Ini Dia 10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku di Pasaran

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

10 jenis usaha kuliner yang paling laku – Usaha kuliner bisa dibilang menjadi usaha yang paling menjanjikan saat ini. Minat masyarakat terhadap aneka sajian kuliner seakan tidak pernah surut. Maka tidak mengherankan banyak pengusaha yang mengambil jenis usaha yang satu ini. Namun seperti jenis usaha-usaha lainnya, tak melulu jenis usaha kuliner berakhir manis dengan untung yang banyak.

Tidak jarang pula usaha kuliner yang terpaksa gulung tikar dikarenakan kurangnya minat dari masyarakat itu sendiri. Maka sangat perlu bagi anda untuk mengetahui jenis usaha kuliner yang menjanjikan saat ini.

10 Jualan Makanan yang Paling Laku di Indonesia

Selain itu, anda juga harus tahu apa saja jenis usaha makanan paling laris saat ini sehingga nantinya usaha anda bisa menjadi jualan kuliner paling laku. Nah untuk itu, jika berminat membuka usaha kuliner, mungkin daftar 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di bawah ini bisa menjadi rujukan untuk anda.

1. Molen Mini

Kuliner paling laku yang pertama adalah molen mini. Molen mini merupakan versi kecil dari molen yang tadinya hanya hadir sebagai suguhan untuk acara-acara tertentu saja.

Teksturnya yang lembut dan memiliki beraneka rasa membuat molen mini sangat cocok dijadikan camilan saat santai. Kulit yang renyah di luar dan paduan pisang serta selai di dalamnya membuat molen mini tidak membosankan untuk disantap.

Ada banyak variasi rasa molen mini yang bisa ditemukan di pasaran seperti stroberi, nanas, dan lain-lain.

2. Pisang Keju

Bayangkan ketika pisang di goreng kemudian diberi taburan topping keju dan cokelat meleleh di atasnya. Seperti itulah kira-kira gambaran dari pisang keju. Jenis kuliner ini masuk dalam daftar 10 jenis usaha kuliner yang paling laku karena peminatnya yang sangat tinggi dan juga harganya yang sangat terjangkau.

Rasa gurih keju yang meleleh dipadukan dengan manisnya pisang membuat pisang keju selalu cocok dijadikan camilan.

Pisang keju juga tersedia dalam berbagai varian rasa. Nah, jika anda berniat memilih pisang keju sebagai usaha kuliner anda, maka sepertinya anda perlu membuat terobosan dengan menyediakan varian-varian rasa baru supaya usaha pisang keju anda tidak terkesan sekedar mengikuti tren saja.

Jenis Usaha Kuliner yang Menjanjikan
Sumber: satujam.com

3. Martabak Mini

Tren martabak mini hadir menggeser tren martabak telur dan juga terang bulan. Sejak awal kemunculannya, rasa gurih yang mendominasi dan juga banyaknya varian rasa membuat martabak mini sukses merebut hati masyarakat pecinta kuliner mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sebenarnya olahan martabak mini ini sangat mudah untuk dikreasikan. Hampir setiap toping bisa masuk ke martabak mini karena rasa dasarnya yang gurih tersebut. Tergantung nanti bagaimana insting kuliner anda bekerja.

4. Pentol

Kuliner pentol berangkat dari olahan bakso yang disajikan tanpa kuah. Istilah pentol awalnya muncul di sekitar daerah Jawa Timur lalu berkembang ke daerah-daerah lain. Pentol biasanya disajikan dengan aneka saus seperti saus tomat hingga saus kacang.

Saat ini variasi pentol juga sudah bisa banyak ditemukan seperti pentol isi jamur, pentol isi telur, hingga pentol berisi cacahan daging sapi. Bahkan saat ini sudah ada pentol yang dikombinasikan dengan aneka saus dari luar negeri untuk semakin memperkaya rasanya seperti pentol Korea, dan lain-lain.

Usaha Makanan Paling Laris
Sumber: mesinbakso.id

5. Seblak

Usaha makanan paling laris selanjutnya adalah seblak. Makanan yang terdiri dari campuran kerupuk basah, bakso, sosis, serta sayuran ini sukses menjadi salah satu makanan yang sangat digandrungi masyarakat sekarang. Rasa khas seblak biasanya didominasi dengan rasa pedas serta aroma kencur yang kuat.

Ada beberapa usaha seblak yang cukup mempunyai nama saat ini seperti Seblak Jeletet, Seblak, Oces, Seblak Thejhenghar. Dan lain-lain. Bisa dilihat dari nama-nama usaha seblak di atas menonjolkan sensasi pedas yang ditawarkan. Anda bisa memilih brand sesuai ciri khas seblak anda sendiri jika memang memutuskan membukia usaha kuliner seblak ini.

6. Aneka Gorengan

Gorengan seperti produk kuliner yang tidak akan lekang dimakan waktu. Meskipun terlihat jadul dan tidak kekinian, namun kuliner aneka gorengan masih tetap memiliki tempat di hati masyarakat hingga kini. Mungkin faktor tradisi menjadi alasan utama mengapa gorengan selalu laris ketika dijual. Biasanya satu penjual akan menjajakan banyak pilihan menu gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng, mendoan, pisang goreng, hingga bakwan.

Jika anda memutuskan membuat aneka gorengan sebagai usaha kuliner anda, maka anda sepertinya perlu memiliki ciri khas anda sendiri supaya usaha anda tidak tenggelam di antara usaha kuliner aneka gorengan yang lain. Anda juga bisa berinovasi untuk membuat gorengan terlihat lebih “kekinian” untuk mengurangi kesan jadulnya.

Usaha Kuliner Kekinian
Sumber: sarungpreneur.com

7. Roti Bakar

Di urutan selanjutnya ada roti bakar. Mungkin anda juga sudah mengetahui ketenaran salah satu jenis kuliner ini. Anda bisa dengan mudah menemukan roti bakar baik di kafe, pinggir jalan, alun-alun, hingga taman.

Peluang usaha kuliner roti bakar memang sedang moncer-moncernya saat ini. Berasal dari daerah Bandung, roti bakar adalah olahan roti yang dipanggang pada wajan datar panas menggunakan mentega.

Isiannya bervariasi. Mulai dari aneka selai, susu, cokelat hingga kacang-kacangan. Cara membuatnya pun tergolong mudah jika dibandingkan dengan olahan-olahan kuliner yang lainnya.

Maka jika anda sedang mencari usaha yang simpel namun tetap laris manis, olahan roti bakar bisa masuk dalam daftar anda.

8. Kentang Goreng

Pilihan usaha kuliner yang paling laris selanjutnya adalah kentang goreng. Keberadaannya tidak jauh-jauh dari roti bakar yang sangat cocok digunakan untuk menemani waktu santai bersama teman ataupun keluarga.

Seperti namanya, usaha kuliner yang satu ini menyediakan kentang segar untuk selanjutnya digoreng dengan suhu tinggi untuk menghasilkan kentang yang renyah nan gurih.

Namun sepertinya anda harus memikirkan ulang jika ingin membuka usaha kuliner yang satu ini. Alasannya, kentang goreng lebih sering dijadikan makanan pendamping bagi makanan lainnya, bukan makanan utama. Dengan demikian, anda juga harus mempunyai menu lainnya sebagai menu utama usaha kuliner anda.

Makanan yang Banyak Diminati Anak Muda
Sumber: tandapagar.com

9. Pisang Cokelat

Setelah tadi anda memiliki gambaran seputar pisang keju, maka kuliner yang paling laris selanjutnya adalah pisang cokelat. Berbeda dengan pisang keju yang digoreng telanjang tanpa kulit, pisang cokelat digoreng bersamaan dengan kulit tipis renyah dan campuran cokelat di dalamnya.

Sensasi cokelat meleleh dipadukan dengan manisnya pisang dan gurihnya kulit balutan membuat pisang cokelat laris manis digemari masyarakat. Anda juga bisa mengkreasikan olahan pisang cokelat sebagai usaha kuliner anda jika anda bersedia membuka jenis kuliner yang satu ini.

10. Pempek

Daftar 10 jenis usaha kuliner yang paling laku yang terakhir adalah pempek. Berasal dari daerah Sumatera Selatan, pempek rupanya sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat umum saat ini.

Pempek merupakan olahan ikan laut yang digiling lalu digoreng. Pempek biasanya disajikan bersama sausnya yang khusus bernama cuko yang memiliki rasa cenderung manis dan pedas. Sepertinya perpaduan antara pempek yang gurih, serta sausnya yang manis dan pedas tersebutlah yang membuat pempek banyak digemari saat ini.

Demikianlah 10 jenis usaha kuliner yang paling laku yang bisa anda jadikan referensi. Apapun usahanya, semuanya tergantung kepada bagaimana anda selalu membuat inovasi dan terobosan bagi bisnis anda.

Leave a Comment