10 Tips Bisnis Startup Menjadi Technopreneur Sukses 2019

Bisnis startup adalah bisnis yang berkaitan dengan teknologi, misalnya seperti web, aplikasi maupun yang lainnya. Bisnis start-up kebanyakan diciptakan oleh kaum muda dan dianggap sebagai bisnis yang menantang jika dibandingkan dengan bisnis yang lainnya.

Membangun dan mengembangkan bisnis startup ternyata tidak semudah apa yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus dipikirkan oleh seseorang yang ingin mengembangkan bisnis ini.

Jika Anda adalah salah satu orang yang baru merintis bisnis startup dan ingin mengembangkannya, maka simak 10 tips sukses bisnis start-up yang ada di bawah ini.

1. Ciptakan ide

Membangun sebuah bisnis, harus mengetahui produk apa yang ingin Anda jual. Penting untuk dipahami dengan baik, bahwa untuk memulai bisnis startup, Anda harus bisa memunculkan atau menciptakan ide yang cemerlang.

Meskipun sebuah bisnis akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan zaman, namun bukan berarti Anda harus mengikuti trend di negara Indonesia maupun di negara lain.

Percuma mengikuti perkembangan trend masa kini jika Anda tidak mampu menciptakan ide yang tepat. Anda bisa menciptakan ide yang sederhana namun menyimpan keunikan, kreatif dan memiliki daya tarik bagi target pasar.

2. Tentukan tujuan

Seorang pebisnis, harus memiliki tujuan yang jelas, entah itu bisnis startup maupun bisnis yang lainnya. Anda harus menentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda membangun sebuah bisnis.

Jika Anda tidak mengetahui apa tujuan dalam membangun bisnis, hal ini akan menyulitkan diri sendiri. Anda tidak tahu mau dibawa kemana arah bisnis yang Anda jalankan tersebut.

3. Analisis target pasar

Langkah ke-3 yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu menganalisis target pasar. Caranya dengan mengidentifikasi segmen pasar produk yang akan dijual. Mulai dari usia, penghasilan, domisili bahkan sampai hobi.

Langkah ketiga ini sangatlah penting untuk dilakukan agar Anda bisa mengetahui kondisi masyarakat, terlebih lagi pada sosial ekonominya.

Dengan analisa yang Anda lakukan ini akan membuat Anda menjadi mudah mengetahui apakah konsumen bersedia atau tidak untuk membeli produk Anda. Target pasar yang Anda tetapkan haruslah tepat agar bisnis yang dijalankan tidak meleset dari perkiraan.

4. Susun target

Seorang pembisnis yang sukses tidak akan terlepas dari penyusunan target. Selain untuk memicu semangat bagi pelaku bisnisnya, maka hal ini juga bisa menjadi kunci sukses bagi sebuah bisnis yang sedang dijalankannya.

Timeline atau target akan lebih memudahkan para pelaku bisnis untuk membuat rencana ke depannya dalam mengembangkan bisnis startupnya.

Pada saat tujuan target sudah tercapai, maka hal ini menjadi langkah mudah bagi pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnis start-upnya hingga pencapaian target yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

5. Tim yang Solid

Tips sukses bisnis rintisan ke-5 yang harus Anda ikuti yaitu memiliki sebuah tim yang sangat kuat dan memberikan dampak positif bagi bisnis startup yang Anda bangun.

Seperti diketahui, bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak bisa berdiri sendiri, melainkan Anda membutuhkan tim yang siap membantu dan menopang bisnis.

Meskipun Anda menganggap bahwa mampu menjalankan bisnis seorang diri, namun hasil yang didapatkan tentunya tidak akan berjalan secara maksimal. Oleh sebab itu sangat penting untuk memilih tim yang tepat, tim yang memiliki visi yang sama dengan visi Anda.

Hal ini memiliki tujuan agar Anda menjadi lebih termotivasi dalam membangun dan mengembangkan bisnis startup hingga berhasil.

6. Memelihara Bisnis

Semua pebisnis tentunya tidak ingin menghancurkan bisnisnya sendiri. Dengan demikian, Anda diharuskan untuk mengikuti tips sukses bisnis rintisan yang ke-6 ini, yaitu memelihara bisnis start-up Anda.

Artinya, Anda harus melakukan segala hal yang dianggap mampu memberikan dampak positif bagi bisnis startup yang sedang dijalankan.

Misalnya dengan menjaga nama baik bisnis melalui kejujuran Anda terhadap konsumen. Sehingga tidak membuat konsumen merasa dirugikan atau dikecewakan atas pelayanan yang Anda berikan.

Perlu untuk diingat, bahwa bisnis yang berjalan dengan baik berawal dari konsumen yang merasa puas dengan pelayanan bisnis Anda. Begitu juga dengan sebaliknya.

Selain hal tersebut, sebuah bisnis startup juga harus mempunyai budaya yang kuat, dengan demikian, seiring dengan berjalannya bisnis yang sedang Anda jalankan, bentuklah budaya dalam bisnis, seperti karakter bisnis.

Jika bisnis Anda memiliki karakter, maka akan semakin mudah bagi konsumen dalam mengenali bisnis Anda.

7. Fokus

Bisnis yang dijalankan dengan fokus dan sungguh-sungguh, tentunya hasil yang didapatkan pun tidak akan sisa-sia. Banyak rintangan yang harus Anda hadapi, dengan bekal kesungguhan, ketekunan, dan konsisten akan lebih membantu Anda untuk menghadapi rintangan yang ada dihadapan Anda.

Semakin Anda berani melawan tantangan, maka akan lebih memudahkan bisnis startup untuk bisa bergerak maju.

8. Jangan Takut

Banyak para calon pelaku bisnis yang ingin memulai sebuah bisnis namun merasa takut akan kegagalan dan kerugian yang harus dihadapinya.

Ingat! Pebisnis yang sukses bukan berarti tidak pernah mengalami kegagalan. Semua pelaku bisnis pernah mengalami yang namanya kegagalan bahkan hingga kerugian, namun hal ini sudah menjadi hal yang biasa di dalam sebuah bisnis.

Jika Anda ingin menjadi pelaku bisnis startup yang sukses, jangan takut untuk memulai dan jangan takut akan kegagalan. Karena kegagalan adalah pengalaman berharga.

Melalui pengalaman gagal tersebut Anda bisa mengetahui letak kesalahan yang sudah Anda lakukan dan hal ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki bisnis di masa yang akan datang.

9. Pelayanan Prima

Apa pun bisnis yang Anda jalankan, pelayanan menjadi tips sukses bisnis startup yang sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis yang Anda jalankan.

Pernahkah Anda mendengar bahwa konsumen adalah raja?

Jika Anda ingin sukses dalam bisnis yang, maka Anda harus melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Berikan pelayanan yang prima kepada para konsumen. Jika konsumen Anda senang dan puas, maka mereka akan kembali untuk Anda.

10. Jujur

Kejujuran mampu membawa segala hal menjadi lebih berkah. Sama halnya dengan bisnis yang dijalankan dengan kejujuran, maka akan memberikan banyak keberuntungan bagi para pelaku bisnisnya.

Jika Anda tidak suka dibohongi, maka belajarlah untuk tidak membohongi orang lain.

Bisnis yang tidak jujur, maka akan mudah hancur, oleh karena itu, tanamkan kejujuran dalam diri Anda untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis yang sukses.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa bisnis startup memang menjadi bisnis yang saat ini sedang menjamur dan selalu tumbuh.

Wajar saja bila bisnis startup saat ini merupakan usaha yang menjanjikan dan menjadi trend yang banyak digandrungi berbagai kalangan. Khususnya kalangan anak muda. Setiap bisnis memiliki keunggulan masing-masing dan persaingan semakin berjalan dengan sengit.

Untuk bertahan ditengah-tengah persaingan yang semakin hebat ini, maka buatlah strategi yang tepat dalam bisnis yang Anda jalankan dengan mengikuti ke 10 tips sukses bisnis startup yang ada di atas.