Analisa dan Peluang Bisnis Franchise Kebab

Franchise Kebab

Bisnis franchise kebab kini telah mempermudah mereka yang ingin membuka usaha tanpa harus repot memulai semuanya dari nol. Hal ini karena sifat franchise yang dapat mempergunakan nama/merek yang sudah dikenal luas di lapisan masyarakat sehingga penjualan pun jadi lebih mudah karena telah dipercaya.

Namun, Anda juga tetap harus mempersiapkan modal atau anggaran yang dikeluarkan untuk buka usaha kebab sesuai dengan kesepakatan bersama franchisor. Berikut akan kami bantu dengan memberikan gambaran analisa dan peluang usahanya.

Apa itu kebab?

Kebab adalah nama untuk jenis makanan yang isiannya terdapat daging kemudian dibungkus dengan kulit tortilla. Hidangan jenis ini berasal dari daerah Timur Tengah yakni Negara Turki.

Meski asalnya dari luar Indonesia, namun di tengah masyarakat kita mulai bermunculan usaha kebab yang nyatanya menawarkan cita rasa cocok di lidah masyarakat tanah air.

Terbukti dari banyaknya booth dan stand makanan kebab saat ini.

Peluang Usaha Franchise Kebab di Indonesia
swara.tunaiku.com

Peluang usaha franchise kebab di Indonesia

Peluang usaha franchise kebab terlaris memang sangatlah menguntungkan. Hal ini karena selain banyak orang yang menyukai cita rasa kebab itu sendiri, jika memilih bisnis waralaba maka Anda tak perlu repot lagi promosi dari awal.

Berikut beberapa alasan kenapa peluang usaha dari jualan kebab lewat franchise sangat menguntungkan:

  1. Kebab tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca karena bisa dinikmati pada saat cuaca dingin maupun hangat. Hal ini memungkinkan jualan tetap berjalan laris kapan saja.
  2. Usaha waralaba kebab dapat dilakukan oleh siapa saja baik mahasiswa, pegawai, hingga ibu-ibu rumah tangga. Usaha ini cocok dijadikan bisnis sampingan atau utama.
  3. Membuat bisnis kebab melalui franchise/waralaba pada tak membutuhkan budget yang terlalu banyak sebab franchisor sudah menghitung paket penawaran tersendiri untuk membuka bisnis kebab dengan mereknya. Anda bisa memilih yang sesuai anggaran.
  4. Cara membuat kebab tak perlu keahlian khusus sehingga Anda bisa menjalankannya sendiri atau melatih pegawai dengan mudah. Apalagi, biasanya bahan-bahan dan resep sudah disediakan dari franchisor.
  5. Rata-rata orang menyukai cita rasa kebab sehingga kebab bisa dikonsumsi dan menjangkau semua lapisan masyarakat. Peluang untuk bisnis laris manis jadi makin tinggi. Bahkan kebab cocok ditawarkan untuk berbagai macam acara, tidak hanya dijual di stand satuan.

Itulah beberapa alasan mengapa peluang usaha dari kebab melalui franchise begitu menguntungkan. Kalau Anda tertarik buka bisnis sampingan maka tak ada salahnya mencoba waralaba kebab.

Memang saat ini bisnis kebab banyak diminati, tapi peluang usahanya tetap bagus di tengah-tengah masyarakat.

Analisa Bisnis Franchise Kebab
analisausaha.biz

Analisa bisnis franchise Kebab

Bagi Anda yang tertarik buka bisnis kebab murah, maka berikut analisa bisnis dan perkiraan anggaran yang kira-kira akan dikeluarkan:

1. Lokasi kebab

Saat membuka usaha kebab, modal pertama yang harus dilakukan adalah mencari lokasi yang strategis. Mencari lokasi ini nantinya bisa untuk membuka stand kebab dengan cara sewa.

Solusi lain adalah membuka usaha kebab di rumah sendiri, sehingga tak perlu mengeluarkan biaya sewa dengan syarat rumah Anda berada di tempat yang strategis.

2. Gerobak usaha

Umumnya kebab di Indonesia dibuka dengan membuat suatu stand makanan atau gerobak makanan. Kebanyakan mereka yang menawarkan usaha waralaba kebab biasanya sudah memperhitungkan berapa biaya yang harus digunakan untuk membuat gerobak usaha.

3. Peralatan memasak

Selain gerobak, pebisnis juga perlu menyediakan peralatan memasak kebab. Contohnya seperti kompor, tabung gas, saringan, gril kebab, pisau, tiang gantung daging, container saus, botol, capitan, wajan kebab, wajan burger, sarung tangan plastik, piring lipat tortilla, dll.

4. Bahan utama kebab

Anda juga perlu mempersiapkan biaya untuk membeli bahan-bahan utama membuat kebab seperti: daging sapi segar, roti burger, roti tortilla, daging sosis, bawang bombay, tomat, saus tomat, saus sambal, daun selada, mayonaise, mentega, roti maryam, roti hotdog, dsb.

5. Pembungkus

Kebab biasanya dibungkus satuan dan sebaiknya pembungkus dibuat dengan desain cetakan yang menarik. Karena Anda memilih waralaba, maka biasanya franchisor sudah menyediakan desain pembungkus yang digunakan untuk membungkus kebab.

Kadang juga sudah menyediakan pembungkusnya yang tinggal diberikan kepada franchise yang sudah termasuk ke dalam paketan waralaba kebab.

Harga pasaran kebab sendiri rata-rata sekitar Rp 18.000 – Rp 30.000 yang ditentukan dari ukuran isinya.

Kebab biasanya dijual per porsi pada sebuah stand makanan franchise. Kalau kita ingin menghitung anggaran dan keuntungan dari usaha kebab ini, maka berikut perkiraannya.

Investasi dan pengeluaran

  • Booth/gerobak = Rp 2.000.000
  • Sewa tempat = Rp 500.000
  • Kompor dan gas = Rp 200.000
  • Alat panggang/gril = Rp 200.000
  • Wajan dan panci = Rp 150.000
  • Alat masak = Rp 250.000
  • Botol dan wadah saus = Rp 100.000
  • Bahan baku kebab = Rp 4.000.000
  • Gaji karyawan = Rp 1.500.000
  • Total = Rp 8.900.000

Penerimaan/penjualan

  • Penjualan per hari, misal 50 kebab (per porsi Rp 18.000) = 50 x Rp 18.000 = Rp 900.000
  • Penjualan per bulan = 30 hari x Rp 900.000 = Rp 27.000.000

Balik modal serta keuntungan/ laba di awal

Dari hasil berjualan kebab maka laba yang didapat adalah: Rp 27.000.000 – Rp 8.900.000 = Rp 18.900.000
Tentunya laba per bulan selanjutnya, Anda tidak perlu lagi membeli gerobak dan peralatan memasak karema terdapat biaya penyusutan.

Perhitungan di atas hanyalah gambaran dan mengenai berapa kebutuhan anggaran yang sebenarnya serta keuntungan yang bisa didapatkan itu bergantung dari paketan franchise kebab murah yang Anda pilih dan sepakati dengan franchisor.

Selain itu jelas berapa jumlah kebab yang bisa Anda jual per harinya beserta dengan harga kebab yang ditawarkan.

Cara Membuka Bisnis Waralaba Kebab
www.franchiseglobal.com

Cara membuka bisnis waralaba kebab

1. Membuat kesepakatan yang baik

Carilah lisensi atau waralaba kebab yang terpercaya dengan beberapa macam paket modal. Dari sana Anda bisa membuat kesepakatan yang baik dengan franchisor. Ada begitu banyak bisnis franchisor kebab Turki yang bisa dipilih dengan merek yang sudah terkenal.

2. Memilih lokasi strategis

Beberapa lokasi strategis yang bisa dipilih antara lain yang dekat dengan kampus, perkantoran, atau di shopping mall. Pastikan memilih lokasi yang banyak orang untuk mendirikan booth kebab Anda. Mengenai biaya sewanya juga harus ditentukan dari awal sesuai anggara.

Anda dapat memilih mau buka stand kebab di pinggiran jalan atau di shopping mall dengan berbagai kelebihan dan kelemahan berikut ini:

Shopping mall

  • Kelebihan: Mencapai target konsumen yang tepat, sudah pasti dikunjungi banyak orang dan kelihatan mentereng.
  • Kelemahan: Biaya sewanya lebih mahal daripada di pinggir jalan/rumah sendiri, banyak pesaing booth makanan lainnya dan bahkan kadang di 1 mall ada yang menawarkan produk sejenis cuma beda merek.

Pinggir jalan

  • Kelebihan: Biaya sewanya lebih murah, jika pintar bisa mencari lokasi yang strategis dan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
  • Kelemahan: Kurang mentereng dan terkadang ijin bukanya sangat susah.

Selain di shopping mall dan pinggir jalan, Anda juga bisa membuka di rumah sendiri ataupun ruko/kios tergantung dari modal yang dimiliki.

3. Pilih paketan yang sesuai budget

Pastikan Anda memiliki anggaran yang cukup ketika hendak membuka bisnis kebab. Umumnya 1 franchisor memiliki beberapa paketan franchise yang ditawarkan pada mereka yang ingin bekerjasama. Paketan tersebut tergantung dari fasilitas yang didapatkan. Pilihlah paketan yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Misalnya: Ada franchisor yang menerapkan paketan franchise dengan booth atau tanpa booth. Paketan dengan booth pasti modal awalnya akan lebih tinggi dibandingkan tanpa booth. Itu perlu dipikirkan masak-masak, ada yang menawarkan paket kebab di bawah 5 juta rupiah dan ada juga yang menawarkan paket kebab modal mahal yang sampai di atas 10 jutaan lebih.

4. Tetap melakukan promosi

Salah satu keuntungan dalam berbisnis franchise adalah Anda akan dibantu oleh franchisor dalam melakukan promosi. Tapi ini bukan berarti Anda tidak perlu melakukan apapun karena agar usaha Anda lebih dikenal dan orang-orang tahu lokasinya, maka Anda juga harus tetap melakukan promosi. Bisa lewat media sosial (medsos) ataupun cara beriklan konvensional lainnya dalam memasarkan usaha franchise kebab corner Anda.

5. Jaga konsistensi pelayanan

Paling penting dalam membuka usaha kebab adalah menjaga konsistensi pelayanan yang baik bahkan kalau bisa ditingkatkan.

Biasanya franchise memiliki sistem kerja dan layanan yang sudah diatur dari franchisor, tapi Anda tetap harus memastikan kalau karyawan yang menjaga stand tersebut dan mengerjakan layanan langsung ke pembeli dapat menjaga konsistensi pelayanan mereka yang berkualitas.

Itulah beberapa cara sukses dalam membuka suatu usaha makanan dalam hal ini kebab yang dapat dilakukan sebagai bisnis tambahan/sampingan maupun usaha utama. Sebaiknya Anda mencari franchisor yang berkualitas dan sudah banyak dikenal.

Kelebihan Berbisnis Kebab Lewat Franchise
tokokebab.com

Kelebihan berbisnis kebab lewat franchise

Dalam membuka usaha kebab lewat franchise/waralaba, terdapat beberapa kelebihan seperti:

  • Bisa langsung terkenal
  • Sudah ada perhitungan modal sendiri
  • Dibantu promosi oleh franchisor
  • Bahan dan resep yang digunakan sudah dari franchisor
  • Desain, sistem kerja dan layanan sudah dari franchisor
  • Dibantu pelatihan oleh franchisor

Selain itu, ada juga franchisor yang selalu memberikan pelatihan dan seminar untuk peningkatan pelayanan. Biasanya hal tersebut dilakukan oleh para franchisor yang sudah berskala besar seperti perusahaan. Maka dari itu, pastikan Anda memilih kemitraan yang tepat dan jangan asal.

Perhatikan proposal franchise kebab dari franchisor dalam memutuskan.

Survey mitra franchise untuk kesuksesan berbisnis jangka panjang

Untuk mendapatkan mitra yang tepat, Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu sebelum membuat kesepakatan. Survey dapat dilakukan lewat media internet maupun datang langsung ke kantor utama franchise yang ada.

Dari sana, Anda bisa mencari tahu mengenai review dan testimoni mereka yang sudah pernah melakukan kerjasama. Selain itu, lihat juga fasilitas paketan yang ditawarkan.

Anda juga jangan ragu untuk menanyakan informasi kepada franchisor kala melakukan survey. Hal ini penting untuk membandingkan franchise kebab yang satu dengan franchise/merek kebab lainnya.

Akan lebih baik jika Anda mencari franchise yang belum banyak membuka cabang tapi sudah dikenal oleh masyarakat luas ataupun kelihatan prospektif sehingga belum banyak pesaingnya. Demikianlah informasi mengenai usaha kebab melalui bisnis franchise, semoga bermanfaat.