5 Bidang Usaha Unik yang Pantas Dijadikan Bisnis UKM (Peluangnya Masih Luas)

Bisnis UKM terus mengalami perkembangan. Berbagai bidang bisa dijadikan usaha UKM. Bidang makanan, jasa, pakaian, dan lain sebagainya merupakan bidang yang cukup banyak diminati. Bagi Anda yang suka tantangan, tentu ingin menjajal bidang bisnis yang berbeda.

Bidang bisnis masih sangat luas. Anda dapat mencoba mencari informasi tentang berbagai peluang usaha yang bisa memberikan keuntungan. Sebagai gambaran, Anda mungkin tertarik untuk mencoba beberapa bisnis serta tips berguna seputar UKM berikut ini.

Bisnis Kreatif yang Peluangnya Masih Lebar

1. Usaha Perabotan dari Barang Bekas

Bisnis perabotan terkenal menggunakan bahan-bahan yang mewah. Anda tidak perlu mengikuti pemikiran tersebut ketika ingin mengembangkan usaha yang punya keunikan tersendiri. Perabotan dapat dibuat dengan menggunakan barang bekas.

Jika berniat membangun bisnis ini, Anda harus memiliki keterampilan dalam mendesain dan mengubah barang bekas menjadi perabotan. Drum atau ban bisa jadi contoh bahan yang potensial untuk diubah menjadi perabotan.

Peluang bisnis ini masih sangat besar. Hal tersebut dikarenakan minat pasar akan barang perabotan yang menarik dengan harga terjangkau masih cukup tinggi. Peminatnya bisa berasal dari pemilik kafe atau pengusaha restoran.

2. Barang Kerajinan dari Sampah Plastik

Kerajinan berbahan sampah plastik dapat Anda masukkan dalam daftar. Sampah plastik mudah untuk Anda dapatkan, sehingga bidang ini bisa jadi usaha yang menjanjikan. Anda hanya perlu berkreasi dan bereksperimen untuk membuat produk kerajinan bernilai tinggi.

Sampah plastik dapat dibentuk menjadi berbagai produk yang berguna. Misalnya, dijadikan dompet, tempat pensil, pot bunga, tas, dan masih banyak lainnya. Jika pandai dalam mengolah bahan ini, bisa saja bisnis Anda menjadi tren di tahun 2019.

3. Produk Rajutan

Bisnis UKM yang tidak kalah menarik adalah usaha produk rajutan. Bisnis ini punya peluang yang bagus. Buktinya, sebuah perusahaan sepatu yang terkenal berhasil meluncurkan alas kaki rajutan yang sangat laris di pasaran.

Hal tersebut membuktikan bahwa produk rajutan memang diminati para konsumen. Proses pembuatan rajutan memang rumit dan memakan banyak waktu. Meski begitu, produk ini punya nilai jual yang cukup tinggi.

4. Pembuatan Aksesoris

Aksesoris menjadi pelengkap gaya berpakaian. Penggunaan aksesoris akan membuat penampilan terlihat lebih trendi. Banyak orang menyukai aksesoris, utamanya para wanita. Hal ini dapat menjadi peluang yang sangat baik bagi Anda.

Bisnis ini dapat dijalankan asal Anda punya keterampilan yang memadai. Bisnis aksesoris tidak membutuhkan modal yang besar. Bahan-bahan serta peralatannya banyak tersedia di pasaran, jadi Anda tidak akan kesulitan mendapatkannya.  Anda bisa membuat aksesoris, seperti:

  • gelang dari kayu,
  • kalung dari kain perca dan manik-manik, dan
  • pita rambut dari kain sisa.

5. Berdagang Buku Lama

Apabila merasa tidak cukup ahli dalam membuat barang kerajinan, Anda bisa mencoba bisnis berjualan buku-buku lama. Peminat buku terbitan lama masih cukup banyak. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bisnis tidak laku.

Tips Menjalankan Bisnis Kecil agar Cepat Sukses

Tips Menjalankan Bisnis Kecil agar Cepat Sukses

Apapun bidang bisnis yang dipilih, Anda harus menerapkan suatu trik agar usaha lebih berkembang. Trik yang tepat dapat membuat bisnis Anda mengalami kemajuan secara bertahap. Berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna untuk Anda.

1. Mencari Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi yang tepat dapat menunjang operasional usaha Anda. Saat Anda memilih lokasi bisnis, usahakan lokasinya mudah diakses. Pastikan juga lokasi tersebut dekat dengan keramaian atau tempat mencari bahan untuk usaha Anda.

Apabila hanya punya modal terbatas sehingga Anda menjalankan bisnis rumahan, pasanglah petunjuk jalan di sekitar area rumah. Selain itu, pastikan Anda menginformasikan alamat rumah secara jelas, agar pembeli lebih percaya.

2. Ikut dalam Pameran

Pameran dapat menjadi kesempatan untuk memperkenalkan usaha Anda ke khalayak umum. Saat ikut pameran, Anda dapat mempromosikan produk secara langsung. Selain itu, Anda juga membangun jejaring bisnis yang berguna bagi bisnis UKM.

3. Melayani Konsumen dengan Maksimal

Pelayanan jadi faktor penting dapat kemajuan bisnis. Saat Anda mejalankan bisnis dalam bidang apapun, berusahalah memberikan layanan yang terbaik. Layanan membuat para konsumen nyaman dan bersedia bertransaksi lagi.

Cara Tepat Memasarkan Bisnis UMKM secara Daring

Cara Tepat Memasarkan Bisnis UMKM secara Daring

Pemasaran yang bagus dapat meningkatkan berbagai aspek dalam bisnis Anda. Media pemasaran ada banyak. Salah satu yang populer adalah pemasaran online. Untuk tahu tips dalam promosi secara daring, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

1. Target Pasar yang Ingin Dituju

Target pasar UKM dapat menjangkau berbagai kalangan. Walaupun cakupan pasarnya sangat luas, Anda tetap harus menentukan target pasar yang seusai dengan bisnis. Khususnya, bagi Anda yang masih merintis bisnis yang belum banyak dikenal orang.

2. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial jadi sarana terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda. Ada banyak media sosial yang bisa Anda pilih. Gunakanlah media sosial sesuai dengan tujuan promosi Anda. Tujuan bisa berupa pengenalan produk baru, meningkatkan minat pasar, loyalitas, dan lain sebagainya.

Pada awalan melakukan promosi dengan media sosial, pilihlah satu media sosial dahulu. Kemudian, kelola dengan optimal. Setelah media sosial bisnis sudah matang, Anda dapat menambah akun baru di tempat lainnya.

3. Buat Profil Bisnis yang Menarik

Salah satu yang diperhatikan orang saat mengunjungi suatu situs atau media sosial bisnis adalah profil. Apabila Anda membuat profil yang tidak berkesan, kemungkinan orang tidak akan tertarik. Jadi, buatlah profil yang rinci tetapi mudah untuk dipahami.

4. Lakukan Evaluasi Berkala

Dalam memasarkan bisnis, Anda harus terus melakukan pengembangan strategi promosi. Untuk bisa melakukan pengembangan, Anda perlu mengevaluasi hasil dari pemasaran yang dilakukan. Informasi dari evaluasi Anda bermanfaat untuk perencanaan ke depannya.

Tips Mengembangkan Modal Kecil untuk Keperluan Bisnis

Tips Mengembangkan Modal Kecil untuk Keperluan Bisnis

UKM di Indonesia berkembang dengan cukup pesat. Meskipun banyak diminati, sebagian besar pengusaha UKM mengalami kesulitan modal. Untuk bisa menambah besaran modal agar bisnis makin berkembang, silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Menabung secara Rutin

Anda bisa mendapat tambahan modal dengan menabung secara rutin. Cobalah mengatur keuangan Anda sehingga tersisa dana untuk ditabung sebagai tambahan modal usaha. Jangan lupa untuk menentukan target dana yang ingin Anda capai.

2. Menggadaikan Barang

Apabila Anda butuh dana yang cepat untuk menambah usaha modal 5 juta, lebih baik gadaikan aset. Jika menggadaikan barang, Anda tidak akan kehilangan barang selama bisa mencicil pinjaman tersebut.

3. Ikut Program Bantuan Modal dari Pemerintah

Usaha UKM dapat membuka lapangan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran.

Pemerintah Indonesia sangat mendukung usaha UKM dan bisnis startup. Pemerintah banyak menyelenggarakan berbagai program untuk membantu para pengusaha UKM. Programnya ada yang berupa pameran ada pula bantuan modal.

Anda bisa mencari informasi tentang program bantuan modal UKM yang diberikan oleh pemerintah. Target pemberian bantuan modal diberikan mulai dari para wanita, wirausaha muda, sampai pelaku UKM.

Bisnis UKM dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Anda dapat memilih berbagai bidang usaha yang paling sesuai dengan keahlian dan modal. Lakukan beberapa tips di atas supaya bisnis Anda lebih maju.