21 Peluang Usaha Potensial yang Layak Anda Coba

Saat ini banyak bermunculan peluang usaha yang telah menghasilkan wirausahawan baru dan sukses. Baik untuk usaha skala kecil dan menengah (UKM) maupun usaha yang berskala nasional.

Bahkan banyak diantara wirasusahawan sukses tersebut masih berusia muda.

Hal ini tentunya membuktikan telah tumbuh kesadaran dan jiwa wirausaha di kalangan generasi muda. Selain menunjukkan bahwa kesuksesan adalah milik semua kalangan usia yang mau bekerja keras.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kesempatan tidak datang untuk kedua kali. Jika saat ini Anda mempunyai keinginan untuk membuka usaha, lakukanlah dengan segera. Jangan banyak menunda-nunda.

Langkah pertama adalah mencari dan menentukan ide usaha apa yang paling menjanjikan dan tentunya sesuai dengan keinginan.

Saat ini, memiliki usaha dari rumah merupakan salah satu pilihan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Salah satu usaha favorit yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat adalah usaha pertanian.

Kondisi dan kekayaan alam Indonesia sangat mendukung usaha pertanian ini.

Menjalankan usaha rumahan bidang pertanian memiliki potensi keuntungan yang besar.

Selain itu waktu juga menjadi lebih fleksibel. Bisa diatur jadwalnya sesuai kebutuhan. Sehingga tidak heran jika usaha ini semakin banyak ditekuni oleh masyarakat.

Pelaku usaha ini datang dari berbagai kalangan. Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, masyarakat biasa hingga para pengusaha kaya.

9 Usaha Pertanian yang Menjanjikan

Berikut ini rekomendasi peluang usaha pertanian yang diyakini mampu memberikan keuntungan berlipat.

1. Tanaman Hias

bisnis pertanian modal kecil

Terdapat berbagai macam tanaman hias yang bisa dipasarkan kepada masyarakat contohnya anggrek. Namun ada baiknya jika membudidayakan tanaman hias pada satu jenis saja yang banyak digemari masyarakat.

Merawat berbagai tanaman hias dapat menyebabkan kualitas tanaman tidak maksimal. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengikuti tren pasar yang seringkali berubah-ubah.

Lakukan survei lebih dulu tentang tanaman hias yang sedang digemari. Kenali juga apakah tanaman tersebut cocok di daerah sekitar Anda.

2. Jual Beli Bibit Tanaman

Peluang usaha pertanian lainnya adalah jual beli bibit. Usaha ini mungkin akan sulit dijalankan bagi pemula yang baru terjun ke bidang ini.

Namun bukan hal yang tidak mungkin jika nantinya apa yang dihasilkan mampu bersaing dengan pengusaha yang telah lama berkecimpung di dunia ini.

Peluang usaha ini masih sangat luas, karena para petani saat ini masih membutuhkan bibit yang berkualitas.

Hal ini yang menjadi salah satu dasar pencetus usaha ini. Dalam menggapai sukses, sebaiknya pahami tentang teknik menghasilkan bibit yag berkualitas sehingga nantinya konsumen puas dan akan kembali membeli bibit dari Anda.

Selain itu, pemasaran menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan.

Bibit ini bisa dijual di pasar bibit atau lewat berbagai media online seperti instagram, facebook dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan supaya bibit yang dijual dikenal masyarakat.

3. Budidaya Tanaman Obat

peluang usaha pertanian di desa

Peluang usaha yang menjanjikan berikutnya adalah budidaya tanaman obat. Alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan obat alami.

Peluang usaha ini cocok dilakukan di desa maupun di kota.

Sifat tanaman obat yang alami menjadikan tanaman ini lebih aman daripada obat yang dibuat oleh pabrik.

Jenis tanaman obat yang cocok dijadikan usaha diantaranya jahe merah, bunga rosela, lidah buaya, temulawak dan kunyit.

Disamping menjanjikan keuntungan yang berlipat, usaha ini dapat dengan mudah dijalankan.

Jika tidak mempunyai lahan yang cukup untuk menanam, maka Anda bisa menanamnya di karung.

4. Tanaman Rempah-rempah

Bangsa Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil rempah terbaik oleh bangsa asing. Hampir semua daerah di Indonesia cocok untuk ditanami rempah-rempah.

Beberapa jenis rempah yang dapat dijadikan peluang usaha antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit dan temulawak.

5. Budidaya Buah

budidaya buah

Dalam memulai budidaya buah, cobalah membeli bibit yang mudah dan murah. Berbagai jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai sumber usaha adalah kedondong, pisang raja, jeruk manis, buah naga dan juga durian.

Durian merupakan salah satu buah yang memiliki nilai jual tinggi. Buah ini terdiri dari berbagai jenis dan memiliki buah yang tebal, besar dan rasanya manis legit.

Pilihlah satu jenis buah saja untuk fokus memulai usaha. Lakukan survei buah mana yang paling cocok untuk ditanam karena setiap daerah memiliki lingkungan tanah dan cuaca yang berbeda.

Peluang usaha dari budidaya buah adalah menjadi supplier buah-buahan yang bertugas memasok buah ke para pedagang buah.

Selain itu, buah juga dapat di kembangkan menjadi makanan olahan seperti keripik, manisan atau snack. Makanan olahan memiliki nilai jual lebih tinggi.

6. Budidaya Jamur

Jamur dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain itu, rasanya juga lezat.

Saat ini, jamur tiram menjadi salah satu jenis jamur yang sedang digemari masyarakat. Pengusaha jamur dapat memasok jamur ke berbagai rumah makan, restoran vegetarian dan lain sebagainya.

Jamur diolah menjadi berbagai jenis masakan yang enak sehingga banyak yang menyukai bahan makanan ini.

Tidak hanya memasok ke restoran saja, namun jamur juga dapat di inovasi menjadi makanan olahan seperti nugget, pudding, keripik, dan lain sebagainya. Mengolah jamur menjadi sesuatu yang baru dapat dihargai lebih tinggi.

7. Tanaman Terrarium

Tanaman Terrarium

Terrarium hampir sama dengan hidroponik, bedanya terrarium dapat diletakkan di dalam wadah kaca. Terrarium biasanya digunakan untuk hiasan meja sehingga ukurannya tidak besar. Tujuan dari usaha ini adalah untuk mempercantik ruangan kantor dan lain sebagainya.

8. Tanaman Hidrogel

Di daerah perkotaan, orang menginginkan untuk bercocok tanam namun tidak ada lahan yang bisa dipakai. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah tanaman hidrogel.

Tanaman hidrogel merupakan salah satu jenis usaha pertanian dengan modal kecil. Media tanam ini berwarna-warni sehingga membuatnya unik. Bentuknya pun dingin seperti gel.

Sayangnya, tanaman ini hanya cocok digunakan di dalam ruangan. Tanaman ini juga tidak boleh tergenang air karena bisa membuat akarnya busuk.

Tidak semua tanaman bisa ditanam dengan hidrogel. Diantaraya kuping gajah, bambu cina, sirih belanda, rumput paying, hanjuang dan bambu rejeki.

9. Menjual Mesin Pertanian

Menjual mesin pertanian merupakan salah satu peluang usaha pertanian yang masih potensial di tahun 2019. Pasar yang dibidik adalah para petani atau peternak. Usaha ini tidak membutuhkan biaya yang besar.

Caranya adalah dengan menjadi reseller mesin pertanian. Pasarkan produk di berbagai toko atau media online. Sebelum mulai memasarkan, lakukan survei untuk memastikan mesin tersebut benar-benar berkualitas.

4 Peluang Usaha Ternak

Sebelum memulai bisnis, Anda tentu memikirkan bidang yang paling menguntungkan. Bisnis yang bisa memberi keuntungan harus punya peluang pasar yang bagus. Beternak merupakan bisnis yang baik, sebab peluang usaha ternak cukup besar.

Bisnis ini merupakan usaha yang menjanjikan di desa. Cakupan pasarnya juga cukup luas. Bidang bisnis ternak cukup banyak. Supaya tidak mengalami kegagalan, pilih yang paling sesuai dan ikuti tips untuk menjalankan usaha tersebut agar lebih cepat sukses.

1. Ternak Ayam

Usaha Beternak Ayam

Ternak ayam merupakan bisnis yang menjanjikan di masa depan dan paling cepat untung. Pasalnya, hampir sebagian besar orang membutuhkan hewan ini. Entah untuk dikonsumsi atau digunakan sebagai bahan baku produk makanan.

Berikut adalah tips sederhana memulai bisnis ini.

Menyiapkan Dana untuk Permodalan Awal

Siapkan modal yang cukup supaya usaha ternak tidak gagal di tengah jalan.

Berbicara tentang bisnis tentu tidak terlepas dari modal. Dalam menjalankan bisnis ternak ayam, Anda membutuhkan modal yang cukup banyak. Setidaknya, Anda membutuhkan dana jutaan rupiah untuk memulai bisnis ini.

Anda tidak perlu cemas jika modal tidak kembali alias merugi, sebab peluang usaha ternak ayam menjanjikan perputaran modal yang cukup cepat. Modal Anda nantinya digunakan untuk keperluan pembelian peralatan, hewan ternak, kandang, dan lainnya.

Persiapan Tempat

Saat hendak memulai bisnis ternak, Anda harus bersiap dengan lahan untuk pembuatan kandang. Sesuaikan lahan Anda dengan jumlah ayam yang akan dipelihara. Lahan harus cukup luas agar Anda bisa membuat kandang yang besar.

Saat akan membuat kandang, pastikan Anda membuat yang dilengkapi dengan berbagai peralatan, misalnya tempat makan, lampu untuk menghangatkan kandang ayam, tempat air, dan lain sebagainya.

Lingkungan yang Sesuai untuk Ayam

Ayam yang masih anakan membutuhkan lingkungan yang hangat dengan suhu yang pas. Ayam juga membutuhkan udara yang memadai. Jadi, pastikan kandang yang Anda buat memiliki sirkulasi udara yang bagus supaya ayam Anda tetap sehat.

Perawatan Rutin dan Menjaga Kesehatan Ternak

Pada 14 hari pertama, Anda harus mengawasi ternak Anda dengan baik. Hal ini dikarenakan, pada kurun waktu tersebut, hewan ternak biasanya sangat rentan jika kondisi lingkungannya tidak mendukung.

Untuk menjaga kesehatan ternak Anda, lakukan vaksinasi secara berkala sesuai waktunya. Jangan lupa untuk memberikan vitamin dan antibiotik pada ternak Anda supaya kesehatannya tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Ternak Kambing

Usaha Ternak Kambing
pixabay.com

Peluang usaha ternak kambing sangat menguntungkan. Akan tetapi, modal 1 juta rupiah tidak cukup untuk mengawali bisnis ini. Anda membutuhkan modal yang lebih besar. Supaya modal Anda tidak terbuang percuma, ikuti tips berikut ini.

Tentukan Jenis Kambing yang akan Diternakkan

Ternak kambing memang bukan bisnis budidaya unik, tetapi usaha ini bisa memberi hasil yang cukup besar seperti beternak sapi. Untuk mendapat untung, Anda harus memilih jenis kambing ternak yang sesuai. Jenis kambing untuk ternak yang paling sering dipilih, antara lain:

  • kambing etawa,
  • kambing gibas, dan
  • kambing etawa campuran atau peranakan.

Kambing untuk Pembibitan

Pemilihan bibit sangat penting untuk memastikan Anda mendapat hewan ternak yang berkualitas. Bibit kambing yang bermutu dicirikan dengan bulu yang terlihat kilap, bersih, dan berumur 8–12 bulan.

Selain itu, saat membeli Anda harus memeriksa bagian tubuhnya untuk memastikan bahwa kambing tersebut dalam keadaan sehat. Pilihlah kambing dengan garis punggung yang kokoh dan lurus. Kambing tidak mengalami kecacatan, lincah, dan bagian anus bersih.

Gunakan Pakan yang Bermutu

Kambing suka dengan tanaman hijau, terutama daun-daunan dan rumput. Sebelum memberikan pakan pada kambing Anda, jemur dahulu rumput dan daun dibawah panas matahari selama 2–3 jam. Setelah itu, baru berikan pada kambing ternak.

Anda juga bisa menambahkan bahan lain sebagai pakan ternak. Contohnya, Anda bisa memberikan ampas tahu, bekatul, atau ketela pohon yang dicincang. Tambahan pakan tersebut dapat memenuhi nutrisi kambing agar lebih gemuk.

Memanen Kambing Ternak

Kambing yang sudah dewasa bisa untuk diperdagangkan. Usahakan untuk memilih waktu panen saat berdekatan dengan hari Idul Adha supaya Anda bisa menjual dengan harga yang lebih memadai. Dengan begitu, keuntungan Anda bisa bertambah.

3. Ternak Bebek

Peluang Ternak Bebek
pixabay.com

Usaha pertanian memang cukup menarik, tetapi untuk memulainya lebih sulit daripada usaha ternak. Beternak bebek lebih sederhana dibandingkan pertanian atau ternak kelinci. Supaya Anda bisa mendapat untung yang optimal, lakukan tips berikut ini.

Ketahui Jenis Kandang Bebek

Kandang bebek ada beberapa macam. Anda harus tahu kandang yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis. Jenis kandang bebek dibagi berdasar daya tampung dan ukurannya. Kandang bebek DOD dapat diisi oleh 50 ekor.

Kandang untuk bebek remaja memiliki daya tampung hingga 16–100 ekor per kelompok. Kandang bebek untuk masa bertelur bentuknya berupa kotak kecil. Dalam satu kotak dapat diisi 1–2 ekor. Kandang yang berukuran lebih besar dapat memuat lebih banyak bebek dewasa.

Bersihkan Kandang

Kandang harus selalu bersih agar bebek bisa bertahan hidup dengan baik. Dalam seminggu, lakukan pembersihan paling tidak dua kali. Bersihkan juga kotoran dan sisa pakan yang menempel pada kandang bebek.

Cek Kesehatan Bebek Ternak

Bebek pedaging dan petelur harus diawasi kesehatannya. Untuk mengecek kesehatan ternak, Anda bisa memantau aktivitas bebek. Jika tidak bergerak aktif, kemungkinan bebek kekurangan vitamin. Bebek yang tidak mau makan bisa berarti sedang sakit.

4. Ternak Lele

Ternak Ikan Lele bagi Pemula
profitablefishfarming.com

Beternak lele membutuhkan modal yang mencukupi. Bisnis ini termasuk usaha modal 5 juta. Walau demikian, usaha ternak ini bisa menjadi bisnis untuk mahasiswa perikanan. Supaya modal Anda bisa kembali, lakukan beberapa tips ini.

Mencari Benih yang Bagus

Benih ikan lele harus dipilih yang ukurannya antara 5–7 cm. Usahakan memilih ukuran benih yang sama. Hal ini untuk memastikan pertumbuhan benih berada pada jangka waktu yang sama.

Air Kolam harus Terjaga Kualitasnya

Ketika hampir tiba musim panen, Anda tidak disarankan untuk mengganti air yang ada di kolam terpal. Hal ini untuk memastikan air kolam berada dalam kondisi yang tetap stabil. Jangan pula menggunakan sirkulasi karena bisa membuat kadar keasaman kolam berkurang.

Hindari Memberi Makan Lele Saat Hujan Turun

Pada waktu hujan turun, jangan memberi makan lele Anda. Hal ini dikarenakan air hujan dapat mencemari pakan lele dan menimbulkan zat asam. Jika hal tersebut terjadi, lele Anda bisa mengalami gangguan kesehatan.

Peluang usaha ternak dapat memberikan penghasilan yang memadai, asalkan Anda memilih bisnis ternak yang paling cocok dengan kemampuan atau minat. Lakukan juga tips-tips dalam beternak di atas agar Anda mendapat hasil yang terbaik.

7 Peluang Usaha Potensial Lainnya yang Harus Anda Coba

Bagi Anda yang sedang mencari ide usaha terbaru, berikut ini bidang bisnis potensial di tahun 2019 dan tentunya bisa dijalani oleh berbagai kalangan. Baik sebagai pemula maupun yang telah lama berkecimpung di dunia usaha.

1. Usaha Kuliner

Usaha Kuliner
Sumber: pixabay.com

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Permintaan manusia terhadap makanan tidak akan pernah surut selama mereka hidup.

Usaha kuliner merupakan usaha yang permintaan dari konsumennya terus sepanjang tahun. Bahkan di beberapa waktu tertentu, seperti bulan ramadhan, permintaannya akan meningkat drastis.

Hal yang harus diperhatikan jika Anda menekuni bisnis makanan ini adalah kemampuan untuk menyajikan rasa dan inovasi yang baru agar bisa bersaing dengan yang lain.

2. Peluang Usaha Rumahan

Ketika memilih bisnis rumahan yang potensial, diawali dengan menent, mukan ide bisnis yang tepat. Selanjutnya didukung oleh semangat dan tekad untuk berhasil.

Saat ini menentukan ide usaha rumahan yang tepat tidaklah sulit. Anda bisa mencari referensi di internet atau bertanya ke saudara dan kolega yang sudah terlebih dahulu memulainya.

Yang terpenting Anda harus jeli melihat peluang.

Jika masih bingung, bisa mulai dengan usaha katering, warung makan khas daerah, jasa cuci motor dan mobil serta laundry pakaian.

Bisnis rumahan tidak hanya sekedar usaha sampingan. Bahkan jika ditekuni dengan serius, usaha ini bisa menjadi bisnis utama yang memberikan penghasilan besar.

3. Bisnis Online

Bidang usaha potensial berikutnya adalah bisnis online. Bisnis yang berkaitan dengan internet ini sedang menjadi trend bagi generasi muda di Indonesia.

Bisnis online bersifat fleksibel. Tidak terikat dengan waktu. Anda dapat melakukannya kapan pun Anda mau. Tidak harus pergi ke kantor, bisa dikerjakan di rumah, tempat umum atau tempat lainnya yang memungkinkan. Selama Anda terkoneksi dengan internet.

Kegiatan usaha yang bisa dilakuan dari bidang bisnis online meliputi afiliasi dan trading, Blogger, Youtuber, penulis artikel, jasa penerjemah, jasa pembuatan web, pengembang aplikasi dan bisnis kreatif desain grafis.

Modal utama untuk menjalani bisnis ini adalah mampu beradaptasi dengan informasi yang sedang trend yang berhubungan dengan kegiatan usaha yang dijalankan saat ini.

4. Ide Usaha Kreatif

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses memang tidaklah mudah. Anda akan bertemu dengan tantangan baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya.

Belum lagi trend pasar yang berubah-ubah. Membuat Anda sebagai pengusaha harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Salah satu bidang usaha yang sesuai dengan perkembangan zaman adalah usaha kreatif.

Usaha kreatif berjalan dengan berdasarkan kemampuan sumber daya manusia untuk mengolah berbagai informasi, jeli melihat peluang yang ada di sekitarnya, berpikir kreatif dan keinginan yang tulus untuk membantu sesama.

Contoh ide bisnis kreatif usaha kerajinan dari rotan, bantak karakter dan membuat furniture dari barang bekas.

5. Usaha Modal Kecil

Masalah klasik yang sering muncul ketika akan memulai sebuah bisnis adalah keterbatasan modal. Jika masalah ini menimpa Anda, maka jalan keluarnya adalah memilih peluang usaha dengan modal kecil yang sudah terbukti menguntungkan.

Yang dimaksud dengan modal kecil disini, harus bisa memenuhi kebutuhan dana usaha yang akan Anda pilih. Selain modal berupa dana, modal lainnya yang tidak kalah penting adalah semangat untuk belajar, pantang putus asa dan kerja keras.

Contoh usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan sendiri adalah jualan pulsa elektrik, membuka les private, jasa menjahit pakaian dan warung sembako.

6. Bisnis Waralaba

Di Indonesia bisnis waralaba berkembang dengan pesat. Peluang suksesnya cukup besar karena mengandalkan sebuah brand yang sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat.

  • Bisa memulai bisnis lebih cepat. Tidak perlu membuka bisnis dari nol;
  • Mendapatkan pelatihan dan support;
  • Dipandu untuk menentukan lokasi yang strategis;
  • Mendapatkan brand yang terkenal. Anda tidak perlu lagi menciptakan dan membesarkan brand sendiri;
  • Mendapatkan bantuan promosi yang tepat;
  • Dukungan dari sesama rekan franchise.

7. Usaha untuk Pemula

Yang dimaksud pemula disini adalah orang yang baru pertama kali membuka usaha. Tentunya masih miskin dengan pengalaman bisnis. Ditambah lagi memiliki modal yang terbatas.

Jika tidak diawali maka tidak akan pernah mendapatkan pengalaman berharga untuk sukses. Untuk memulainya pilihlah jenis usaha yang tidak sulit untuk menjalankannya.

Pada tahap awal ini, sambil belajar mendapatkan pengalaman berusaha juga sebagai wahana untuk mendapatkan keuntungan. Jangan terpaku untuk harus mendapatkan untung besar.

Pelan-pelan saja. Ikuti dan nikmati prosesnya tahap demi tahap.

Lalu apa ide usaha yang cocok untuk pemula? Anda bisa memulainya dengan membuka usaha makanan ringan, warung makan sederhana, jual aksesoris HP, membuka toko online dan dropshiper.

Tips Memilih Peluang Usaha Terbaik yang Cocok untuk Anda

memilih bisnis yang menguntungkan

Adakalanya terlalu banyak pertimbangan dan khawatir gagal membuat Anda kesulitan memulai bisnis. Padahal, sering kali ide atau peluang usaha muncul dari hal yang sederhana dan tidak terduga.

Banyak hal yang luput dari perhatian Anda, sedangkan pasarnya sudah ada di depan mata.

Di sisi lain, memutuskan untuk memilih bidang bisnis tanpa pertimbangan yang matang bisa mengakibatkan malapetaka. Sehingga tidak sedikit yang malahan kemudian menyesal untuk berbisnis.

Tips memilih peluang bisnis berikut ini semoga bisa menjadi arahan supaya Anda tidak salah melangkah. Sehingga bisa memilih bidang usaha yang tepat untuk Anda.

1. Pilih Bidang Usaha Sesuai dengan Minat

Memilih bidang usaha yang sesuai dengan minat akan berpengaruh terhadap usaha yang Anda jalankan. Anda akan lebih bergairah ketika menjalankan usaha.

Misalnya jika Anda menyukai dunia fashion dan selalu update dengan trend saat ini, tentunya Anda akan lebih nyaman ketika memilih usaha di bidang fashion.

Apalagi jika usaha tersebut sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Setidaknya Anda akan lebih mengerti kegiatan usaha yang dijalankan.

2. Buat List Bidang Usaha yang akan Anda Pilih

Tips berikutnya adalah membuat list atau daftar bidang usaha yang sesuai dengan minat Anda. Kumpulkan sebanyak-banyaknya. Buat dalam catatan khusus dan kelompokkan.

Daftar tersebut bisa dijadikan daftar alternatif pilihan bisnis Anda. Lakukan analisa bisnis apa saja yang masih rendah tingkat persaingannya serta memiliki pasar yang luas.

3. Pelajari Bidang Usaha yang Anda Pilih

Pada tahap ini berarti Anda sudah menentukan mengenai bidang usaha yang akan jalankan. Segera pelajari segala hal yang berkaitan dengan bidang usaha tersebut.

Meskipun usaha yang dipilih telah sesuai minat, tapi hal itu bukanlah jaminan. Ada faktor-faktor lainnya yang harus Anda perhatikan.

Anda bisa mempelajari pengadaan bahan baku, pengolahan, teknik pemasaran yang tepat, target konsumen serta tingkat permintaan dari pasar.

4. Kenali Kebutuhan Pasar

Jangan memilih jenis usaha yang tidak ada pasarnya. Sebelum memulai usaha lakukan survei terlebih dahulu terhadap produk yang akan Anda jual. Walaupun hanya survei sederhana.

Bisa dengan browsing di internet, bertanya pada orang di sekitar kita maupun mencari sumber lainnya yang relevan. Catat peluang bisnis tersebut jika memang banyak dibutuhkan pasar.

5. Sesuaikan dengan Modal

Modal adalah hal yang vital ketika akan menjalankan sebuah usaha. Jangan memaksakan diri memilih suatu peluang usaha jika modalnya tidak mencukupi. Walaupun peluang tersebut sudah sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Jika modal yang dimiliki masih terbatas, pilihlah jenis usaha yang memerlukan modal kecil dan tidak memberatkan keuangan Anda.

Jangan gengsi!

Semuanya berawal dari kecil, jika terus digeluti dengan sungguh-sungguh maka usaha tersebut akan memberikan keuntungan yang optimal bagi Anda.

6. Lakukan Sekarang!

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, langkah terakhir yang paling penting adalah segera menentukan jenis usaha apa yang akan Anda pilih.

Bukankah sebuah perjalanan panjang dimulai dengan langkah pertama?

Jika ide yang diperoleh sudah banyak, informasi yang diperoleh sudah lengkap, tunggu apa lagi? Jangan jadikan ide dan informasi yang sudah capek Anda kumpulkan menjadi sia-sia.

Kesimpulan

Tentunya masih banyak peluang usaha menguntugkan lainnya yang bisa Anda pilih. Pada artikel ini hanya menyajikan sebagian bidang usaha saja. Yang paling utama adalah jalankan usaha dengan sungguh-sungguh.

Jangan mudah menyerah! Apalagi sampai putus asa …

Dengan semangat dan kerja keras tentunya akan mendatangkan keuntungan optimal sesuai dengan yang Anda harapkan. Semoga artikel ini bisa menjadi motivasi untuk Anda.