Cara Berbisnis Franchise Laundry Agar Sukses

Franchise Laundry

Franchise laundry memberi kemudahan bagi siapa saja yang ingin membuka usaha sendiri namun bisa populer seketika. Memang bisnis ini bukanlah usaha yang termasuk baru di Indonesia karena sudah banyak sekali orang yang membuka jasa laundry. Tapi bisnis ini dapat memberikan keuntungan lumayan apalagi kalau Anda bisa membukanya di lokasi yang tepat/strategis.

Awalnya usaha ini lebih sering merambah masyarakat golongan menengah ke atas. Tapi seiring berjalannya waktu, usaha laundry mulai mendapatkan banyak pelanggan dari pekerja kantoran serta mahasiswa bahkan ibu-ibu rumah tangga yang terlalu sibuk sampai tak bisa mencuci sendiri.

Kelebihan Berbisnis Franchise Laundry
laundryjakarta.com

Kelebihan berbisnis franchise laundry

Ada beberapa kelebihan bisnis franchise laundry yang mungkin bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan:

  1. Jika Anda berencana membuka bisnis franchise, maka biasanya pihak franchisor sudah punya akses dan perhitungan modal sendiri dengan biaya-biayanya. Dari sana dapat dihitung besar modal yang dibutuhkan dan risikonya, jadi lebih gampang.
  2. Pihak franchise bisa masuk ke usaha laundry dengan nama merek yang sudah terkenal sehingga cepat populernya. Merek yang ada juga sudah dikenal masyarakat luas sebagai merek yang kredibel layanannya sehingga mereka tak ragu memakai jasa laundry Anda.
  3. Franchisor juga tidak segan memberikan bantuan kepada Anda mengenai sistem manajerial, pemilihan lokasi yang tepat, desain fasilitas ruangan laundry, prosedur pengoperasian, pemasaran, pembelian dan sebagainya.
  4. Jika franchisor berbentuk perusahaan, maka franchise biasanya juga mendapatkan pelatihan khusus untuk meningkatkan skill dalam berbisnis agar usaha makin sukses. Jadi semacam bimbingan dan panduan yang terus menerus dari pihak franchisor agar usaha laundry yang dijalankan juga semakin besar.
  5. Anda tidak memerlukan dana yang begitu besar untuk melakukan promosi atau marketing karena usaha franchise bisa populer seketika. Bahkan jika pihak franchisor mengadakan iklan baik di media sosial, billboard, ataupun media iklan mana saja maka biasanya mereka juga turut mencantumkan tempat usaha laundry Anda. Jadi Anda mendapatkan iklan secara gratis.
  6. Umumnya risiko dalam berbisnis franchise lebih kecil daripada membuka usaha dengan merek sendiri.

Selain itu, biasanya mereka yang melakukan usaha laundry dengan cara franchise mendapatkan beberapa bantuan lainnya, seperti:

  • Seleksi tempat buka usaha laundry
  • Pembelian peralatan
  • Penyeleksian staff/karyawan
  • Persiapan rencana perbaikan gedung dan fasilitasnya agar desainnya sesuai
  • Bantuan membuka bisnis di awal agar usaha berjalan lancar

Kelebihan-kelebihan di atas bisa dipertimbangkan saat Anda ingin buka usaha franchise laundry di Indonesia. Selain beberapa kelebihan di atas, sebetulnya ada juga kelemahan saat Anda ingin buka usaha laundry dengan cara franchise.

Salah satu kelemahannya adalah franchise tidak memiliki ruang untuk melakukan inovasi baru bagi bisnisnya sebab semua sistem dan cara kerja ditentukan oleh franchisor. Jika ingin mengusulkan ide baru, maka harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari franchisor tersebut.

Lalu mengenai barang atau alat laundry beserta dengan harga biasanya sudah ditentukan sendiri oleh franchisor. Jadi franchise tidak bisa menentukannya sendiri.

Tujuan penentuan dari franchisor ini yaitu demi menetapkan standar layanan di semua gerai franchisor. Padahal tidak semua franchise yang dibuka berada di lingkungan bisnis yang sama sehingga banyak juga franchise yang merasa bahwa harga dan barang yang ditetapkan tidak terlalu sesuai dengan gerai usaha laundrynya.

Cara Membuka Usaha Franchise Laundry
washingfactory.com

Cara membuka usaha franchise laundry yang harus dilakukan

Anda bisa membuka usaha laundry lewat franchise dengan beberapa cara yang bisa diikuti berikut ini:

1. Melakukan survey

Langkah pertama yaitu melakukan survey, misalnya saja Anda ingin membuka franchise laundry kiloan. Maka Anda harus mensurvey beberapa franchise terpercaya yang bisa diajak bekerjasama.

Jika minat dan respon masyarakat akan franchise tersebut sangatlah bagus bahkan melebihi 80% sendiri, itu berarti peluang usaha laundry jadi sukses dari franchise tersebut termasuk besar.

Jadi, pastikan bahwa Anda melakukan survey mengenai mitra franchise yang ingin dipilih.

Anda bisa mendapatkan informasi lewat forum-forum di internet/media sosial. Bisa juga datang langsung dan bertanya di salah satu gerai franchise terdekat di kota Anda dan sebagainya.

2. Menentukan jenis usaha franchise yang ingin dibuka

Ada banyak sekali jenis usaha laundry yang bisa dibuka di Indonesia dan tidak melulu hanya laudry kiloan. Selain itu, ada juga jenis usaha franchise laundry sepatu maupun koin.

Tentukan jenis usaha franchise apa yang ingin dibuka. Saat ini usaha laundry kiloan memang yang paling banyak digemari sehingga saingannya juga ketat.

Sementara itu laundry koin membutuhkan modal yang besar karena biasanya harus menyediakan banyak mesin cuci, itulah sebabnya Anda juga harus mempertimbangkan elemen-elemen tersebut.

3. Pelajari dan tentukan modal

Franchisor biasanya akan memberikan kepada Anda sebuah perhitungan modal jika ingin membuka usaha laundry dengan merek dagangnya.

Dari sana, Anda juga harus mempelajari semua persyaratan yang diberlakukan termasuk soal berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry tersebut.

Namun, jangan pernah memasakkan diri kalau ternyata modal yang diajukan oleh sang franchisor tak sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Cobalah cari merek franchise yang lainnya.

4. Menentukan lokasi usaha laundry

Hal yang paling penting dalam menjalankan usaha laundry adalah menentukan lokasi yang strategis. Biasanya franchisor juga akan membantu Anda menyeleksi kebutuhan lokasi sebagai tempat membuat gerai laundry yang baru.

Persiapkanlah lokasi yang matang, Anda bisa membuka di rumah sendiri maupun menyewa sebuah ruko tergantung anggaran/budget yang ada. Beberapa tempat yang strategis antara lain seperti dekat perkantoran, kost-kostan, dan perhotelan.

5. Persiapkan hal-hal teknis

Setelah mendapatkan tempat yang sesuai dan strategis. Inilah saatnya menyiapkan hal-hal teknis lainnya seperti sistem operasional, melakukan rekrutmen karyawan/pegawai laundry, mendesain ruang usaha sesuai desain yang diberikan oleh franchisor, membeli kebutuhan barang-barang seperti mesin cuci, dan sebagainya.

Persiapkan dengan sebaik mungkin, bahkan lakukan pelatihan kepada karyawan yang telah direkrut tersebut.

6. Melakukan soft opening

Kalau bisnis franchise sudah siap beroperasi maka tak ada salahnya melakukan soft opening terlebih dahulu. Di awal usaha, mulailah tetap melakukan promo-promo sendiri selain dibantu oleh sang franchisor.

Misalnya saja Anda membuka franchise laundry koin, maka Anda bisa mengiklankan usaha tersebut melalui media sosial memang yang kini merupakan cara marketing terbaik, cepat dan mudah.

Di masa soft opening ini juga jadi bahan review bagi Anda seandainya sebelum grand opening, masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Anda bisa meminta saran dan kritik kepada beberapa pelanggan yang telah mencoba layanan atau jasa Anda selama soft opening.

Setelah semuanya dirasa sudah baik, silakan mulai lakukan grand opening dan jalankan bisnis laundry Anda hingga sukses.

7. Pertahankan pelayanan

Jika bisnis laundry Anda dapat berkembang secara pesat dan banyak orang yang menggunakan jasa Anda, maka itu berarti layanan serta keterampilan para karyawannya memuaskan. Pertahankan hal tersebut agar bisnis bisa berjalan dalam jangka panjang.

Perkiraan Modal Membuka Franchise Laundry
www.commlife.co.id

Perkiraan modal membuka laundry dengan franchise

Mungkin Anda tertarik membuka bisnis franchise laundry murah, tapi masih bingung dengan perincian modalnya. Sebetulnya modal yang diperlukan tergantung dari masing-masing franchisor. Ada yang menawarkan kemudahan bisnis laundry di bawah 10 juta, tapi ada juga yang di atas angka tersebut.

Di bawah ini hanya sedikit gambaran mengenai perkiraan jumlah modal saat Anda ingin buka usaha laundry lewat franchise. Misalnya saja sebagai pemula, Anda baru akan membuka satu gerai laundry dan menarget ingin membuka usaha laundry dengan anggaran masih di bawah 10 juta. Berikut perhitungannya:

  • Mesin cuci = Rp 1.200.000,-
  • Rak pakaian = Rp 200.000,-
  • Alat setrika = Rp 200.000,-
  • Timbangan = Rp 50.000,-
  • Hanger dan jepitan pakaian = Rp 150.000,-
  • Meja serta kursi = Rp 200.000,-
  • Ember berukuran besar = Rp 50.000,-
  • Spanduk berukuran 2 meter = Rp 100.000,-
  • Alat/barang lainnya = Rp 500.000,-
  • Alat administrasi (nota, karbon, buku, dll) = Rp 200.000,-
  • Gaji karyawan 1 orang = Rp 800.000,-
  • Bahan mencuci (Deterjen, sabun, parfum, dll) = Rp 400.000,-
  • Air, listrik, plastik dan tali = Rp 400.000,-
  • Sewa ruangan/bangunan = Rp 5.000.000,-

Total modal yang harus dikeluarkan dari pengeluaran-pengeluaran awal di atas adalah Rp 9.450.000. Ini merupakan sedikit gambaran jika Anda berencana ingin membuka usaha franchise laundry kiloan di bawah 10 juta.

Tentunya gambaran modal di atas bisa berubah tergantung di wilayah/area mana Anda berencana membuka bisnis laundry.

Selain itu elemen-elemen lainnya seperti gaji karyawan, berapa buah mesin cuci yang ingin dibeli dan biaya sewa ruangan juga tergantung dari survey yang Anda lakukan.

Kunci sukses dalam membuka usaha laundry secara franchise

Biasanya keuntungan yang didapat dari usaha laundry dengan franchise tergantung kesepakatan, karena biasanya ada sebagian dari laba bersih yang didapat harus diberikan kepada franchisor dan sisanya untuk franchise biasanya sekitar 25-30 persen.

Sukses tidaknya membuka bisnis laundry tergantung dari kesepakatan Anda dengan franchisor. Carilah franchisor yang persyaratan dan kesepakatan pembagian labanya benar-benar menguntungkan dan sesuai kemauan Anda.

Selain itu, Anda juga harus konsisten dalam menjalankan usaha baik dalam hal layanan yang baik serta harga yang terjangkau.

Lalu, mengapa lebih baik memilih usaha laundry dibandingkan dengan membuka sendiri bisnis laundry dari nol?

Kalau Anda tidak mau repot dan cepat-cepat ingin mendapatkan pelanggan yang setia, maka sebaiknya Anda memilih usaha franchise daripada memakai merek sendiri yang belum dikenal khalayak ramai.

Dan dari segi modal, sebenarnya sama saja antara membuka usaha sendiri dengan menggunakan franchise karena itu tergantung dari survey untuk memilih merek franchise yang Anda lakukan.

Kalau Anda adalah pemula dan belum tahu cara bagaimana membuka usaha laundry agar bisa sukses, maka sebaiknya memilih laundry dalam bentuk franchise.

Waralaba laundry di Indonesia sendiri sudah sangat booming, misalnya saja franchise Bio Clean Laundry, Super Wash Laundry, dan masih banyak lagi. Pilihlah franchise laundry yang memang sesuai dengan budget Anda termasuk persyaratan yang diberikan oleh sang franchisor sehingga dari awal membuka bisnis diharapkan semuanya berjalan dengan lancar.