Modal Utama Buka Bisnis Kebab Murah di Pinggir Jalan

Bisnis Kebab Murah

Bisnis kebab murah yang memerlukan modal sedikit bisa dibuka dengan modal dan merek sendiri. Sebetulnya Anda juga memiliki pilihan untuk membuka usaha kebab dengan franchise/waralaba, namun keterbatasan cara ini adalah Anda menggunakan merek orang lain sehingga keuntungan yang didapat juga 100 persen tidak bisa menjadi milik Anda. Selain itu, Anda juga tidak bisa berinovasi sendiri.

Inilah 5 Modal Utama Membuka Bisnis Kebab Rumahan

Kebab adalah makanan ringan dari Timur Tengah, namun cita rasanya sendiri sudah mendunia sampai ke Indonesia. Jika tertarik membuka usaha kebab mini ataupun paketan kebab lainnya, maka berikut analisa modal utama yang harus dimiliki:

1. Keterampilan memasak kebab dan resep utamanya

Sebelum membuka usaha kebab, Anda harus menemukan terlebih dahulu resep kebab yang membuat kebab Anda tidak hanya enak namun juga lebih baik dibandingkan usaha kebab lainnya.

Keterampilan memasak jadi hal yang wajib kalau Anda ingin bisnis kebab sendiri berhasil. Lakukanlah eksperimen membuat kebab hingga Anda benar-benar bisa memasak kebab yang lebih enak dibanding merek lainnya.

2. Gerobak dan biaya sewa lokasi usaha

Modal utama lainnya jika ingin berbisnis kebab adalah memiliki gerobak usaha. Disarankan pemula sebaiknya menjual kebab lewat gerobak terlebih dahulu karena modal membuat gerobak lebih murah daripada membuka sebuah outlet usaha.

Dengan begitu Anda bisa membuka bisnis kebab di pinggir jalan strategis yang rata-rata memiliki biaya sewa lokasi lebih murah. Setelah usaha Anda sudah lama dan berkembang, baru mulailah membuat sebuah outlet yang lebih besar dengan menyewa ruko atau bahkan di dalam pusat perbelanjaan.

Usaha Kebab Mini
www.rumahmesin.com

3. Perlengkapan/peralatan dan bahan masak

Selain gerobak, Anda juga harus memiliki peralatan masak yang lengkap kalau ingin buka bisnis kebab yang murah. Beberapa daftar peralatan yang umumnya digunakan antara lain seperti:

  • Piring lipat tortilla
  • Kompor dan tabung gas
  • Pisau
  • Gril kebab
  • Wajan
  • Capitan
  • Sarung tangan
  • Centong kayu
  • Tiang gantung daging sapi
  • Talenan
  • Botol-botol saus
  • Kontainer

Selain perlengkapan dan peralatan memasak kebab di atas, Anda juga masih harus mempersiapkan bahan-bahan utama masak kebab seperti daging sapi, minyak goreng, sayur, kulit tortilla, saos, bawang bombay, dsb. Catat semua keperluan ini ketika akan buka bisnis kebab di Indonesia sehingga Anda bisa tahu berapa modal yang dibutuhkan.

4. Biaya promosi

Memang sekarang Anda bisa melakukan promosi secara gratis melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram sebagai permulaan. Namun jika Anda ingin agar promosi lebih luar biasa dan cepat dikenal masyarakat, maka Anda bisa menyewa jasa iklan selebgram atau promote advertising yang tentunya butuh biaya promosi.

Selain itu, meski media pemasaran internet dipakai, Anda juga jangan meninggalkan cara beriklan konvensional misalnya lewat banner, brosur maupun spanduk.

5. Biaya cetak
Yang dimaksud dengan biaya cetak di sini adalah biaya cetak pembungkus kebab Anda. Di bagian pembungkusnya haruslah tercetak nama merek bisnis kebab yang dijalani.

Memang biaya cetak semacam ini membutuhkan modal tidak sedikit karena biasanya jasa percetakan memiliki minimal berapa biji atau jumlah bungkus yang harus dicetak dan itu bisa ratusan. Pastikan saja bahan bungkusnya aman dan tidak menyebabkan keracunan dan sesuai dengan standar keamanan yang ada.

Itulah beberapa modal dasar kalau ingin membuka bisnis kebab murah. Kalau hanya membuka kebab mini di pinggir jalan, rata-rata Anda bisa membuka usaha kebab dengan modal 5 jutaan. Beda kalau Anda ingin buka di shopping mall yang notabene harga sewa mahal. Oleh karena itu sebagai pemula, tak masalah buka di pinggir jalan asalkan lokasinya strategis.