5+ Jenis Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

Makanan yang Banyak Diminati Anak Muda

Tidak dipungkiri lagi jika berbisnis di bidang kuliner memang menjanjikan. Selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, usaha kuliner juga tak pernah sepi pengunjung karena setiap hari orang harus makan. Tetapi, hal yang mungkin kemudian mengganjal di pikiran setiap orang adalah usaha makanan paling laris saat ini sebenarnya apa saja?

Tentu ini bukan perkara yang mudah untuk diputuskan mengingat banyak sekali opsinya. Bagi kalian yang tengah berada di fase ini, jangan khawatir! Karena kami akan menyajikan beberapa ide mengenai jenis usaha kuliner yang paling laku dan bisa dijadikan referensi. Berikut ulasannya:

1. Aneka Jus Buah – Segar dan Sehat

Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini
Sumber: pixabay.com

Ide bisnis kuliner yang pertama adalah aneka jus buah. Kesegaran jus buah memang ampuh untuk mengusir dahaga. Tak hanya itu, banyak juga manfaat kesehatan yang didapatkan darinya. Oleh karena itu, minuman yang satu ini selalu menjadi favorit semua orang tak terkecuali tua atau mudah. Ini tentu menjadi peluang bisnis yang prospektif untuk dijalani.

Cara untuk memulainya pun gampang. Kalian hanya perlu menyiapkan blender sebagai peralatan. Untuk tempat berjualan, kalian bisa memanfaatkan teras rumah atau bisa juga membuat stand agar bisa memilih lokasi yang strategis. Modal awal yang dikeluarkan pun relatif kecil. Misal, untuk membeli blender Rp. 300.000, peralatan seperti pisau, gelas plastik, sedotan, dan sebagainya Rp. 200.000, dan untuk membuat stand kira-kira Rp. 2000.000.

Sedangkan untuk biaya operasionalnya sendiri bisa dijumlah untuk penyediaan bahan utama seperti buah, gula, susu, dan es batu setiap harinya Rp. 150.000. Jadi dalam sebulan menghabiskan Rp. 4.500.000. Sedangkan untuk promosi dan transport Rp. 200.000 dan listrik Rp. 300.000. Jika kalian ingin menggunakan jasa karyawan, maka biaya operasional ditambah dengan gaji karyawan Rp. 1000.000.

Dari pemaparan rincian modal diatas, jika diasumsikan dalam satu hari terjual 40 gelas dengan harga Rp.8.000, maka dalam sebulan omzet yang diperoleh sekitar Rp. 9.000.000 jutaan dan laba bersih yang bisa dinikmati hampir Rp. 3.000.000. Menggiurkan bukan?

2. Aneka Gorengan – Kuliner Sejuta Umat

Jajanan Paling Laris Saat Ini
Sumber: idntimes.com

Usaha makanan paling laris saat ini selanjutnya adalah aneka gorengan. Ya, makanan sejuta umat ini memang sangat potensial untuk dijadikan bisnis. Harganya yang murah dan rasanya yang gurih membuat lidah banyak orang tidak bisa move on. Wajar saja jika bisnis aneka gorengan ini mampu mendatangkan keuntungan yang signifikan.

Untuk mengawali bisnis satu ini pun sangat mudah. Kalian hanya perlu menginvasitasikan uang senilai Rp. 4.000.000 sebagai modal awal dan Rp. 5.800.000 untuk biaya operasional. Dari situ, kalian sudah bisa mendapatkan keuntungan Rp. 3.000.000 setiap bulannya.

Perlu diingat juga jika persaingan bisnis aneka gorengan ini semakin kompetitif. Oleh karena itu kalian harus cerdik dalam mengatur strategi penjualan. Jangan lupa juga untuk menjaga kualitas dan rasa dari gorengan yang kalian tawarkan.

3. Singkong Keju – Bahan Lokal Rasa Internasional

Satu lagi makanan sejuta umat yang dikemas dengan cantik, yaitu singkong keju. Perpaduan rasa lokal dan internasional yang ada dalam makanan yang satu ini dijamin langsung menggoyang lidah setiap orang. Yang dulu singkong dianggap sebagai makanan orang kampung, kehadiran singkong keju justru menjadi makanan favorit orang kota saat ini. Jadi, lahan bisnis ini sangat recommended untuk kalian geluti.

Selain untuk meningkatkan perekonomian para petani singkong, usaha kuliner ini juga bisa menghasilkan laba yang cukup besar. Kalian juga tidak perlu mengeluarkan modal banyak. Cukup investasikan uang sejumlah Rp. 4.000.000 untuk modal awal dan biaya operasional. Dari situ, keuntungan yang diraup mencapai Rp. 3000.000 per bulan. Sangat menjanjikan bukan?

4. Cup Cake

Usaha Makanan Unik dan Kreatif
Sumber: pixabay.com

Siapa yang tidak suka cup cake, rasa manis dan lembut yang dikemas dalam aneka bentuk yang lucu ini tak hanya digemari oleh anak-anak saja. Banyak juga orang dewasa yang hobi memakan kudapan yang satu ini. Cup cake juga bisa ditemukan dimana saja. Di mall, di toko kue, bahkan etalase depan minimarket. Tentu ini menjadi peluang bisnis yang bagus untuk kalian jalani.

Dengan keahlian membuat kue dan investasi senilai Rp. 2.000.000, kalian bisa meraup keuntungan hingga Rp. 500.000 per hari. Lumayan bukan? Sebagai tips, jangan malas untuk berinovasi agar usaha cup cake kalian bisa terus berkembang. Jangan lupa untuk melakukan kegiatan promosi agar memperluas jaringan konsumen.

5. Cilok – Kuliner dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

Makanan Paling Laris untuk Dijual
Sumber: youtube.com

Siapa yang tidak kenal dengan cilok? makanan yang paling banyaki digemari oleh anak-anak ini terbukti sampai saat ini masih laris untuk dijual.

Makanan yang dibuat dengan cara dikukus ini memiliki bahan utama tepung tapioka dan tepung terigu yang ditambah dengan bahan lainnya seperti daun bawang dan bumbu perasa. Cilok biasanya disajikan dngan ditambahkan kecap atau bumbu kacang. Bagi yang menyukai pedas, kadang ditambahkan saos atau sambal.

Penghasilan yang diperoleh dari usaha kuliner dengan modal kecil ini juga lumayan. Misalnya dijual per butir dengan harga Rp 500 dan bisa laris setidaknya 50 – 150 butir per hari, maka diperkirakan dalam satu bulan bisa mendapatkan Rp 750.000 sampai Rp 2.250.000.

Itulah jenis usaha makanan paling laris saat ini yang bisa kalian jadikan ide dalam berbisnis. Jangan takut untuk memulai suatu kebaikan dan selalu rencanakan bisnis kalian dengan matang sebelum merealisasikannya. Jika kalian memiliki keterbatasan modal, cobalah cari investor. Presentasikan ide bisnis kalian dengan unik agar mereka tertarik untuk menanam modal. Selamat mencoba!

Leave a Comment