5 Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol sampai Sukses

Memulai Usaha Laundry dari Nol

Memulai usaha laundry dari nol masih bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu banyak, asal tahu tipsnya. Peluang usaha laundry di Indonesia sendiri begitu besar karena bisnis ini bisa dikerjakan baik sebagai usaha sampingan maupun penghasilan utama.

Selain itu, usaha laundry juga dapat dikerjakan oleh berbagai macam kalangan baik ibu-ibu rumah tangga, mahasiswa hingga pekerja kantoran.

Tips memulai usaha laundry dari nol sampai sukses

1. Merek sendiri atau franchise laundry
Di awal, Anda harus bisa memutuskan ingin membuka bisnis laundry dengan merek sendiri atau menggunakan franchise laundry misalnya dalam bentuk paket usaha laundry kiloan.

Keuntungan ikut franchise adalah merek yang sudah terkenal di masyarakat sehingga Anda tidak perlu repot promosi dari awal. Namun, memilih franchise berarti Anda tidak bisa berinovasi dan selain itu, Anda tidak bisa memiliki keuntungan 100%.

2. Menentukan target dan lokasi
Anda harus menentukan target konsumen yang ingin diincar karena ini pada akhirnya juga berpengaruh pada penentuan lokasi usaha laundry.

Misalnya saja, Anda menargetkan kalangan mahasiswa dengan begitu Anda coba cari sewa di lingkungan yang dekat kampus/kost-kostan yang banyak mahasiswanya.

Anda juga bisa menarget perhotelan, perkantoran, kawasan perumahan dan sebagainya. Dari sana, Anda juga harus bisa menentukan harga yang dapat dijangkau oleh kalangan target konsumen yang ingin dicapai.

3. Paket laundry
Cara membuka usaha laundry dengan melakukan analisa bisnis paket laundry. Misalnya, paket laundry kiloan akan lebih memberikan keuntungan banyak dibanding laundry satuan.

Mayoritas masyarakat Indonesia sendiri lebih memilih laundry kiloan daripada satuan karena dianggap lebih ekonomis alias murah dan juga praktis. Namun, laundry kiloan akan membuat Anda sangat sibuk karena pesanan yang menggunung.

Beda dengan laundry satuan atau per biji yang biasanya disewa oleh mereka yang ingin mencuci pakaian-pakaian berbahan khusus/mahal. Dari segala kelebihan dan kelemahan tersebut, Anda harus berani menentukan ingin buka paket laundry seperti apa: Apakah laundry kiloan atau per biji.

Peralatan Laundry yang Digunakan
www.pricebook.co.id

4. Peralatan laundry yang digunakan
Misalkan saja Anda memilih buka jasa laundry kiloan, maka Anda perlu mempersiapkan peralatan usaha laundry kiloan sebagai salah satu modal utama dalam buka bisnis laundry dari nol. Peralatan yang wajib dimiliki oleh bisnis laundry adalah mesin cuci serta setrika.

Kalau modal Anda hanya sedikit, maka Anda tak perlu membeli peralatan yang masih baru, Anda bisa lebih hemat jika beli peralatan second yang masih berfungsi dengan baik.

Harga mesin cuci bekas rata-rata pasarannya sekitar Rp 500 ribu – Rp 1 jutaan tergantung dari merek serta fitur yang ditawarkan. Mengenai berapa jumlahnya, itu juga perlu ditentukan dari awal.

Anda wajib melakukan promosi dengan atau tanpa franchise. Promosi untuk menyebarkan lokasi bisnis laundry Anda serta keunggulan layanan kepada orang banyak sesuai dengan target konsumen.

Promosi bisa dilakukan lewat media online seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll maupun lewat cara konvensional seperti spanduk, brosur, banner, poster dan masih banyak lagi.

Selain itu akan lebih baik lagi kalau kamu bisa menggandeng Grab atau Gojek sebagai mitra kerja dan promosi untuk bisnis Anda.

Hal yang paling penting dalam memulai usaha laundry dari nol adalah pelayanan yang berkualitas.

Anda harus bisa memberikan pelayanan yang konsisten dan memuaskan kepada para pelanggan yang sudah memakai jasa laundry Anda. Jika bisa melakukannya maka memulai usaha laundry dari nol hingga sukses bukanlah hal mustahil. Selamat mencoba.