Aneka Makanan Ringan yang Unik dan Cocok Dijadikan Usaha

Aneka Makanan Ringan

Aneka makanan ringan – Camilan atau makanan ringan adalah salah satu dari sekian jenis kuliner yang banyak digemari oleh orang-orang.

Alasannya sederhana, makanan ringan bisa dikonsumsi kapanpun dan dimanapun, apalagi dalam waktu senggang. Untuk itu tidak heran jika sekarang semakin banyak orang berlomba-lomba menciptakan usaha kuliner makanan ringan.

Namun bila Anda juga ingin membuka usaha kuliner serupa, sebaiknya persiapkan dulu ide kreatif agar mampu menghadirkan makanan ringan unik yang mampu menarik perhatian konsumen.

Pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum beberapa ulasan seputar aneka makanan ringan yang unik dan cocok dijadikan usaha. Berikut ulasan lengkapnya.

1. SUGOR (Susu Goreng)

Bagaimana ya kalau susu yang biasanya diminum malah digoreng? Mungkin Anda belum pernah mencicipinya. Tetapi Sugor atau susu goreng ini sedang hits dan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Untuk membuat susu goreng Anda hanya membutuhkan larutan susu yang bisa terbuat dari batangan cokelat yang dicampur dengan tepung maizena, lalu taruh dalam kulkas hingga beku.

Setelah itu untuk bagian kulit luarnya hanya menggunakan adonan tepung terigu yang ditambah garam dan baking powder lalu dilarutkan dengan sedikit air hingga mengental.

Cara memasaknya juga sangat sederhana, cukup keluarkan susu yang sudah beku dan potong sesuai selera. Kemudian balutkan dengan adonan dan goreng hingga kecoklatan.

Sugor atau susu goreng pun siap dihidangkan. Dengan rasa yang lumer di dalam dan renyah di luar, dijamin mampu membuat bisnis makanan ringan unik yang satu ini laris di pasaran.

2. Keripik Tempe

Aneka makanan ringan yang kedua adalah keripik tempe. Mungkin sebagian dari kita menganggap tempe sebagai jenis makanan yang remeh.

Tapi tahukah Anda bahwa tempe dapat diolah menjadi berbagai menu makanan, salah satunya keripik tempe.

Keripik dari bahan dasar tempe ini memiliki cita rasa yang khas dan pastinya bikin nagih. Bahkan di kota Malang, keripik tempe telah menjadi makanan ringan terfavorit.

Selain itu, keripik tempe berhasil hadir sebagai komoditas kuliner khas Malang yang wajib dibeli oleh para wisatawan.

Dengan demikian tidak ada salahnya jika Anda mencoba keripik tempe sebagai peluang usaha. Sebagai sentuhan kreatif, Anda bisa memperkaya rasa dari keripik tersebut.

Seperti misalnya menambahkan bumbu dengan rasa keju, barbeque, rendang, dan lain sebagainya. Dengan sedikit inovasi tersebut, bukan tidak mungkin jika Anda akan sukses menjual makanan yang satu ini.

3. Tahu Kremes

Selain tempe, salah satu aneka makanan lainnya yang juga berbahan dasar kedelai dan sangat cocok dijadikan makanan ringan adalah tahu.

Anda bisa membuat tahu kremes yang crispy dan pastinya disukai oleh berbagai kalangan. Cara membuatnya yang sederhana, yaitu melapisi bagian luar tahu goreng dengan tepung akan meminimalisir modal.

Setidaknya usaha ini juga bisa Anda jalankan walau dengan modal yang minim. Sedangkan untuk menjaga kerenyahan dari tahu, Anda bisa mengakalinya dengan cara menggoreng tahu ketika mulai ada pesanan.

Kerenyahan dari tahu kremes adalah yang paling dicari oleh konsumen sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Anda untuk mempertahankan sisi renyah dari tahu ini.

4. Popcorn

Saat sedang bersantai dan menonton film, maka camilan yang paling cocok untuk dinikmati adalah popcorn. Selain karena tidak berbunyi saat dikunyah dan tidak mengganggu suara film, popcorn juga sudah sangat terkenal dan memiliki tempat di hati para konsumen.

Di Indonesia popcorn sering disebut juga dengan berondong.

Cara membuatnya juga sangat mudah, Anda hanya membutuhkan biji jagung dan mentega. Dengan modal yang sedikit, Anda sudah bisa membuka usaha kecil-kecilan.

Selain itu, dengan menambahkan beberapa sentuhan kreatif, baik dari segi kemasan maupun varian rasa, popcorn Anda bisa lebih banyak diminati konsumen.

5. Roti Bakar Mini

Jika Anda ingin memiliki usaha rumahan yang menghasilkan, maka membuat roti bakar mini bisa menjadi pilihan terbaik.

Selain karena cara pembuatannya yang tergolong sangat mudah, roti bakar mini juga sangat digemari oleh anak-anak. Apalagi jika rumah Anda ada di lokasi padat penduduk yang ramai dengan anak-anak.

Harga roti bakar mini bisa Anda patok mulai dari seribu hingga tiga ribu rupiah. Walau keuntungannya tidak banyak, akan tetapi bisa dipastikan jika mayoritas dari anak-anak akan lebih sering beli.

Untuk toppingnya pun bisa disesuaikan dengan tingkatan harga, seperti misalnya rasa cokelat untuk harga termurah dan cokelat pisang keju untuk harga termahal.

6. Singkong Keju

Aneka makanan ringan yang murah dan lezat selanjutnya adalah singkong keju. Pada dasarnya makanan ringan yang satu ini bukan benar-benar campuran antara singkong dan keju. Melainkan singkong yang dimasak dengan cara direndam terlebih dulu dengan tambahan baking powder.

Perendaman ini dilakukan 30 – 60 menit hingga singkong terlihat merekah.

Setelah itu singkong ditiriskan dan langsung digoreng. Efek dari perendaman itu akan membuat singkong terasa lebih gurih dan renyah.

Dan apabila Anda berminat membuat singkong keju untuk usaha, pilihlah jenis singkong terbaik dan tambahkan bumbu sesuai selera.

Jika mau, Anda juga bisa menambah beberapa topping sesuai permintaan pasar dan minat konsumen.

7. Sate Telur

Saat masa kecil dulu, rasanya hampir semua orang pernah mengkonsumsi makanan ringan yang satu ini. Ya, sate telur memang menjadi favorit, bahkan tidak hanya dikalangan anak-anak saja.

Nikmatnya telur yang dimasak dengan cara digulung memberikan sensasi rasa yang berbeda. Setidaknya usaha kuliner yang satu ini masih memiliki peluang yang sangat besar untuk laku keras.

Bahkan jika Anda mau membuat sate telur yang lebih eksklusif dengan menyasar segmen pasar remaja dan dewasa, Anda bisa saja membuat makanan yang satu ini lebih berkelas dan modern.

Sebagai langkah awal Anda bisa menyiapkan booth yang menarik dan kekinian. Lalu memasak sate telur dengan porsi yang lebih besar. Berikan juga variasi rasa seperti misalnya aneka saus yang lezat.

8. Sempol

Aneka makanan ringan yang sangat populer dan bisa dijadikan referensi untuk usaha Anda, yaitu Sempol. Makanan ringan yang satu ini mungkin kurang dikenal di beberapa kota, tetapi di Jawa Timur, khususnya di kota Malang, Sempol menjadi salah satu jajanan paling laris dan diminati oleh seluruh kalangan.

Sempol merupakanan makanan yang terbuat dari adonan bakso dan ayam. Adonan tersebut akan ditusuk pada tusukan bambu kecil yang sudah dihaluskan. Setelah itu adonan digoreng dan dilumuri dengan telur.

Dengan harga jual 500 – 1000 rupiah per tusuk, Anda bisa membuat sempol yang lezat dan pastinya laris di pasaran.

Bahkan jika Anda ingin meningkatkan kualitas rasanya, Anda bisa menambah bahan baku ayam yang lebih banyak dan meningkatkan harga menjadi dua ribu rupiah.

Nah, itulah beberapa aneka makanan ringan yang bisa Anda coba di rumah. Jika cocok, maka tidak ada salahnya untuk membawa makanan ringan tersebut menjadi usaha kuliner Anda di rumah. Setidaknya usaha sampingan ini bisa menjadi penghasilan tambahan yang menjanjikan, selamat mencoba ya!

Categories Snack