27 Franchise Makanan Terlaris di Indonesia (Update 2019)

Di tengah maraknya dunia franchise makanan, apakah masih ada peluang di tahun 2019 untuk memulainya? Franchise makanan terbaik memang perlahan susah dicari.

Persaingan ketat, keinginan konsumer yang berubah-ubah, dan pasar yang sangat dinamis perubahannya adalah beberapa hal yang menuntut waralaba makanan untuk berkreasi lebih.

Apakah franchise makanan terlaris yang menjanjikan keuntungan masih ada dan dapat ditemui?

Ya. Masih ada peluang untuk Anda yang ingin memulai usaha waralaba, terutama di bidang makanan. Walaupun memang, tidak bisa kita pungkiri, peluang mendapatkan franchise terbaik semakin kecil.

Apalagi, kalau fokus Anda mencari waralaba makanan modal kecil.

Tapi, kabar baiknya adalah, modal bukanlah menjadi salah satu penentu sukses atau gagalnya bisnis franchise yang Anda rintis.

Walaupun memang, besarnya modal mencerminkan seberapa kuat dan besarnya franchise makanan yang Anda jalankan.

Apa maksudnya?

Saat ini, modal bukanlah menjadi sebuah kendala lebih untuk memulai usaha kemitraan. Para pemilik franchise semakin sadar akan hal ini dan mulai berkompetisi perihal harga jual dan beli franchise.

Bahkan, beberapa usaha waralaba makanan dibawah 10 juta juga masih menjadi salah satu peluang yang bisa Anda ambil.

Saat ini banyak muncul usaha makanan unik dan kreatif. Tapi, kalau melihat lebih dekat dan lebih dalam, apakah memang begitu faktanya?

Mungkin iya, mungkin juga tidak.

Tapi, setidaknya, dengan memilih franchise potensial, Anda sedang berada di jalur yang benar agar nantinya tidak jauh tersesat (rugi).

Berikut ini kami sajikan jenis-jenis franchise makanan berdasarkan prospek serta kisaran modal yang diperlukan. Silahkan dinikmati.

Franchise Makanan Murah di Bawah 5 Juta

Menarik melihat perkembangan dan kisaran harga franchise. Seakan-akan, pemilik franchise (franchisor) berlomba-lomba dan bersaing dengan harga pembelian franchise yang murah.

Apakah ini hal baik?

Di satu sisi, bila kita fokus pada harga yang ditetapkan pemilik franchise makanan murah, tentu ini menjadi hal baik untuk Anda yang baru terjun ke dalam dunia franchise dan ingin mencoba potensi pasar lebih dulu.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa melihat daftar franchise makanan dibawah 5 juta potensial berikut.

1. De Loyang Martabak, Cake & Brownis

Franchise Makanan di Bawah 5 Juta
Sumber: hesti-myworkofart.blogspot.com

Berjalan dari tahun 2008, franchise makanan satu ini masih stabil hingga sekarang. Badai franchise yang sempat menerpa bisnis ini bukan menjadi kendala, untuk waralaba yang satu ini, justru merupakan ajang pembuktian bahwa sistem yang ada pada franchise De Loyang adalah usaha kemitraan makanan yang stabil dan berkelanjutan.

Kurangnya informasi pada franchise ini membuat bahasan di sini tidak terlalu banyak. Untuk Anda yang tinggal dan menetap di Yogyakarta, tidak ada salahnya mengunjungi markas franchise ini di alamat berikut:

  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.62 Yogyakarta
  • Kontak: 0274 – 513324
  • Nama Brand: De Loyang Martabak, Cake & Brownies
  • Badan Hukum: CV. Adi Bangun Bangsa

2. Makaroni Banyak Rasa (Mabasa)

Franchise Makaroni Banyak Rasa
Sumber: mabasa.id

Salah satu usaha kemitraan makanan yang terbilang murah adalah Mabasa; Makaroni Banyak Rasa. Dari namanya, terdengar cukup unik. Untuk merek, nama Mabasa sendiri cukup unik, klasik, dan mencerminkan sesuatu yang menimbulkan rasa penasaran.

Berdiri tahun 2009 di Ciamis, Jawa Barat, sampai saat ini Mabasa masih hidup dan bertahan di tengah-tengah banyaknya waralaba yang mulai menjamur; apalagi waralaba makanan ringan.

Meskipun termasuk ke dalam golongan franchise makanan di bawah 5 juta, Mabasa menyediakan pilihan keagenan di luar kota Bandung dengan harga jual Rp 10.000.000.

Untuk Anda yang mantap dan melihat peluang, pilihan ini juga dapat Anda ambil untuk meraup keuntungan yang lebih dahsyat.

Untuk Anda yang tertarik membeli franchise Mabasa, Anda bisa mengunjungi situs resminya di sini: http://www.waralabamabasa.com/.

  • Alamat: Jl. Situ Lembang Baru No.9 Buah Batu – Bandung
  • Kontak: 022 – 60960909 / 0813 2131 2626
  • Nama Brand: Mabasa
  • Badan Hukum: Tidak diketahui.

3. Siomay Youlagi

Daftar Franchise Makanan Potensial
Makanan yang satu ini memang terkenal tidak pernah mati. Siomay masih menjadi favorit untuk banyak kalangan; bawah sampai tingkat teratas.

Nah, salah satu franchise makanan yang menarik perhatian adalah Siomay Youlagi.

Terdaftar sebagai hak intelektual semenjak 17 Mei 2013, Siomay Youlagi adalah makanan halal dengan target market yang beragam.

Siomay Youlagi sendiri punya beberapa paket keagenan dan franchise yang bervariasi. Kurang lebih, dari situs resminya (http://siomay-youlagi.com), ada tiga paket tersedia untuk Anda yang minat dengan franchise makanan di bawah 5 juta ini.

  • Alamat: Cimanggis, Depok
  • Kontak: http://siomay-youlagi.com/kontak
  • Nama Brand: Siomay Youlagi
  • Badan Hukum: Tidak diketahui.

Franchise Makanan Terlaris dibawah 10 Juta

Menariknya, beberapa waralaba makanan dibawah 10 juta masih sangat menarik dan cukup potensial. Dengan patokan harga di bawah 10 juta, apa saja yang bisa Anda dapatkan dan bagaimana potensinya? Mari kita lihat.

4. Donat Bakar (Dokar)

Franchise Makanan di Bawah 10 Juta
Sumber: donatbakar.com

Bila biasanya donat dibuat dengan cara kukus, bagaimana rasa dari donat yang dibakar? Sangat menarik dan bikin penasaran.

Inilah salah satu usaha franchise makanan yang satu ini memancing banyak orang yang sangat menunjukkan antusiasme dan minat tinggi.

Dengan modal beli franchise sebesar 7,5 juta sampai 9,3 juta, Anda sudah bisa membuka gerai donat bakar di kota tempat Anda tinggal; tentunya lokasi usaha yang potensial harus Anda cari lebih dulu untuk mendapatkan angka balik modal dan keuntungan lebih cepat, ya.

Bisnis ini didirikan oleh Iwan pada tahun 2008. Dengan bakat dan pengalamannya dalam dunia kuliner khususnya donat pada tahun 2003, Iwan memberanikan diri untuk membuka usahanya sebagai franchise.

Hasilnya?

Sama sekali tidak mengecewakan. Sampai saat ini, kurang lebih sudah terkumpul 63 mitra yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Iwan sendiri tidak tanggung-tanggung menjalankan usahanya, dirinya membuat lebih dari 40 varian rasa donat bakar, lho.

Untuk sebuah usaha kuliner tertentu, 40 lebih varian rasa adalah angka yang cukup banyak dan sangat tidak rasional. Tapi, dengan keahlian dan pengalamannya, Iwan berhasil mewujudkannya.

Untuk bergabung menjadi mitra donat bakar, Anda bisa mengunjungi laman: http://donatbakar.com/ untuk informasi lebih lanjut dan informasi tambahan lainnya.

5. Arumanis Rainbow

Melihat situs resminya, Arumanis Rainbow punya komitmen untuk menjual produknya dengan nilai yang tinggi dan estetika menarik. Dalam dunia digital, Arumaniw Rainbow punya sepak terjang yang baik dengan dukungan bisnis yang kuat.

Termasuk ke dalam franchise makanan, beberapa paket Arumanis Rainbow yang bisa Anda beli adalah sebagai berikut:

  1. Paket micro
  2. Paket silver
  3. Paket ferari
  4. Paket combo
  5. Paket diamond.

Masing-masing paket punya kelebihan tertentu; intinya, setiap paket akan berbeda dengan apa yang Anda dapatkan.

Sebagai contoh, bila Anda membeli paket franchise micro, Anda akan mendapatkan satu mesin dengan tiga outlet gantung. Sedangkan dengan paket diamond, Anda akan mendapat dua mesin dengan outlet, aksesoris, dan pendukung jualan yang sangat lengkap.

Untuk melihat informasi lengkapnya, Anda bisa mengunjungi: http://www.arumanisrainbow.com/.

  • Alamat: Raffless Hills Blok N5 No.15-16 , Cibubur, Jakarta Timur.
  • Kontak: 021.8431.1420 / 0812.100.4943.
  • Nama Brand: Arumanis Rainbow
  • Badan Hukum: Tidak diketahui.

6. Mi Goreng Umihantsa

Mi Goreng Umihantsa
Sumber: miegorengumihantsa.com

Franchise makanan selanjutnya adalah Mi Goreng Umihantsa. Mi Goreng ini adalah produk olahan mi mentah tanpa bahan pengawet serta kimia yang sudah berpengalaman selama 8 tahun. Selain itu Mi Goreng Umihantsa juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Produk usaha ini menawarkan perjanjian kerja sama bagi para pengusaha yang ingin menjadi reseller, agen, atau pun distributor produk mi mereka.

Selain itu, jika kamu ingin membuka usaha mi goreng sendiri, maka Umihantsa bisa menyediakan stok kebutuhan bahan dasar untuk kamu.

Perkiraan laba yang bisa dihasilkan dari jualan Mi Goreng Umihantsa dalam sebulan mencapai Rp. 6 juta jika produk yang dijual mencapai 800 bungkus mi.

7. Bakso Celup

Bila makan bakso tidak terasa nikmat tanpa menggunakan mangkuk, hal ini tidak berlaku untuk franchise makanan bakso celup; sebuah terobosan yang sangat menarik.

Bukan itu saja, bakso celup juga menyediakan berbagai varian rasa yang semakin membuat banyak kombinasi menarik dalam usaha kuliner terutama bakso.

Pernahkah Anda mencoba bakso dengan kuah rasa keju, pecel jagung, dan lainnya? Terdengar aneh memang, tapi untuk perihal rasa…

… sangat enak!

Dengan modal 7 juta saja, Anda bisa menjadi mitra dan mulai menjajakan bakso bakar. Ada juga paket lainnya, semisal Anda ingin mempunyai restoran sendiri misalkan, dengan modal 80 juta, Anda sudah bisa menjadi mitra profesional yang menyajikan berbagai rasa bakso setara dengan restoran.

8. Janggut Naga Crepes

Di benak Anda saat mendengar lekker atau crepes pasti terbayang kue yang terbuat dari tepung dengan topping yang manis.

Ya bukan?

Beda dengan Janggut Naga, sajian crepes satu ini tidak menggunakan isian manis sperti susu, coklat mieses, selai dan toping-toping lainnya, melainkan ditaburi dengan isian yang serba pedas.

Biaya investasi yang ditawarkan, usaha ini termasuk kedalam waralaba makanan murah, karena hanya dibandrol sebesar Rp 7.5 juta.

Selain itu, juga ada paket kemitraan master franchise untuk yang bermodal lebih, paket ini dihargai Rp 85 juta.

Dengan modal itu, pemitra tidak akan dikenakan biaya royalty ataupun franchise fee. Sehingga 100% penghasilan yang didapatkan oleh mitra bisa dinikmati sendiri.

Tertarik menjadi mitra dan butuh informasi lebih detil? Kunjungi halaman ini: http://janggutnaga.com/.

Waralaba Makanan Menjanjikan dibawah 50 Juta

Jika Anda memiliki modal pada rentang 10 – 50 juta, ada banyak usaha kemitraan makanan yang dapat dipertimbangkan. Tinggal kejelian Anda untuk bisa memilih dan menentukan waralaba yang cocok.

9. Ayam Geprek Si Boss

Franchise Ayam Geprek Si Boss
Sumber: traveloka.com

Sesuai dengan konsep layanan profesional, jujur, antusiasame dan pengabdian, franchise ayam Geprek Si Boss bertekad untuk bisa memberikan pelayanan terbaik serta kemitraan untuk jangka panjang bagi klien.

Waralaba Geprek Si Boss menyajikan ayam dengan khas rasa yang gurih sebagai menu utamanya yang ditunjang dengan sambal mulai level 0 sampai 10 dengan harga yang terjangkau.

Biaya investasi yang ditawarkan bisnis franchise ayam geprek ini dihargai sebesar Rp 48.600.000 dengan proyeksi balik modal kisaran waktu 6 – 12 bulan. Ada 2 jenis paket kemitraan yang ditawarkan, yaitu:

  • Kelola pusat dengan mitra mendapatkan 30% dari laba bersih.
  • Kelola sendiri dengan biaya royalti 5% per bulan dari total laba kotor.

10. Ayam Strong – Franchise Olahan Ayam Goreng Renyah

Usaha ayam goreng crispy ini memiliki keunikan jika dibandingkan dengan usaha kuliner sejenis. Ayam strong menawarkan 6 (enam) varian rasa ayam goreng sebagai pilihan. Yaitu original, saus pedas, sambel geprek, geprek mozarella, saus keju dan double cheese.

Harga menu waralaba ayam strong sangat terjangkau oleh masyarakat luas. Mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 19.000. Mudah diperoleh dan hadir dengan booth yang sederhana.

Untuk menjadi mitra usaha ayam strong, Anda harus mempunyai anggaran Rp 34.000.000 ditambah 10% PPN. Selain itu, Anda juga harus sudah mempunyai tempat atau lokasi untuk berjualan.

Setidaknya ada 4 (empat) yang bisa dijadikan perimbangan untuk memilih usaha franchise makanan ini.

  • Produk unik. Memiliki banyak pilihan rasa yang berbeda sehingga bisa bersaing dengan usaha ayam goreng lainnya.
  • Menggunakan teknologi canggih. Produk dikemas dengan standar Food Grade Packaging. Diolah dengan higienis dan tentunya HALAL.
  • Keuntungan Besar. Dengan varian produk yang dimilikinya, usaha ayam goreng ini mempunyai margin yang luar biasa potensial.
  • Cepat BEP. 100% keuntungan penjualan akan menjadi milik Anda dan bebas biaya rotalti.

Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung melalui web ayamstrong.com.

Rekomendasi Usaha Waralaba Makanan Terbaik

Bagi Anda yang masih pemula dan baru mulai bergabung dalam bidang usaha ini pastikan melakukan riset dan analisis terlebih dahulu sebelum memilih waralaba makanan yang akan dijalankan.

Banyak sekali opsi yang diberikan oleh pemilik waralaba mulai dari paket harga dan potensi harga jual yang variatif.

Berikut ini adalah daftar waralaba makanan terbaik yang paling diminati di tahun 2019.

11. Waralaba Murah Pota Potatoes

Franchise Murah Pota Potatoes
Sumber: www.potapotatoes.com

Merk dari produk kentang ini dimiliki oleh CV. Pioni Adya Group. Produk kentang ini merupakan franchise makanan murah dan potensial karena memiliki banyak potensi konsumen yang banyak menyukai makanan dari kentang ini.

12. Franchise Raozen

Franchise Raozen
Sumber: www.facebook.com/Raozen

Raozen adalah bumbu ekstrak dan makanan yang dibungkus dalam bentuk kemasan yang di produksi dengan menggunakan bahan yang berkualitas. Bumbu ini cocok sekali untuk orang yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi yang tidak sempat memasak makanan sehat. Harga franchise bisnis ini hanya 40 juta rupiah.

13. Franchise Ramen Setan

Franchise Ramen Setan
Sumber: www.ramensetan.co.id

Waralaba ramen setan adalah menjual ramen jepang kemudian mengkombinasikan rasanya dengan cita rasa nusantara yang menghasilkan ramen dengan cita rasa Indonesia. Untuk waralaba makanan ini ditawarkan cukup murah yakni hanya 15 juta rupiah.

14. Franchise Edam Burger

Franchise Edam Burger
Edam burger merupakan franchise bidang kuliner yang paling laku dan menguntungkan. Pasalnya, banyak masyarakat menyukai makanan jenis burger ini. Investasi awal untuk membuka usaha makanan ini adalah sebesar 3 sampai 5 jutaan saja. Dengan harga tersebut kita sudah dapat meja, counter, spanduk, dsb.

15. Franchise Mendem Duren

Pertama kali didirikan pada tahun 2009 oleh Agung Nugroho serta Anne Kartika di Yogyakarta. Mendem Duren memiliki arti mabuk durian. Dalam perkembangannya mereka berhasil melebarkan sayapnya ke berbagai pulau di Indonesia.

16. Franchise JohnFresh

Produk ini terinspirasi dari produk roti asal singapura yang terkenal. Dengan bantuan chef profesional, akhirnya berhasil tercipta produk roti johnfresh dengan berbagai macam variasi dan dengan konsep roti yang menarik dan tematik. Harga untuk membuka franchise makanan ini adalah 59 juta rupiah.

17. Franchise Sosis Dinamit

Sosis dinamit adalah pengembangan dari sosis basah asal solo yang diolah dengan higienis dan modern. Dengan tetap mempertahankan cita rasa tradisionalnnya, sosis dinamit yang awalnya hanya dijual dengan dititipkan dipasar kini telah menjadi terkenal dan meledak. Untuk memiliki franchise ini anda hanya dikenakan 10 juta rupiah.

18. Franchise Balcon (Bebek, Ayam, Lele Corner)

Berbeda dengan franchise ayam geprek yang hanya mengandalkan ayam sebagai olahan utamnya, franchise makanan ini memiliki tiga olahan utama, yaitu bebek, ayam, dan ikan lele.

Semuanya dengan diolah secara higenis dan menggunakan bumbu-bumbu yang memiliki tingkat kesegaran yang tinggi membuat balcon ini menjadi sangat terkenal.

19. Franchise Tela Krezz

Franchise makanan ini merupakan salah satu tipe yang paling kreatif dalam pembuatannya. Menggunakan ketela sebagai bahan bakunya namun dapat diubah menjadi snack mewah bercitarasa tinggi yang cocok untuk semua masyarakat. Karena bahan bakunya cukup murah maka modal untuk melakukan usaha ini juga cukup terjangkau.

20. Franchise Donat Kentang

Donat merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Dengan jumlah penggemar yang cukup banyak, tentu saja keberadaan bisnis ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia.

Terdapat beberapa gerai yang membuka gerai mereka dan mencari mitra usaha. Seperti waralaba donat kentang P-Do, kita hanya membutuhkan modal 7 jutaan saja untuk membuka usaha ini.

21. Franchise Fresh Corn

Usaha waralaba makanan modal kecil yang satu ini memerlukan modal cukup kecil karena bahan pembuatan produknya murah juga.

Produk yang dijual menggunakan jagung sebagai bahan utama yang kemudian disajikan dengan keju serta susu sebagai toppingnya. Dengan rasa yang manis dan aroma menggoda, tentu akan banyak yang menjadi pelanggan.

22. Franchise Lenong Rumpi

Franchise ini bertemakan resto dengan konsep pedesaan. Tempat ini muncul pertama pada tahun 2013 di kota malang. Pada perkembangannya tempat ini menjadi tempat kesukaan anak muda dan terus berkembang dan menjadi terkenal.

23. Franchise Kebab Turki Baba Rafi

Bisnis kebab turki baba rafi ini sudah membuka ratusan gerai dari pertama kali berdiri sampai sekarang. Karena memang peluang yang dimiliki bisnis kebab ini cukuplah besar.

Karena makanan jenis ini merupakan jenis makanan cepat saji yang digemari oleh masyarakat, tentu saja pada akhirnya bisnis jenis ini cukup digemari oleh masyarakat dan cocok untuk mencari keuntungan yang besar

24. Franchise K-Patat

Bisnis ini merupakan bisnis makanan dengan produk kentang goreng. Banyaknya gerai yang dibuka oleh bisnis ini menjadi bukti akan keberhasilan yang dimiliki oleh bisnis jenis ini.

Dengan modal cukup kecil, kita dapat mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda sehingga menjadi salah satu bisnis sasaran oleh pengusaha waralaba di Indonesia.

25. Franchise Tahu Brintik Crispy

Selain memiliki rasa yang enak, ternyata makanan ini juga memiliki gizi yang baik bagi tubuh. Tidak heran kalau makanan ini cukup terkenal di kalangan masyarakat.

Bisnis yang dikelola oleh CV. Boga Jaya ini merupakan usaha yang menguntungkan dan menggunakan modal yang kecil. Sehingga bisnis ini cocok untuk dijadikan usaha sampingan oleh kita.

26. Franchise Ayam Bakar Wong Solo

Saat ini usaha makanan berbahan baku ayam, seperti franchise ayam geprek, ayam goreng ataupun ayam bakar memang digemari oleh seluruh masyarakat Indonesia. Karena itulah muncul waralaba yang satu ini menyajikan menu berbagai macam ayam bakar maupun goreng.

Sehingga menjadikan waralaba ini menjadi bisnis tersukses di Indonesia. Bisnis ini merupakan bisnis jenis rumah makan yang dapat membawa kesuksesan selama kita dapat mencari tempat yang strategis.

Alternatif lainnya bisa memilih franchise ayam geprek.

27. Franchise Tahu Jeletot Taisi

Satu lagi franchise dengan bahan utama tahu namun disajikan dengan berbagai isian yang unik. Menariknya Anda hanya memerlukan modal 10 juta saja untuk bergabung dengan franchise ini serta mendapatkan omset sekitar 1 juta setiap harinya.

Setelah kita melihat yang menguntungkan dan bermodal kecil, selanjutnya tergantung pada diri kita sendiri untuk menentukan waralaba makanan modal kecil mana yang akan kita bangun sebagai usaha kita.

Apakah 5-100 Juta Adalah Modal Awal Sukses Bisnis Franchise Makanan?

Tidak dipungkiri memang, modal masih menjadi sebuah kendala untuk beberapa individu yang ingin terjun langsung ke dunia bisnis; terutama bisnis franchise. Tapi, kalau pertanyaannya adalah:

“apakah 5-100 juta adalah modal awal tetap untuk memulai terjun ke bisnis waralaba makanan dan mendulang kesuksesan?”

Bisa iya. Bisa juga tidak.

Menurut saya pribadi, ukurannya bukanlah modal. Sukses atau tidaknya bisnis yang Anda geluti, apapun itu, tidak terlihat dari modal awal yang Anda keluarkan.

Untuk awal perjalanan bisnis Anda, modal memang sebuah keharusan yang menjadi kendala di awal, namun bukan akhir yang bisa Anda jadikan patokan.

5-10 juta adalah sebuah ketetapan yang diterapkan pemilik franchise makanan. Kalau memang modal yang ditetapkan belum dapat Anda penuhi, mungkin usaha franchise kuliner tersebut memang bukan untuk Anda.

Ada jalan lainnya…

… Anda bisa memulai franchise dengan modal awal yang tidak terlalu berat, ada beberapa franchise yang menetapkan pembelian franchise sebesar 2-3 juta saja, kok.

Apakah kalau Anda mengambil franchise makanan dengan modal minim berarti Anda susah untuk mendapat keuntungan jutaan rupiah per bulan? Siapa bilang…

… kesuksesan Anda tidak ditetapkan dari modal awal yang dikeluarkan; melainkan komitmen Anda menjalani bisnis. Fokus adalah kuncinya.

Kesimpulan

Kalau Anda kebingungan mencari waralaba makanan terlaris tahun 2019, coba ubah perspektif Anda. Makanan terlaris di suatu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya. Anda bisa menjadikan hal ini sebuah patokan.

Semisal Anda tinggal di Semarang dan melihat franchise makanan potensial yang sangat laris di Jakarta, apakah Anda berpikir bahwa makanan tersebut juga laku dan laris di Semarang? Belum tentu.

Riset masih perlu Anda lakukan, terutama riset di lapangan secara langsung dan menyeluruh.

Alih-alih mencari franchise makanan terlaris, lebih baik mencari franchise yang menjual makanan dengan potensi “lebih diterima” di daerah tempat Anda tinggal.

Dengan perspektif seperti ini, akan banyak perubahannya. Bukan hanya mengubah cara Anda menetapkan modal ketika ingin membeli franchise, melainkan juga mengubah cara Anda melihat keseluruhan bisnis franchise makanan dari hulu ke hilir.