Inilah Cara Memulai Bisnis Franchise Ayam Geprek

Franchise Ayam Geprek

Meskipun tingkat perekonomian masyarakat Indonesia cenderung stagnan, tetapi makan tetaplah kebutuhan pokok. Oleh karena itu, bisnis kuliner termasuk salah satu bisnis yang tak pernah surut. Tak heran jika banyak orang melirik bisnis yang satu ini. Bahkan ada yang sampai berhasil mendirikan ratusan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Menilik dari makanan yang saat ini tengah digandrungi banyak kalangan adalah ayam geprek. Sudah banyak sekali franchise ayam geprek yang sukses diterima oleh lidah masyarakat. Salah satunya adalah franchise ayam geprek bensu yang sudah membuka 100 cabang dalam kurun waktu kurang lebih setahun.

Jadi, tidak ada salahnya jika kalian turut ambil bagian dari mereka, atau kalian juga bisa mendirikan brand franchise ayam geprek sendiri. jika kalian masih bingung bagaimana cara memulainya, jangan khawatir! Simak saja artikel berikut ini agar kalian dapat pencerahan mengenai bisnis yang menjanjikan ini.

Langkah Memulai Bisnis Ayam Geprek

Untuk memulai bisnis ayam geprek, ada beberapa langkah yang sebaiknya kalian lakukan agar bisnis kalian dapat membuahkan hasil. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buatlah Rencana Bisnis

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat business plan atau rencana bisnis. Ini dilakukan sebelum kalian merealisasikan bisnis ayam geprek. Perencanaan ini harus benar-benar dipikirkan dengan matang agar jika ada kendala nantinya kalian bisa menemukan jalan keluar dengan cepat. kalian bisa mempelajari perihal rencana bisnis ini melalui buku atau artikel yang bertebaran di dunia maya.

2. Pilihlah Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi dimana kalian akan mendirikan warung ayam geprek sangatlah krusial. Karena keberadaan lokasi akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis kalian. Semakin mudah diakses biasanya akan semakin diminati masyarakat. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang paling strategis dan ramai oleh pengguna jalan. Jika hal ini sulit dilakukan, jangan berkecil hati karena di zaman serba teknologi segalanya lebih mudah dan dekat. Daftarkan saja warung kalian ke jasa pengiriman makanan online yang sekarang lagi hits seperti Go Food dan Grabfood.

3. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Setelah kalian mendapatkan lokasi yang cocok, kini saatnya kalian mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi ayam geprek. Peralatan yang kalian butuhkan tentunya peralatan masak seperti kompor dan gas, wajan, pisau, talenan, dan rice cooker. Kalian juga perlu mempersiapkan peralatan makan untuk pengunjung seperti piring, gelas, sendok, garpu, meja, dan tentunya kursi. Semua peralatan tersebut bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan di pasar. Jadi, kalian tidak usah bingung mencarinya.

4. Siapkan Juga Media Promosi

Dalam sebuah bisnis, media promosi menjadi salah satu hal yang paling berperan dalam menentukan keberhasilan bisnis kalian. Makanya, menyiapkan media promosi sangat penting. Dengan bantuan media sosial, kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif dilakukan untuk memperkenalkan produk kalian kepada masyarakat karena jangkaunnya lebih luas serta waktu tidak memerlukan banyak waktu. Jadi, buatlah akun resmi untuk ayam geprek kalian dan mengelolanya semenarik mungkin agar banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi akun kalian.

Selain melalui media sosial, kalian juga bisa tetap melakukan promosi secara konvensional untuk lebih memaksimalkannya, yaitu dengan menyebaran brosur dan spanduk. Jangan lupa untuk memberikan promo harga tertentu sebagai penambah daya tarik.

Waralaba Ayam Geprek Murah
Sumber: bukalapak.com

Estimasi Anggaran untuk Memulai Bisnis Ayam Geprek

Untuk memulai sebuah bisnis, tentu ada anggaran yang harus dikeluarkan untuk menyiapkan segalanya. Nah, jika kalian penasaran berapa sih kira-kira modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ayam geprek, berikut akan kami berikan rinciannya:

1. Modal Awal

Modal awal yang harus kalian keluarkan adalah kurang lebih Rp. 7.500.000. anggaran tersebut diperlukan untuk menyiapkan peralatan-peralatan yang diperlukan. Untuk lebih rinci, modal tersebut sudah mencakup peralatan masak dan makan senilai Rp. 3.500.000. Lalu, biaya pembelian meja dan kursi senilai Rp. 2.500.000, media promosi sejumlah Rp. 3.500.000, dan biaya lain-lain Rp. 1.000.000.

2. Biaya Operasional

Biaya operasional meliputi gaji 2 karyawan Rp. 4.000.000 dan sewa tempat Rp. 1.000.000. selain itu, biaya bahan baku dan bumbu senilai Rp. 10.000.000, Gas Rp. 150.000, serta listrik dan air Rp. 300.000. jadi estimasi untuk biaya operasional sendiri adalah Rp. 15.950.000.

Perlu diketahui, rincian estimasi anggaran diatas bisa saja berbeda, tergantung lokasi dari bisnis itu sendiri. dari rincian modal tersebut, estimasi omzet yang bisa kalian peroleh perbulan mencapai Rp. 38.400.000 dengan harga jual per porsi Rp. 20.000 dan estimasi penjualan perhari sebanyak 80.000. Jadi, laba bersih yang kalian dapatkan setelah omzet perbulan dikurangi biaya operasional adalah Rp. 22. 450.000. Bagaimana? Sangat menggiurkan bukan?

Cara Franchise Ayam Geprek Bensu
Sumber: travel.tempo.co

Strategi Bisnis Ayam Geprek

Untuk memaksimalkan penjualan dari bisnis franchise ayam geprek, kalian juga membutuhkan beberapa strategi agar dapat bersaing dengan yang lain. Ini sangat penting mengingat persaingan bisnis ayam geprek semakin ramai. Berikut strategi bisnis ayam geprek yang bisa kalian lakukan:

1. Tawarkan Menu yang Bervariatif

Jika kalian hanya menawarkan menu ayam geprek biasa saja, para pengunjung bisa saja merasa bosan. Jadi, ada baiknya kalian memberikan menu alternatif seperti variasi olahan ayam, jamur, tahu dan tempe, serta ikan. Kalian juga bisa menawarkan variasi jenis sambal dan juga level pedasnya agar setiap orang bisa memilih sesuai selera mereka. Selain itu, tambahan variasi topping juga salah satu ide terbaik untuk menarik minat pembeli. Jadi, buatlah franchise ayam geprek kalian seinovatif dan sevariatif mungkin agar cakupan pembelinya lebih luas. Jangan lupa untuk tetap menjaga kualitas makanan yang kalian hidangkan agar kepercayaan pembeli tetap terjaga.

2. Branding Franchise Ayam Geprek Sebaik Mungkin

Membuat branding sama dengan membangun imej agar produk yang kalian tawarkan melekat di pikiran banyak orang. Semakin unik branding yang kalian buat, maka kemungkinan diterima oleh masyarakat luas semakin besar. Misalnya, kalian bisa membranding franchise ayam geprek kalian dengan franchise ayam geprek murah dan lezat atau franchise ayam geprek modern. Kalian bisa merefleksikannya melalui logo, jargon, desain tempat, pengemasan, dan pemasaran.

3. Bangun Hubungan Baik dengan Masyarakat

Istilah pembeli adalah raja agaknya memang benar. Tanpa pembeli, bisa dipastikan usaha kalian akan gulung tikar juga. Oleh karena itu, berikanlah pelayanan terbaik untuk mereka agar franchise ayam geprek kalian bisa menjadi andalan mereka. Dengan pelayanan yang baik serta didukung produk yang berkualitas, dijamin akan banyak orang yang menjadi pelanggan setia kalian.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis ayam geprek yang sangat potensial ini. Jika kalian enggan memulai dari awal, kalian bisa bergabung dengan franchise ayam geprek yang sudah mempunyai pelanggan setia seperti ayam geprek pak gembus, ayam geprek bensu, ayam geprek si boss, ayam geprek kampus, dan sebagainya. Estimasi modal yang diperlukan berbeda-beda tetapi hampir sama dengan perincian modal diatas. Jangan takut untuk memulai dan semoga sukses!

Leave a Comment