4 Pilihan Usaha yang Pas Jadi Bisnis Sampingan Karyawan (Tidak Mengganggu Pekerjaan Utama)

Bisnis bisa Anda jalankan sekalipun sudah bekerja sebagai karyawan atau pekerja pabrik. Bisnis sampingan karyawan merupakan tipe pekerjaan yang cocok bagi Anda yang tidak bisa berbisnis secara penuh. Pasalnya, bisnis sampingan bisa Anda jalankan saat senggang.

Anda dapat menjalankan bisnis sampingan setelah selesai bekerja. Punya bisnis sampingan memang bukan hal yang mudah. Namun, penghasilan yang Anda peroleh dari bisnis sampingan dapat meningkatkan kondisi perekonomian.

Bisnis Sampingan yang Bisa Dikerjakan Karyawan Swasta

Anda tidak perlu bingung memilih bisnis sampingan, karena peluangnya sangat luas. Dibandingkan Anda menjalankan sesuatu seperti usaha pertanian, bisnis sampingan lebih mudah untuk dilakukan. Berikut ini sebagian bisnis sampingan yang mungkin Anda minati.

1. Bisnis Waralaba

Bisnis dengan sistem mitra usaha merupakan usaha sampingan yang cocok untuk Anda yang memiliki modal. Bisnis ini dapat dilakukan walaupun Anda belum punya banyak pengalaman.

Bisnis waralaba dapat Anda jalankan tanpa membuat produk atau membuat konsep bisnis. Anda hanya perlu memilih bisnis waralaba yang sesuai dengan minat. Pemilik bisnis nantinya akan memberikan dukungan sesuai dengan perjanjian kerja sama.

2. Mengelola Situs Pribadi

Anda, yang terlalu sibuk dan suka menulis, bisa membuat situs dan mengisinya dengan konten menarik untuk menjadi tambahan penghasilan. Bisnis sampingan ini termasuk usaha yang menjanjikan. Selain itu, mengelola situs pribadi tidak memakan banyak waktu Anda.

Bisnis ini juga cocok bagi Anda yang bekerja dengan sistem shift. Bisnis sampingan karyawan ini lebih fleksibel, karena bisa dikerjakan sesuai jadwal pekerjaan Anda. Usaha ini termasuk bisnis sampingan yang tren di tahun 2019.

Dalam memulai bisnis ini, Anda hanya perlu membuat situs. Jika ingin menjalankan bisnis tanpa modal, Anda bisa menggunakan situs gratis. Namun, apabila punya modal yang cukup, Anda bisa membuat situs berbayar.

Seumpama situs Anda sudah terkenal, daftarkan ke penyedia jasa iklan internet. Penghasilan bisa didapatkan dari iklan yang terpasang di situs Anda. Jadi, pastikan Anda membuat situs yang menarik minat banyak orang dan rutin diperbaharui.

3. Menjual Foto

Banyak situs yang memerlukan gambar untuk melengkapi artikel di dalamnya. Kebanyakan dari mereka mencari foto dari situs penjualan terkait. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis sampingan bagi Anda, karena bisa dilakukan kapan saja.

Anda hanya perlu membuat konsep foto dengan kualitas yang bagus. Setelah itu, Anda bisa menjualnya di situs penyedia foto berbayar. Nantinya, penghasilan akan didapat jika ada yang menggunakan foto Anda. Bidang ini juga cocok jadi bisnis untuk mahasiswa.

4. Bisnis Baju

Bisnis baju termasuk bisnis sampingan karyawan yang bisa memberi banyak keuntungan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan mencari produk pakaian yang trendi. Kemudian, Anda bisa menjual baju tersebut secara daring dengan memanfaatkan media sosial atau toko online.

Tips Supaya Bisnis Sampingan Tidak Mengganggu Pekerjaan Kantor

Kadang, banyak orang merasa ragu untuk memulai bisnis sampingan karena takut mengganggu pekerjaan utama mereka. Sebenarnya, bisnis sampingan tidak akan mengganggu pekerjaan jika Anda tahu tipsnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Jangan Menunda Pekerjaan

Saat mengambil keputusan untuk melakukan bisnis sampingan, Anda harus bersiap untuk mengatur waktu agar usaha dan pekerjaan utama dapat dilakukan dengan baik. Cara terbaik untuk melakukannya, yakni dengan tidak menunda pekerjaan.

Ketika menunda pekerjaan utama, tugas Anda yang lainnya juga akan tertunda. Nantinya, pekerjaan tersebut dapat menumpuk dan membuat Anda kerepotan. Jadi, usahakan untuk membagi waktu dengan benar dan segera kerjakan pekerjaan utama Anda.

2. Fokuslah pada Satu Bidang Usaha Sampingan

Ada sebagian orang yang terlalu bersemangat memulai bisnis sampingan, sehingga menjalankan banyak bidang. Hal ini tidak masalah jika Anda punya waktu yang mencukupi. Namun, bagi Anda yang sangat sibuk, bisnis sampingan yang terlalu banyak bisa membebani.

Daripada kewalahan menangani bisnis sampingan yang terlalu banyak dan berisiko membuat pekerjaan utama terbengkalai, lebih baik fokus pada satu bidang bisnis sampingan. Lalu, kembangkan bisnis secara bertahap.

3. Buatlah Perencanaan Bisnis

Rencana bisnis yang bagus dapat membantu dalam mengetahui pencapaian bisnis sampingan yang dijalankan.

Perencanaan bisnis akan sangat berguna bagi kemajuan bisnis sampingan Anda. Perencanaan akan membuat bisnis lebih terarah dan menghemat waktu Anda. Ada beberapa perencanaan dalam bisnis sampingan yang perlu Anda buat, seperti:

  • melakukan riset kecil,
  • membuat strategi pemasaran, dan
  • mempersiapkan produk atau jasa untuk bisnis.

4. Pekerjakan Orang Lain

Apabila punya modal yang cukup besar, Anda bisa menggunakan modal tersebut untuk memperkerjakan orang lain. Carilah orang untuk menjalankan bisnis terrsebut, sehingga Anda bisa fokus dengan pekerjaan utama.

Hal-Hal Penting agar Bisnis Sampingan di Rumah Bisa Berkembang

Tips agar Bisnis Sampingan Berkembang

Bisnis sampingan termasuk mudah untuk dijalankan. Meski begitu, Anda harus memperhatikan dengan baik beberapa hal terkait bisnis ini. Jika bisa melakukan pengaturan bisnis yang tepat, maka usaha Anda akan mengalami perkembangan yang bagus.

1. Tenaga

Jika menjalankan bisnis sampingan, Anda harus bersiap dengan tambahan kesibukan. Bisnis sampingan, walaupun lebih fleksibel, tetap saja pengerjaannya membutuhkan tenaga. Jadi, pastikan Anda memiliki energi yang cukup untuk menjalankan pekerjaan dan bisnis sampingan.

Menjalankan bisnis sampingan dan pekerjaan utama dapat menyita banyak tenaga. Oleh karena itu, buatlah daftar kegiatan dan prioritas kerja agar tenaga Anda terbagi dengan tepat. Cara tersebut dapat membantu Anda melakukan pekerjaan penting tanpa mengabaikan tugas lainnya.

2. Pengeluaran

Dalam melakukan bisnis sampingan, Anda harus mengendalikan pengeluaran dengan sebaik mungkin. Terlebih, jika Anda mempekerjakan orang lain. Jangan sampai dana Anda tidak cukup untuk membayar pekerja.

3. Pengenalan Bisnis

Bisnis rintisan membutuhkan pemasaran yang lebih banyak. Jika punya modal yang memadai, Anda bisa menggunakan berbagai media iklan berbayar. Apabila modal terbatas, Anda bisa menggunakan promosi gratis secara konvensional atau lewat media sosial.

Kesalahan yang harus Dihindari Saat Melakukan Kerja Sampingan

Bisnis sampingan memang bisa memberi keuntungan yang cukup banyak, asalkan Anda menjalankannya dengan benar. Hanya saja, jika melakukan kesalahan dalam bisnis sampingan, bisa saja Anda mengalami kerugian. Berikut ini kesalahan yang sering terjadi.

1. Tidak Serius

Beberapa orang memulai bisnis ini tanpa keyakinan karena menganggap ini tidak memberi banyak penghasilan. Pada akhirnya, mereka menjalankan bisnis sampingan tanpa keseriusan. Hal ini secara tidak langsung dapat berdampak buruk bagi perkembangan bisnis Anda.

2. Salah dalam Memilih Bidang Bisnis

Ada orang yang menjalankan bisnis sampingan sekadar untuk ikut-ikutan tren. Padahal hal ini bisa merugikan mereka. Pilihlah bidang bisnis berdasarkan peluang, kemampuan, dan modal Anda. Dengan begitu, bisnis sampingan Anda dapat bertahan lama.

3. Strategi yang Keliru

Strategi bisnis perlu Anda pilih dengan baik dan buat secara rinci. Strategi yang salah bisa membuat bisnis Anda kacau. Selalu lakukan evaluasi atas strategi bisnis, supaya Anda dapat menemukan rencana yang paling tepat.

Bisnis sampingan karyawan dapat menambah pemasukan bulanan Anda. Pastikan Anda mempertimbangkan dengan baik berbagai hal terkait bisnis sampingan sebelum benar-benar memulainya, supaya tenaga dan dana tidak sia-sia.