4 Bisnis untuk Mahasiswa Keren yang Bisa Dikerjakan secara Daring (Cocok bagi yang Punya Modal Minim)

Bekerja tidak harus menunggu sampai lulus kuliah. Sebagai mahasiswa, Anda bisa memulai usaha sedini mungkin. Saat ini ada berbagai pilihan bisnis untuk mahasiswa. Anda bisa menentukan sendiri bidang bisnis yang paling sesuai.

Salah satu bidang usaha yang menjanjikan serta tepat untuk digeluti mahasiswa adalah bisnis daring. Perkembangan bisnis ini makin luas dan bisa mencakup banyak hal seputar jasa dan produk. Berikut ini beberapa di antaranya.

Bisnis Daring Tanpa Modal yang Pas untuk Mahasiswa

Saat ingin memulai usaha, biasanya hal yang jadi penghambat adalah modal kecil. Sebagai mahasiswa, Anda pasti merasakan hal yang sama. Untungnya, ada bisnis daring yang bisa dijalankan tanpa perlu modal besar.

1. Membuat Video di Youtube

Banyak anak muda masa kini yang suka dengan hiburan berkonsep visual. Jadi, tidak heran jika Youtube sangat sering ditonton orang. Selain sebagai media hiburan, Youtube dapat menjadi ladang penghasilan bagi Anda.

Supaya bisa berkecimpung dalam ide usaha kreatif ini, Anda harus membuat video untuk diunggah dalam akun Youtube. Akun Anda nantinya bisa disetel monetisasi sehingga bisa dipasangi iklan. Penghasilan Anda bisa berasal dari pemasang iklan, jumlah subscriber, dan sponsor.

Anda tidak membutuhkan banyak modal asalkan sudah memiliki perangkat pendukung yang memadai. Pastikan juga Anda memiliki konten video yang menarik dan unik. Dengan begitu, Anda bisa menjaring banyak penonton dan subscriber.

2. Menjadi Buzzer

Buzzer bertugas untuk membagikan suatu informasi atau unggahan ke media sosial. Penghasilan dihitung berdasarkan banyaknya unggahan dan penyebaran informasi yang Anda lakukan. Bidang ini juga bisa jadi bisnis sampingan karyawan.

Bayaran menjadi seorang buzzer cukup memuaskan. Rata-rata mahasiswa yang menekuni bidang ini bisa mendapat uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bisnis ini termasuk mudah untuk dijalankan dan sangat sesuai bagi Anda mahasiswa tingkat akhir.

3. Ikut Jadi Responden di Survei Berbayar

Usaha satu ini bisa dilakukan siapa saja, termasuk mahasiswa. Entah Anda berasal dari jurusan kedokteran atau pertanian, Anda bisa melakukan bisnis ini. Anda cukup bergabung menjadi responden di beberapa penyedia survei berbayar berbasis daring.

Survei berbayar biasanya digunakan oleh kalangan pengusaha atau pendidik untuk menghimpun data responden. Survei berbayar tersebut akan memberikan sejumlah uang atau hadiah kepada responden dengan suatu ketentuan.

Bisnis ini cukup menguntungkan. Anda tidak memerlukan modal uang untuk bisa menjadi responden survei berbayar. Bisnis untuk mahasiswa ini cocok bagi Anda yang sibuk. Pasalnya, untuk mengisi sejumlah survey, Anda hanya perlu meluangkan beberapa menit saja.

4. Kerja Sama Menjadi Dropshipper

Jika merasa usaha kuliner atau bisnis lainnya memerlukan modal yang besar, Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai solusinya. Menjadi dropshipper cukup mudah, sebab ada banyak pemilik usaha yang membuka tawaran ini.

Dropshipper merupakan pekerjaan yang tidak membutuhkan modal. Anda tidak harus memiliki produk sendiri. Dalam bisnis ini, Anda hanya bertugas memasarkan barang, sedangkan pengiriman akan dilakukan pemilik produk dengan menggunakan nama Anda.

Bisnis untuk mahasiswa ini bisa memberikan Anda keuntungan yang memadai. Asalkan, Anda bisa mendapat banyak pesanan dan mempromosikannya dengan baik. Perhitungan keuntungan dari bisnis ini berasal dari akumulasi selisih harga dari produk yang Anda jual.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Pebisnis Pemula

Hal yang Harus Diperhatikan Pebisnis Pemula

Bisnis tidak bisa dijalankan dengan asal-asalan. Dalam memulai bisnis, Anda harus memiliki berbagai pertimbangan yang matang. Sebelum Anda memulai bisnis daring, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Pemasaran yang Tepat

Dalam bisnis, pemasaran mengambil peranan penting, khususnya untuk bisnis yang baru dirintis. Konsumen akan lebih tertarik dengan bisnis yang sudah dikenal. Jadi, sangat penting untuk Anda memasarkan bisnis melalui berbagai media.

Saat awal memulai, Anda bisa menggunakan media sosial untuk mengenalkan bisnis. Penggunaan media sosial untuk memasarkan bisnis cukup efektif bagi promosi usaha Anda. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menggunakan media sosial.

2. Fokus pada Tujuan yang Ingin Dicapai

Peluang bisnis daring memang sangat beragam. Meski begitu, Anda sebaiknya memilih bisnis yang paling diminati. Tentukan target bisnis yang ingin Anda penuhi. Kemudian, jalankan bisnis agar target bisa terpenuhi.

3. Produk atau Jasa

Dalam bisnis daring, Anda bisa menawarkan produk barang atau jasa. Jika Anda ingin menjual barang, pastikan Anda memilih produk yang berkualitas. Usahakan memilih produk yang banyak dibutuhkan orang.

Apabila ingin menawarkan jasa, Anda harus memiliki keahlian khusus pada suatu bidang. Jika merasa tidak menguasai suatu keterampilan tertentu, Anda bisa memilih beberapa bisnis jasa seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cara Membangun Bisnis Daring yang Menguntungkan

Bisnis Daring yang Menguntungkan

Pilihan bisnis ada banyak macamnya, mulai dari bisnis rumahan sampai daring. Bisnis daring lebih cocok untuk mahasiswa. Diperlukan beberapa hal supaya bisnis daring dapat memberi keuntungan yang memadai.

1. Buat Bisnis yang Menarik Perhatian

Dalam bisnis daring, persaingan sangat ketat. Semisal memilih menjadi dropshipper, Anda dapat mengawali bisnis dengan mencari nama yang unik. Hal ini akan membuat orang tertarik untuk mengenal dan melihat produk yang Anda jual.

Pembuatan nama menarik juga dapat diterapkan pada Anda yang ingin menjadi youtuber. Peminat bisnis ini sangatlah banyak. Supaya akun Anda berbeda dari yang lain, pilihlah nama akun yang mudah diingat tetapi punya ciri khas.

2. Komunikatif

Semua bidang bisnis membutuhkan hal ini. Anda harus menciptakan interaksi yang menyenangkan baik pada rekanan maupun konsumen. Dengan begitu, bisnis Anda terus berjalan dengan baik.

3. Memahami Bisnis Anda dengan Baik

Sebenarnya untuk memulai bisnis daring, Anda hanya perlu mengerti beberapa hal mendasar terkait bisnis yang dipilih. Akan tetapi, Anda wajib memperdalam bisnis seiring dengan perkembangannya. Hal ini membuat bisnis Anda lebih maju dan memberi banyak keuntungan.

Hal-Hal yang Bisa Menyebabkan Bisnis Online Gagal

Bisnis Online Gagal

Bisnis daring memang bisa dijalankan meskipun Anda tidak mengeluarkan modal uang. Namun, Anda tetap harus mengetahui berbagai hal yang bisa membuat bisnis daring gaga, supaya tenaga dan waktu tidak terbuang percuma.

1. Menyepelekan

Kemudahan menjalankan bisnis daring membuat mahasiswa terkadang menganggap enteng bisnis ini, beberapa bahkan hanya coba-coba. Hal tersebut bisa menimbulkan kegagalan pada bisnis Anda. Bersikaplah lebih serius agar bisnis daring Anda benar-benar maksimal.

2. Tidak Melakukan Pengembangan Bisnis

Jika tidak mengembangkan bisnis, tentu akan tertinggal dalam persaingan.

Bisnis daring akan menjadi stagnan apabila Anda tidak mengikuti perkembangan dengan baik dan melakukan inovasi. Lakukan berbagai pengembangan dalam bisnis Anda, agar bisa mengikuti perubahan. Pengembangan dan inovasi dalam dilakukan pada beberapa hal, seperti:

  • sistem dalam bisnis,
  • perluasan pasar, dan
  • produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Tidak Sabar

Setiap kemajuan bisnis memerlukan kesabaran. Pasalnya, bisnis daring membutuhkan waktu untuk dirintis sehingga bisa memberi hasil yang memuaskan. Jika tidak sabar dan berhenti di tengah jalan, tentu saja Anda tidak akan merasakan hasilnya.

Bisnis untuk mahasiswa yang paling pas adalah bisnis berbasis daring. Bisnis ini tidak membutuhkan modal sebesar usaha pada umumnya. Selain itu, pengerjaannya juga cukup fleksibel sehingga tidak mengganggu perkuliahan.