Peluang Bisnis Franchise Teh Poci yang Menggiurkan

Teh Poci – Teh menjadi minuman yang digemari oleh masyarakat Indonesia selain kopi, aromanya yang khas dan rasanya yang nikmat membuat teh ini banyak menemani hari-hari masyarakat Indonesia terutama pagi dan malam hari.

Melihat kebiasaan tersebut banyak sekali ide usaha menggunakan teh yang mudah dijumpai mulai dari milk tea, teh tarik susu, teh susu cappuccino, dan masih banyak lagi lainnya.

Yang harus menjadi perhatian adalah tidak semua teh bisa dijadikan sebagai ide usaha mengingat karakteristik teh ini macam-macam terutama jenis teh hitam yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Ada teh yang berbau apek sehingga tidak semua orang menyukai aromanya selain itu ada juga yang rasanya tidak enak sehingga tidak semua merek teh ini digemari.

Salah satu merek teh yang digemari sampai sekarang adalah Poci. Warnanya yang tidak terlalu kental dan aromanya yang wangi membuat siapapun menyukainya.

Tidak mengherankan jika banyak orang yang menginginkan berbisnis dengan menggunakan teh merek Poci ini.

Untuk bisa menggeluti bisnis ini Anda bisa mendaftarkan diri sebagai franchisee dari kantor Teh Poci secara langsung dan resmi.

Namun sebelum Anda mendaftarkan diri simak modal dan analisis keuntungan yang harus diperhatikan berikut ini:

Modal Investasi Awal

Modal awal menjadi hal pertama yang harus dipertimbangkan karena untuk mendaftarkan diri ke franchise minuman harus mengeluarkan sejumlah modal atau biaya. Untuk biaya investasi awal ini Anda harus menyiapkan modal mulai dari 5 juta rupiah.

Jika Anda mendaftarkan diri di kantornya secara langsung yang tersebar di beberapa kota maka biaya investasi awal yang diberlakukan ini sama sehingga Anda tidak akan menemukan biaya yang lebih murah atau lebih mahal.

Ada dua macam pilihan paket yang bisa dipilih mulai dari booth meja kecil dan booth meja besar. Meja kecil Anda akan mendapatkan booth dengan ukuran 80 cm x 40 cm x 200 cm dilengkapi dengan logo teh merek Poci. Sedangkan yang ukuran besar berukuran 120 x 65 x 215 cm.

Selain booth barang-barang yang bisa didapatkan berupa meja counter, cup dengan logo, cooler box, container es teh, termos, teko listrik, mesin seal, centong kayu, sendok besar, dan juga saringan.

Estimasi Omzet dan Modal Kerja

Hal yang paling menyenangkan saat membahas bisnis waralaba minuman kekinian seperti Teh Poci ini adalah omzetnya. Omzet dari bisnis ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena sangat menggiurkan.

Terlebih lagi Poci sudah memiliki brand tersendiri sehingga membangun branding tidak se susah merek minuman yang belum memiliki brand.

Ada dua macam cup yang bisa dijual yaitu cup kecil dan juga cup besar. Untuk cup kecil biasa dijual @Rp2.500 rupiah sedangkan untuk yang besar @Rp3.500. Modal per cupnya Rp1.250 untuk cup kecil dan cup besar Rp1.500.

Misalnya dalam sehari ada 60 cup yang terjual 40 cup kecil dan 20 cup besar maka Rp1.250 x 40 =Rp50.000 dan cup besar Rp1.500 x 20 = Rp 30.000. Maka modal yang harus dikeluarkan sebesar Rp80.000. Untuk modal kerja sebulan Rp80.000 x 30 = Rp2.400.000.

Keuntungan Rp2.500 x 40 = Rp100.000 dan cup besar Rp3.500 x 20 = Rp70.000. Keuntungan bersih Rp170.000 – Rp80.000 = Rp90.000. Dalam 30 hari maka keuntungan yang bisa didapatkan sebesar Rp2.700.000.

Biaya Variabel Usaha Teh Poci

Selain biaya investasi awal akan ada biaya variabel yang harus dikeluarkan. Biaya variabel tersebut meliputi sewa tempat dan juga modal kerja. Semakin strategis tempatnya maka semakin mahal biaya sewanya.

Untuk booth teh merek Poci ini banyak yang didirikan di pusat perbelanjaan seperti mall, supermarket, dan lain sebagainya sehingga peluang laku lebih besar.

Masih banyak pengunjung yang menyukai minuman teh dibandingkan dengan minuman lainnya dikarenakan harga yang terjangkau ditambah dengan cita rasa maupun aroma teh yang khas.

Untuk sewa tempat pendirian booth di mall ini cukup besar dimana dihitung per hari dan juga per bulan. Untuk sewanya mulai dari 2 juta rupiah per bulan.

Sedangkan untuk karyawan lebih baik ditangani oleh Anda secara langsung karena selain melihat prospeknya, biaya variabel juga tidak membengkak. Biaya variabel sewa tempat ditambahkan modal kerja totalnya sebesar Rp4.400.000

Balik Modal

Setiap pebisnis harus menghitung kapan balik modal. Balik modal ini dalam bisnis disebut dengan ROI atau Return of Investment.

Untuk menghitung ROI ini Anda harus menghitung bruto dikurangi dengan biaya variabel setiap bulannya. Untuk menghitung netto dengan mengurangi bruto sebesar Rp2.400.000 + Rp.2.700.000 = Rp5.100.000 dikurangi biaya variabel Rp4.400.000 maka hasilnya Rp700.000.

Balik Modal Rp5.000.000 : Rp700.000 = 7,1 bulan.

Balik modal ini hanya perkiraan saja, karena jika jualan lebih dari 60 cup maka semakin cepat Anda akan mengalami balik modal.

Pentingnya Legalitas Resmi

Untuk menjalankan bisnis franchise Teh Poci Anda tidak boleh melupakan legalitas. Alasannya adalah teh ini sudah memiliki HAKI sehingga menggunakan brandnya tanpa sepengetahuan kantor resmi termasuk dalam penyalahgunaan HAKI tersebut.

Oleh sebab itu jangan sampai Anda salah pilih!

Dimana untuk bisa mendapatkan legalitas dan sertifikat bukti mengikuti franchise resmi Anda bisa mendatangi beberapa kantor resmi teh ini yang sudah tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Strategi Usaha

Untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik tentu ada beberapa kiat yang harus Anda lakukan mengingat saat ini banyak yang tertarik untuk bergabung dengan bisnis waralaba dari teh merek Poci ini.

Strategi yang pertama tentu saja pemilihan tempat.

Tempat yang paling pas untuk menjual produk ini adalah di mall atau di supermarket modern. Jika dirasa sewa tempatnya terlalu mahal Anda bisa menyewa ruko untuk menjalankan usaha ini.

Selain itu berikanlah pelayanan prima.

Pembeli tidak akan mau membeli di tempat yang memiliki pelayanan kurang memuaskan. Risiko memberikan pelayanan yang tidak memuaskan akan membuat Anda kehilangan konsumen.

Untuk harganya berikanlah harga yang kompetitif sehingga Anda harus melakukan riset terlebih dahulu berapa harga yang pas untuk bisa menjual produk teh tersebut. Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting yang tertuang di dalam surat perjanjian.

Jangan sampai saat menjalin kerja sama dengan perusahaan menyalahi isi perjanjian yang dibuat karena menjalankan waralaba tidak sesuai dengan SOP perusahaan akan membuat Anda terkena masalah.

Penutup

Saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa booth teh merek Poci ini dengan sertifikat resmi. Namun Anda harus benar-benar bersikap selektif jangan sampai salah pilih karena hanya akan merugikan Anda ke depannya.

Dengan menjalakan bisnis waralaba teh ini akan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan seperti Anda tidak harus membangun bisnis dari awal dimana melakukan hal tersebut cukup sulit.

Selain itu dengan menggunakan brand Teh Poci bisnis Anda akan mudah dikenali sehingga peluang mendapatkan omzet yang besar terbuka dengan lebar.