Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula

Bisnis Makanan Ringan

Anda baru memulai dan menjalankan bisnis makanan ringan? Tapi sampai sekarang belum juga menemukan cara efektif untuk memasarkannya? Tenang, Kami akan memberikan informasi mengenai peluang, analisa, bagaimana memulai serta cara pemasaran yang efektif untuk usaha camilan ini.

Untuk mempromosikan produk ini bisa dilakukan dengan cara online maupun offline. Jika Anda cukup jeli, sebenarnya cara pemasaran produk semacam ini sudah banyak yang melakukannya. Namun, banyak yang belum paham bagaimana cara memaksimalkan pemasarannya.

Bisnis snack adalah jenis usaha yang dapat kita jalankan dengan modal kecil namun memiliki potensi untung yang besar. Sehingga bagi mereka yang sudah lama dan berhasil menekuni usaha makanan ringan ini, sudah tidak kaget lagi jika mereka bisa memiliki penghasilan yang besar.

Kunci sukses bisnis camilan ini adalah ketekunan, manajemen yang baik serta produk makanan yang inovatif serta memiliki kualitas yang bagus.

Di pasaran, Anda bisa menemukan makanan ringan dengan kisaran harga mulai dari 1000 atau 2000 rupiah saja. Sehingga untuk memulai usaha ini tidak diperlukan modal yang terlalu besar.

Selain modalnya yang kecil, bisnis makanan ringan juga tergolong bisnis yang mudah dijalankan. Karena dengan cara pemasaran yang sederhana serta prosesnya yang tidak ribet kita sudah bisa meraih untung. Salah satunya dengan melakuan proses repacking atau mengemas ulang. Anda tidak perlu memproduksinya dari awal.

Peluang dan Keuntungan Bisnis Makanan Ringan

Peluang dan Keuntungan Bisnis Makanan Ringan

Apakah Anda tahu bahwa bisnis makanan ringan memiliki peluang yang sangat bagus dan potensi keuntungan yang cukup besar? Anda tertarik untuk mecobanya tapi masih ragu-ragu? kami akan membahasnya untuk Anda untuk menambah informasi tentang usaha snack sebagai bisnis modal kecil yang menguntungkan.

Ketika memulai dan menjalankan sebuah bisnis, tentu bukan hanya modal saja yang kita butuhkan. Berapa pun besar modal yang dikeluarkan, tapi kalau bisnis yang Anda pilih tidak memiliki prospek yang menjanjikan, justru hanya akan membuang uang, tenaga dan pikiran saja.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis, pastikan juga bahwa bisnis yang sudah dipilih tersebut memiliki peluang yang bagus dan banyak diminati pasar. Jadi, besarnya modal yang Anda miliki bukanlah satu-satunya jaminan sukses. Diperlukan juga riset awal untuk melihat peluang dari bisnis yang akan Anda pilih. Tentunya semua itu diperlukan ketelitian dan etos kerja yang baik untuk mewujudkannya.

Peluang Bisnis Makanan Ringan

Apakah Anda sedang mencari bisnis bidang makanan yang mempunyai peluang sangat bagus untuk sekarang dan waktu yang akan datang? Jawabannya yaitu bisnis makanan ringan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa usaha makanan camilan ini memerlukan modal yang relatif kecil tapi memiliki prospek yang cerah. Permintaan terhadap makanan ringan akan terus ada. Semua kalangan usia menyukainya. Mulai dari anak-anak, dewasa sampai orang tua. Usaha ini bisa menjadi salah satu usaha andalan di bidang kuliner.

Keuntungan Usaha Makanan Ringan

Mau tahu apa saja kelebihan dari usaha makanan ringan? Berikut ini akan kami jelaskan beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis ini.

  • Menjanjikan Untung Besar – Peluang bisnis di bidang makanan ringan sangat bagus. Persaingan masih terbuka lebar. Pasalnya hampir setiap orang suka dengan camilan. Jangan khawatir tidak laku. Jadi tak heran kalau banyak orang yang sukses dari bisnis ini.
  • Modal Kecil – Selain menjanjikan, usaha snack ini dapat kita jalankan hanya dengan modal yang relatif kecil. Hanya dengan modal usaha 200 sampai 500 ribu saja kita sudah bisa menjalankan bisnis makanan ringan ini. Murah bukan?
  • Tidak Ribet dan Mudah Dipasarkan – Jika Anda bertanya apakah bisnis ini ribet? Tentu tidak, justru peluang usaha makanan ringan ini sangat bagus, mudah dijalankan serta dipasarkan. Hanya dengan cara pemasaran yang sederhana Anda sudah bisa mengoperasikannya. Misalnya dengan menitipkan di warung atau kantin sekolah.

Jika ingin memulai usaha ini, sebaiknya mulailah dari modal bisnis yang kecil dulu. Selain resikonya kecil, Anda juga bisa menjadikannya sebagai bahan pembelajaran terkait dunia wirausaha. Tidak harus takut dengan rugi yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Cara Memasarkan Makanan Ringan yang Efektif

Cara Memasarkan Makanan Ringan yang Efektif

Strategi memasarkan yang tepat tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan yang diterima. Sesuaikan strategi yang dipilih dengan segmen pasar serta lokasi pemasaran. Sebagai contoh, jika segmennya anak muda maka penggunaan media sosial akan sangat membantu.

Ingin tahu cara yang efektif untuk memasarkan makanan ringan? Berikut ini kami hadirkan tiga cara memasarkan snack yang sudah terbukti mampu mendongkrak penjualan Anda.

1. Sistem Titip Menitip

Pernahkah Anda melihat ada orang (penjual) yang menitipkan barang dagangan atau jualan mereka di toko, warung atau kantin sekolah? Itu adalah cara pemasaran sederhana yang ampuh untuk mendongkrak penjualan serta meningkatkan brand.

Kita tidak perlu lagi mencari pelanggan atau pembeli, karena kita sudah bisa langsung mendapatkan penghasilan pertama dari usaha dengan cara pemasaran seperi ini. Pembeli atau pelanggan toko yang kita titipi snack tersebut akan menjadi pembeli sekaligus pelanggan untuk produk kita.

Tidak hanya untuk mempromosikan produk snack, untuk usaha lain pun bisa dilakukan dengan cara pemasaran seperti ini.

2. Memanfaatkan Internet

Anda bisa memanfaatkan internet sebagai pemasarannya, tidak perlu khawatir, karena tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Cukup dengan biaya untuk membeli kuota internet. Sedikit biaya operasional, namun hasilnya memuaskan.

Yang terpenting Anda tahu cara pemasaran online yang efektif. Misalnya berjualan di market place (tokopedia, lazada, bukalapak dan shopee), membuat toko online, serta berjualan di media sosial.

3. Membuat Toko Khusus Snack

Jika Anda ingin serius menekuni bisnis snack, sebaiknya Anda membuka toko atau menyewa ruko. Agar banyak pembeli, pastikan tempat usaha Anda mudah dijangkau. Jangan lupa, buatlah tempat usaha yang menarik agar bisa menarik perhatian pembeli. Rasa penasaran akan membuat pembeli tertarik untuk datang.

Analisa dan Modal Usaha Makanan Ringan

Analisa dan Modal Usaha Makanan Ringan (Snack)

Setelah mengetahui beberapa cara promosi yang efektif, apakah Anda berniat membuka usaha makanan ringan? Jika ya, maka langkah selanjutnya Anda harus mengetahui berapa modal awal yang diperlukan untuk bisnis ini.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa usaha snack termasuk salah satu usaha yang menjanjikan. Namun belum banyak orang yang menyadari akan potensi serta prospek yang ada pada bisnis camilan tersebut.

Perlu diketahui, bahwa snack merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga tidak heran kalau usaha ini tidak pernah sepi apalagi kehabisan pembeli.

Bisnis makanan ringan bisa kita mulai dengan kisaran modal 500 ribu saja. Dengan modal yang relatif kecil tersebut kita sudah bisa mulai berjualan.

Analisa Bisnis Makanan Ringan

Bagi Anda yang ingin tahu berapa modal awal untuk membuaka usaha snack makanan ringan, berikut ini kami berikan analisa mengenai bisnis snack repacking tersebut.

  • Modal snack @2.000 harga jual titip ke outlet @2.500 – 3.000
  • Penjualan perhari rata-rata 30/pcs per outlet/stand
  • Mempunyai 5 tempat penitipan, stand, counter maka 5 x 30 pcs = 150 pcs perhari dalam 5 tempat
  • Penjualan harian 150 pcs x Rp2. 500 = Rp 375.000 (kotor)
  • Modal per pcs Rp 2.000 x 150 = Rp 300.000 (modal)
  • Rp 375.000 – Rp 300. 000 = Rp 75.000,- Laba bersih perhari
  • Rp 75.000 x 7 hari = Rp 525.000,- Laba perminggu
  • Rp 525.000 x 4 (1 bulan = 4 minggu ) = Rp 2.100.000,- Laba bersih bulanan

Dari analisa di atas terlihat bahwa usaha makanan camilan ini memiliki potensi untung yang besar. Dengan modal 300 ribu untuk menjalankan usaha makanan ringan serba 2000, kita sudah bisa memiliki laba bersih bulanan sebesar Rp 2.100.000.

Bagaimana? apakah Anda tertarik memulai snack bisnis ini? maka lakukan dari sekarang. Yang paling utama setelah mengetahui peluang dan analisanya, maka langkah selanjutnya adalah bersiap membuka usahanya.

Jika Anda baru memulai bisnis snack sebaiknya jangan pikirkan untuk memproduksi sendiri, untuk produksi snack sendiri bisa dilakukan nanti setelah usaha Anda benar-benar maju. Selain meminimalisir modal, hal ini juga untuk mengantisipasi kegagalan atau kerugian yang bisa saja terjadi tanpa kita ketahui.

Cari saja distributor makanan ringan, jadi tugas Anda hanya mengemas dan menjual snack tersebut. Bisa juga dengan cara membeli snack yang sudah dikemas agar tidak perlu ribet mengemas. Namun akan lebih untung jika membeli snack kiloan dan dikemas sendiri. Pilih saja mana yang menurut Anda paling mudah.

Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa Anda coba. Mulai dari cireng, bakso goreng, kembang goyang, stik talas, tahu bakso, kerupuk seblak, makaroni gurih serta aneka keripik. Salah satu jenis keripik yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah keripik singkong.

Cara Memulai Bisnis Snack Keripik Singkong

Cara Memulai Bisnis Snack Keripik Singkong

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu makanan ringan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah keripik singkong. Keripik singkong juga dapat dikatakan sebagai snack asli Indonesia.

Untuk memulai bisnis keripik singkong, Anda bisa membuatnya dari awal atau bisa juga membeli yang sudah matang kemudian kita kemas ulang.

  • Siapkan Modal – Pertama kali tentunya harus menyiapkan modal yang cukup. Tentukan sumber modalnya, apakah modal sendiri, patungan dengan rekan atau pinjam dari pihak lain.
  • Kenali Bahan Baku Produk – Bahan baku utama keripik singkong tentunya singkong. Anda harus mengetahui karakter jenis singkong yang digunakan. Tiap jenis dan asal singkong mempunyai karakter, tekstur dan rasa yang berbeda.
  • Persiapan Produk – Tentukan varian rasa keripik yang akan Anda jual. Penentuan varian rasa tentunya berhubungan dengan resep kripik singkong dan bahan-bahan lainnya yang akan digunakan. Lain halnya kalau mengemas ulang. Tentunya tinggal pilih dan beli varian yang sesuai.
  • Kemasan yang Menarik – Tidak hanya rasa yang harus unik. Kemasan pun harus dibuat unik yang mencerminkan inovasi dan kreatifitas. Semakin unik kemasannya, tentunya akan banyak menarik perhatian calon pembeli.
  • Strategi Pemasaran yang Ciamik – Pilih strategi promosi yang paling sesuai dengan target produk Anda. Bangun brand, ciptakan jargon yang mudah diingat dan mewakili produk kripik singkong yang Anda buat. Jika diperlukan, gunakan media online untuk memperluas jangkauan pemasaran.
  • Mulai Sekarang Juga – Jika semuanya sudah siap, langkah yang paling penting adalah langsung memulai bisnis keripik singkong yang telah direncanakan sebelumnya. Jangan tunda waktu.

Keunggulan Bisnis Keripik Singkong

Mungkin Anda belum berminat untuk menjalankan usaha ini, tetapi simak dulu keunggulan menjalankan peluang usaha keripik singkong berikut ini.

1. Pemasaran yang mudah

Hampir semua orang menyukai keripik, mulai dari masyarakat kelas bawah hingga kelas atas, akan sangat mudah untuk menggoyang lidah karena makanan yang satu ini. Jadi, tidak ada kendala dalam pemasaran. Produk Anda bisa masuk ke pasar tradisional hingga supermarket. Tentunya Anda pernah melihat camilan keripik singkong berada di outlet supermarket bukan?

2. Teknik Pembuatan yang Mudah

Pembuatan keripik singkong tidak memerlukan teknik yang sulit. Alat yang digunakan pun tidak banyak. Tinggal bagaimana inovasi Anda untuk menciptakan keripik singkong dengan rasa enak yang menggoda. Ada banyak pengusaha pemula yang mampu mendapatkan puluhan pelanggan dari usaha yang baru mereka jalani.

3. Modal Kecil

Kapan lagi mempunyai usaha yang punya potensi untung besar namun hanya memerlukan modal kecil? Pengadaan bahan baku singkong, bumbu dan peralatan pembuatan keripik tidak akan menguras modal Anda.

4. Tidak Menyita Waktu

Bisnis keripik bukan termasuk jenis usaha banyak menyita waktu. Disini, Anda akan membuktikan bahwa sembari menjadi karyawan, menjalankan bisnis bukanlah sebuah hambatan. Membuat keripik bisa dilakukan di malam hari dan dilanjutkan pada dini hari. Letih? Sudah pasti, tetapi usaha keripik masih termasuk yang tidak menyita waktu Anda.

Tips Memulai Bisnis Keripik Singkong

Tips Memulai Bisnis Keripik Singkong

Sebelum Anda memulai usaha keripik singkong, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar bisnis Anda bisa bersaing dengan produk sejenis, diminati pasar dan tentunya memberikan keuntungan yang optimal untuk Anda.

1. Perhatikan Pasar

Jenis rasa keripik apa yang disukai oleh masyarakat di sekitar Anda? Manis, asin, pedas atau gurih? Dari sini, Anda bisa mengambil kesimpulan untuk membuat dasar suatu rasa produk yang akan dijual. Tetapi rata-rata, masyarakat akan mudah menerima rasa gurih ketika membeli produk keripik.

Jika Anda mau bereksperimen, bisa juga membuat keripik dengan beberapa varian rasa yang belum ada di pasaran. Hal ini tentunya akan menambah sisi inovatif dan kreatif dari camilan keripik singkong yang Anda jual.

2. Buatlah Rasa Keripik yang Kuat

Kebanyakan keripik tidak disukai hanya karena satu hal, yaitu rasa yang kurang kuat. Apapun jenis rasa yang Anda ingin hasilkan, pastikan rasa tersebut kuat. Jangan membuat rasa yang tanggung karena hal tersebut akan menurunkan kredibilitas produk Anda dan bukan tidak mungkin konsumen akan memberikan stigma negatif.

3. Titipkan di Toko-toko Sekitar

Pada awal berbisnis, jangan langsung mengharapkan market yang luas. Justru berjuanglah terlebih dahulu mulai dari market yang kecil. Dari sini Anda bisa melibatkan konsumen secara langsung untuk memberikan kritik, saran, dan perbaikan guna perkembangan bisnis Anda. Dengan peningkatan kualtas yang ada, kemungkinan besar usaha Anda akan semakin maju dan market yang luas akan datang dengan sendirinya.

4. Ingin Harga Naik? Tingkatkan Kualitas dan Rasa

Apakah Anda merasa bosan dengan harga yang saat ini ditawarkan? Kemudian ingin menaikkan harga? Tunggu dulu. Jika ingin mengincar harga tinggi, maka kualitas rasa juga harus tinggi. Tentunya produk Anda akan ditolak jika memasok barang ke supermarket sedangkan kualitas rasa produk yang dimiliki masih buruk.

Jangan takut kehilangan konsumen karena menaikkan harga yang ada. Percayalah bahwa pada bisnis kuliner konsumen akan bertambah seiring dengan peningkatan kualitas rasa yang Anda lakukan.

Kesimpulan

Sebagai penutup, bagi Anda yang tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis makanan ringan buatlah perencanaan yang matang, lakukan riset mengenai produk yang saat ini paling digemari serta masih sedikit saingannya. Jangan lupa pilih cara pemasaran yang paling efektif. Dengan langkah-langkah tersebut peluang untuk berhasil akan semakin besar.