruangan rumah sebagai toko jajanan ringan ini akan memudahkan kalian dalam menjaga dan mengawasi berjalannya bisnis kalian sendiri.
  • Dapat Dijadikan Sebagai Usaha Sampingan – Dikarenakan bisnis ini simpel dan tidak memerlukan tenaga ekstra, kalian dapat menjadikannya sebagai bisnis sampingan dan membuka usaha lainnya secara bersamaan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk kalian segera mencoba bisnis simpel ini.

Setelah mengetahui kelebihan bisnis snack ini, kalian juga harus mengetahui kekurangan yang harus menjadi perhatian ketika memilih menekuni bisnis ini.

  • Pemasaran Produk – Kekurangan dalam bisnis ini adalah pemasaran produk. Namun, hal ini sebenarnya tergantung pada kalian bagaimana cara mengolahnya. Carilah teknik promosi yang kreatif dan efektif menurut keadaan di lokasi kalian. Selain itu, kalian dapat menanyakan teknik pemasaran yang tepat kepada saudara atau teman dekat yang lebih berpengalaman dalam hal pemasaran di lokasi kalian.
  • Saingan yang Banyak – Bisnis yang satu ini memiliki banyak saingan karena memanglah tergolong sebagai bisnis yang simpel dan menjanjikan. Bahkan, satu perumahan kecil saja dapat memiliki 2 atau 3 pengusaha bisnis jajanan ringan. Dengan demikian, kalian harus mampu bersaing dengan pengusaha yang lainnya, baik dari faktor harga, kualitas barang dagang, maupun pelayanan.

Demikianlah ulasan mengenai cara memulai usaha makanan ringan serba 2000. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Leave a Comment