Intip Dulu Daftar Franchise Makanan Murah Terbaru

Franchise Makanan Murah

Tren franchise makanan murah sepertinya sudah bukan barang baru lagi dalam dunia bisnis, terlebih dalam jenis bisnis kuliner. Saat ini sudah banyak bisnis-bisnis kuliner yang tumbuh dengan mengusung model franchise sehingga bisa berkembang menjadi bisnis yang besar.

Modal yang harus dikeluarkan pengusaha untuk menjalankan franchise pun bermacam-macam besarannya. Mulai dari angka jutaan hingga miliaran. Semuanya tergantung kepada potensi jangka panjang bisnis itu sendiri.

Umumnya, modal untuk memulai sebuah franchise digolongkan menjadi dua, yaitu waralaba modal tinggi dengan besaran biaya mulai dari Rp. 50 juta hingga Rp. 1 miliar, dan waralaba modal murah yang bahkan hanya berjumlah Rp. 2 juta saja. Nah, jika anda sedang tertarik untuk memulai franchise makanan murah dan laris, mungkin daftar waralaba makanan di bawah ini bisa menjadi rujukan untuk anda.

Donat Bakar (Dokar)

Pada posisi pertama ada produk kuliner donat bakar yang menawarkan biaya kemitraan mulai dari Rp. 7,5 juta hingga Rp. 9,3 juta. Bisnis donat bakar dirintis oleh Iwan Chrismanto sejak 2008 lalu. Iwan Chrismanto sendiri adalah pembuat donat berpengalaman yang sudah menggeluti usaha ini mulai dari tahun 2003 lalu. Idenya untuk membuat donat bakar tercetus saat ia ingin menyajikan donat yang benar-benar berbeda dari donat-donat lainnya yang ada di pasaran. Setelah melalui eksperimen panjang, terciptalah donat bakar dengan 42 varian rasa.

Donat bakar saat ini sudah memiliki 66 cabang di seluruh Indonesia yang mana 3 di antaranya milik Iwan sendiri dan sisanya merupakan hasil franchise atau kemitraan. Sang pemilik, Iwan, menjanjikan bahwa mitranya bisa mendapatkan kembali modal franchise tersebut hanya dalam waktu satu bulan saja.

Perhitungannya seperti ini. Harga satu buah donat berkisar antara Rp. 1.500 hingga Rp. 2.000. Hitunglah sehari donat bakar bisa terjual hingga 250 buah, maka pemasukan kotor sehari berkisar antara Rp. 375.000 hingga Rp. 500.000. Jumlah tersebut jika dikalikan sebulan akan menghasilkan pemasukan sebesar Rp. 11.250.000 hingga Rp. 15 juta. Untung yang tidak sedikit bukan?

Waralaba Makanan Modal Kecil
Sumber: foody.id

Bowl Ice Cream

Franchise makanan murah selanjutnya adalah bowl ice cream. Berpusat di Yogyakarta, bowl ice cream adalah sajian es krim jenis gelato dengan berbagai varian rasa. Besarnya modal awal yang harus dikeluarkan untuk bisa menjadi mitra dari bowl ice cream berkisar antara Rp. 6 juta hingga Rp. 16 juta.

Pihak bowl ice cream akan memberikan perlengkapan penjualan berupa satu unit gerobak, satu set peralatan lengkap berisi mixer, boks es, es pak, centong es krim, tempat es krim, dan lain-lain. Juga disediakan bahan-bahan pembuat es krim seperti bubuk es krim, cone, topping, seragam karyawan, alat promosi, hingga alat quality control.

Bowl ice cream menjanjikan balik modal bagi mitra dalam jangka waktu 2-3 bulan dengan syarat mitra mampu menjual 60 hingga 85 es krim per harinya. Keuntungan kotor yang bisa didapat oleh mitra berkisar antara Rp. 4 hingga 6 juta per bulannya.

MOSCO Blend

Franchise selanjutnya adalah MOSCO Blend. MOSCO Blend merupakan merek bagi sebuah produk olahan minuman iceblend yang sempat menerima penghargaan Franchise Startup Award pada ajang IFBC 201 lalu. Ada beberapa paket kemitraan yang ditawarkan oleh MOSCO Blend yaitu paket tanpa booth, paket booth indoor, dan paket booth outdoor. Semuanya dipatok pada kisaran harga antara Rp. 5 juta hingga Rp. 10 juta. Anda bisa memilih paket mana yang sekiranya sesuai dengan budget yang anda miliki.

Saat ini sudah ada sekitar 300 mitra MOSCO blend yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk perhitungan balik modal yang dirancang oleh MOSCO Iceblend, mitra diperkirakan bisa mendapatkan modalnya kembali dalam waktu 2 sampai 3 bulan setelah usaha berjalan tergantung dengan lokasi pemasarannya. Jika membuka booth MOSCO Blend di dekat sekolah, maka kemungkinan MOSCO Blend terjual per harinya mencapai 50 cup dengan harga satuan Rp. 6.500. Maka keuntungan kotor per bulan mencapai Rp. 9.750.000 dan jika sudah dipotong dengan biaya operasional maka bisa didapatkan hasil bersih sebesar Rp. 3.200.000.

Mi Goreng Umihantsa

Franchise yang termasuk dalam daftar waralaba makanan modal kecil selanjutnya adalah Mi Goreng Umihantsa. Mi Goreng Umihantsa adalah produk olahan mi mentah tanpa bahan pengawet serta kimia yang sudah berpengalaman selama 8 tahun. Selain itu Mi Goreng Umihantsa juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Produk usaha ini menawarkan perjanjian kerja sama bagi para pengusaha yang ingin menjadi reseller, agen, atau pun distributor produk mi mereka. Selain itu, jika anda ingin membuka usaha mi goreng anda sendiri, maka Umihantsa bisa menyediakan stok kebutuhan bahan dasar anda. Perkiraan laba yang bisa dihasilkan dari jualan Mi Goreng Umihantsa dalam sebulan mencapai Rp. 6 juta jika produk yang dijual mencapai 800 bungkus mi.

Mi Goreng Umihantsa
Sumber: miegorengumihantsa.com

Galaxy Pertamini

Mungkin anda sudah akrab dengan pertamini yang saat ini sudah banyak terdapat di sudut-sudut jalan. Ternyata ada juga versi waralaba dari bisnis pertamini ini. Adalah Galaxy Pertamini yang menyediakan kerja sama antara para pengusaha yang ingin membuka franchise dengannya.

Bisnis ini berpusat di Depok dan menawarkan 4 paket pom mini yaitu Fit, Bima, Nova, dan Orion. Perbedaan mendasar antara keempat paket tersebut terletak pada jenis booth dan pompa pom yang akan diterima oleh mitra nantinya. Modal yang dibutuhkan untuk menjalin kemitraan dengan Galaxy Pertamini berkisar antara Rp. 9.7 juta hingga Rp. 20 juta.

Daycinno

Franchise dengan modal murah selanjutnya datang dari jenis minuman. Daycinno, adalah sebuah merek bagi produk minuman kopi instan yang sangat digemari kawula muda sekarang. Daycinno adalah produk minuman kopi instan yang diperkenalkan pada tahun 2012 lalu dan berada di bawah naungan Daycinno Coffe&CO.

Saat ini, Daycinno sudah memiliki lebih dari 500 mitra franchise di seluruh Indonesia. Untuk biaya kemitraan, Daycinno menyediakan beberapa pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan budget pengusaha yaitu paket tanpa booth yang dipatok dengan harga Rp. 5.5 juta, paket dengan booth seharga Rp. 9 juta, dan paket komplit Island dengan harga Rp. 35 juta.

Bakso Celup

Berada di urutan terakhir daftar franchise makanan 2018 adalah bakso celup. Usaha ini termasuk dalam daftar franchise makanan murah karena hanya dibutuhkan modal awal sebesar Rp. 5 hingga 7 juta saja. Bakso celup menghadirkan inovasi baru dalam penyajiannya, yaitu dengan mengisi bakso sesuai dengan varian rasa yang tersedia. Ada rasa keju, rasa pedas, pecel jagung, hingga polos. Selanjutnya, bakso akan dihidangkan bersama dengan sphagetti dan mi goreng sebagai pelengkapnya.

Demikianlah daftar franchise makanan murah yang bisa anda jadikan rujukan. Betapapun modalnya, tetaplah jiwa pebisnis yang harus dipupuk supaya bisa menjalankan bisnis dengan baik dan benar.

Leave a Comment